Study in France

Study in France

Last edited on 08 Dec 2021
Language





Salut! Bienvenue en France!

Hi! Selamat datang di Perancis!

Perancis dikenal dengan standar hidup yang tinggi, juga merupakan salah satu negara penggagas Uni Eropa. Lagi, negara ini adalah negara terbesar kedua di Uni Eropa. Perancis merupakan salah satu negara tujuan belajar di Eropa. Perancis banyak terhubung dengan berbagai pemikiran kita. Mulai dari tata bahasa yang santun dan kota yang penuh sejarah, hingga makanan dan anggur legendarisnya, lalu pemandangan yang luar biasa – bayangkan deretan pegunungan dan hutan yang hijau, pantai keemasan dan laut berlangit biru, padang rumput dan sungai – sungai besar – setiap orang membayangkan Perancis berdasarkan imajinasi mereka. Hal ini menjadi cerminan Perancis sebagai negara tujuan wisata terpopuler dunia, berdasarkan Organisasi Wisata Dunia PBB.

Sebagian besar orang mengasosiasikan budaya Perancis dengan Paris, yang adalah pusat fashion, hidangan, seni dan arsitektur, namun kehidupan di luar ibu kota sangat berbeda dan beragam sesuai dengan wilayah masing – masing. Perancis tidak hanya memiliki kebudayaan yang berbeda; kata “culture” (budaya) berasal dari bahasa Perancis. Kata “culture diambil dari istilah dalam bahasa Perancis yang sama, yang berasal dari bahasa Latin colere, berarti mengelola bumi dan bertumbuh, mengolah dan mengembangkan”, Cristina De Rossi, seorang antropologi di Perguruan Tinggi Barnet dan Southgate di London, berdasarkan Ilmu Hayati. Dalam sejarahnya, kebudayaan Perancis dipengaruhi oleh kebudayaan Celtik dan Gallo – Roma juga Franks, salah satu suku di Jerman. Perancis didefinisikan sebagai wilayah barat Jerman dengan nama Rhineland tapi kemudian menjadi wilayah Gaul selama era Besi dan Era Romawi.


Sistem Pendidikan Tinggi

Di Perancis, kamu bisa memilih untuk belajar pada tingkat Sarjana (Licence), Pasca Sarjana atau PhD (Doctorat), atau berpartisipasi di program musim panas, hal ini dikarenakan sistem pendidikan Perancis dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelajar yang beragam. Kamu mungkin mempertimbangkan untuk berkuliah di universitas, bila kamu memilih untuk memperdalam pengetahuan teoritis, atau bila kamu menginginkan pendidikan kejuruan, kamu mungkin mempertimbangkan  Grandes Écoles atau Universitas Institut Teknologi. Gelar pendidikan di Perancis diberikan berdasarkan sistem pendidikan Eropa; Sarjana, Pasca Sarjana dah PhD, berdasarkan sistem kredit dalam European Credit Transfer System (ECTS).

Perancis adalah salah satu negara yang berkonsentrasi mendanai pendidikan dan riset. Standar pendidikan dan akademis di Perancis dianggap sangat tinggi, dengan total 41 universitas di Perancis termasuk dalam QS World University Rankings 2015-2016; 27 institusi pendidikan tinggi Perancis termasuk dalam uniersitas unggulan dunia berdasarkan Times Higher Education’s World University Rankings 2016-2017. Sebagai tambahan, Perancis merupakan tempat tujuan pendidikan populer dikalangan mahasiswa internasional dengan banyak fasilitas riset yang maju dan memiliki lebih dari 800 mata kuliah dalam bahasa Inggris,

Perancis juga dikenal dengan spesialisasi sekolah bisnis yang cukup ternama. Tetapi, karena mereka fokus kepada subjek spesifik, sekolah – sekolah ini tidak ditempatkan dalam peringkat keseluruhan, namun masih tetap memiliki reputasi kelas dunia. Contohnya adalah Eropa ESCP, Sekolah Bisnis ESSEC, HEC Paris dan INSEAD.

Perancis merupakan slah satu pelopor dalam bidang pengetahuan dan inovasi teknologi. Semua ini dikarenakan kapasitas risetnya dan banyaknya pencapaian dalam berbagai bidang seperti kedirgantaraan, transportasi, elektronik, telekomunikasi, kimia, bioteknologi, kesehatan dan matematika, kesuksesan ini dibuktikan dengan jumlah peraih penghargaan di lapangan dan Piala Nobel. Sebagai tambahan, biaya pendidikan di universitas – universitas  unggulan di Perancis merupakan salah satu yang terendah di dunia, dengan biaya tahunan berkisar di bawah US$1,000 pertahun baik untuk mahasiswa domestik maupun internasional.


Persyaratan Bahasa untuk belajar di universitas dan perguruan tinggi di Perancis

Bahasa Perancis

Karena bahasa pengantar di berbagai universitas dan perguruan tinggi adalah bahasa Perancis, kamu diwajibkan untuk membuktikan level kemampuan berbahasa Perancismu. Bila kamu mendaftar di tahun pertama atau kedua di universitas Perancis, kamu harus menunjukkan kemampuan yang memadai berbahasa Perancis dengan mengikuti ujian bahasa Perancis atau mendapatkan gelar dalam perkuliahan berbahasa Perancis. Bila kamu mendaftar perkuliahan di Grande École, atau ingin belajar di tahun ketiga program studimu, atau berencana mengikuti program pasca sarjana atau PhD, kamu harus memeriksa persyaratan kemampuan berbahasa Perancis dengan sekolah pilihanmu, karena persyaratan berbeda – beda berdasarkan program yang dipilih. Secara umum, kamu diharapkan memiliki kemampuan berbahasa Perancis yang setara dengan level B1/B2 di European Language Passport.

Untuk ujian bahasa yang diakui oleh universitas - universitas Perancis, kamu dapat menghubungi Campus France terdekat atau kamu dapat melihat situs http://www.campusfrance.org/en


Bahasa Inggris

Bila kamu mengikuti program atau kursus dalam bahasa Inggris, kamu akan diminta untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggrismu dengan menunjukkan hasil dari kelas Bahasa Inggris. Pastikan untuk selalu bertanya pada universitas pilihanmu apakah bahasa Inggrismu memenuhi persyaratan.

Universities in France

3is
Videos