Study in Italy

Study in Italy

Last edited on 17 Jul 2019
Language





Ciao! Benvenuto in Italia!

Hi! Selamat datang di Italia!

Italia adalah negara republik parlementer yang terletak di Laut Mediterania, di selatan Eropa. Datang dan belajarlah di Italia! Kalian akan terpesona dengan peninggalan bersejarah kami. Roma, ibu kota Italia merupakan pusat politik peradaban Barat. Italia telah memberikan pengaruh besar pada kebudayaan dan kehidupan di Eropa selama berabad – abad. Pada abad ke 14 pergerakan budaya, seni, dan pemikiran di mulai di Florence, Tuscany, dan menyebar hingga keseluruh Eropa: Italia merupakan tempat kelahiran kebudayaan Reinasance.

Negara ini sendiri saja memiliki banyak daya tarik yang mengundang turis dan pelajar internasional; berbagai pemandangan alam, kebudayaan yang besar, dan peninggalan sejarah; tempat – tempat peninggalan bersejarah yang menjadi ikon internasional termasuk Koloseum Roma dan Menara Miring Pisa; berbagai hidangan tak tertandingi, sejarah mengesankan tentang berbagai penemuan dan ide – ide terbaru. Perguruan – perguruan tinggi di Italia termasuk dalam lembaga pendidikan tertua dan terpandang di dunia.

Italia juga bangga dengan banyaknya situs – situs bersejarah dunia UNESCO dan menjadi rumah bagi Universitas tertua di Eropa – Universitas Bologna yang berdiri pada tahun 1088. Banyak ilmuan dari negara ini yang memberikan sumbangsih mengesankan untuk ilmu modern, khususnya dibidang fisika, kimia, ilmu material, pengobatan dan sastra. Kesenian dan kebudayaan memegang peranan penting di negara dengan keindahan, desain, selera tinggi dan mode menjadi makanan sehari – hari. Berbagai hal tersebut disandingkan dengan Perguruan tinggi berkualitas, menjadikan Italia tempat yang tepat untuk hidup dan menimba ilmu.


Sistem Pendidikan Tinggi

Berdasarkan Proses Bologna, Italia telah melaksanakan sistem “nuovo ordinamento” (berarti, “kebijakan baru”), menggantikan “vecchio ordinamento” (berarti, “kebijakan lama”). Pendidikan Tinggi di Italia kini berupa program sarjana tiga tahun yang disebut laurea triennale, yang dapat dilanjutkan dengan dua tahun program pasca sarjana (laurea magistrale, dulu disebut laurea specialistica).

Ada sistem kredit untuk menjadi syarat kelulusan di setiap kelas perkuliahan (misal: 25 waktu kerja = 1 kredit), sebanding dengan kesempatanmu menukar kelas perkuliahan atau melanjutkan pendidikan keluar setelah tiga tahun. Mahasiswa yang berminat mempelajari hokum harus mengikuti program lima tahun “Laurea Magistrale a Ciclo Unico”, sedang mahasiswa kedokteran harus mengambil program enam tahun.


Persyaratan Bahasa untuk belajar di Italia

Bahasa Italia

Berdasarkan kebijakan di Italia sehubungan dengan akses belajar di universitas, mahasiswa diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahasa Italia sebagai bahasa umum perkuliahan. Pada umumnya, kamu harus memiliki pengetahuan bahasa Italia di level minimum B2 sebagai persyaratan memperoleh Europass Language Passport. Bila kemampuan bahasa Italiamu berada di level C1 atau C2 dalam Europass Language Passport, kamu tidak perlu mengikuti ujian bahasa Italia.

Bila kemampuan berbahasa Italiamu tidak mencapai level C1 atau C2 seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu akan diwajibkan lulus dalam ujian bahasa Italia. Ujian akan diatur oleh universitas pilihanmu, biasanya di bulan September.


Bahasa Inggris

Bila perkuliahan-mu diajarkan dalam bahasa Inggris, kamu akan diminta untuk menunjukan tingkat kefasihan berbahasa Inggris-mu dengan hasil dari kelas belajar Bahasa Inggris. Selalu pastikan dengan universitas pilihanmu apakah kemampuan berbahasa Inggris-mu memenuhi persyaratan.

Universities in Italy

Videos