Language

Menikmati Studi di Italia

Last updated on 19 Mar 2024
Menikmati Studi di Italia

IMG_6051.PNG


Oleh Dwi Septianingsih

Bagi teman-teman yang tertarik belajar di negara asal Menara Miring Pisa ini, dijamin tidak akan rugi. Sebab, ada banyak hal yang akan teman-teman dapatkan disini.

Daya tarik Italia memang luar biasa, mulai dari pemandangan alamnya, kebudayaan yang dimiliki, sejarah, hingga beragam jenis makanan yang lezatnya terkenal di seantero dunia.

Belum selesai sampai disini, teman-teman perlu tahu juga bahwa Italia sangat bangga dengan banyaknya situs-situs bersejarah dunia yang dimilikinya.

Dan, tahukah teman-teman bahwa Italia memiliki universitas tertua di daratan Eropa?

University of Bologna

Didirikan pada tahun 1088 di Bologna, Italia bagian Utara. Saat ini, memiliki 33 fakultas, beberapa diantaranya adalah:

  • Agricultural and Food Science
  • Computer Science and Engineering
  • Chemistry
  • Economics
  • History and Cultures
  • Psychology
  • Veterinary Medical Sciences

University of Bologna menawarkan berbagai jenis program kuliah dari bachelor, master, dan doctoral.

Untuk info lengkap mengenai University of Bologna, klik di sini.

Berdasarkan kebijakan di Italia sehubungan dengan akses belajar di universitas, mahasiswa diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahasa Italia sebagai bahasa umum perkuliahan.

Tapi jangan khawatir!

Program studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris juga tersedia kok di berbagai universitas di Italia.

Namun jika kalian berencana untuk bekerja paruh waktu selama kuliah atau bahkan berkarir di sana, kemampuan berbahasa Italia sangat dibutuhkan.

Eit, jangan buru-buru menyerah, ya!

Bahasa Italia bisa dipelajari di Indonesia terlebih dulu kok sebagai persiapan kuliah. Teman-teman bisa mengikuti kelas Bahasa Italia yang diadakan oleh Pusat Kebudayaan Italia atau Istituto Italiano di Cultura (IIC) di Menteng, Jakarta. Teman-teman juga bisa mencari tahu terlebih dulu dengan menghubungi IIC melalui email iicjakarta@esteri.it.

Lalu, bagaimana dengan yang di luar Jakarta?

Tenang, ada online courses yang bisa teman-teman ikuti.

Nah, sekarang saatnya mencari tahu soal beasiswa kuliah di Italia

Invest Your Talent in Italy

Beasiswa penuh yang bisa teman-teman dapatkan adalah dari program “Invest Your Talent in Italy”, dimana beasiswa tersebut khusus ditujukan untuk program studi master dan doktoral.

Program beasiswa ini diprakarsai oleh The Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation - Directorate General for the Promotion of the Country System yang bekerja sama dengan Uni-Italia, ICE Agency, dengan dukungan Unioncamere dan Confindustria.

Perlu teman-teman ketahui juga bahwa yang membedakan beasiswa ini dengan program lainnya adalah adanya tawaran pendidikan dan pelatihan akademik terpadu yang tinggi di perusahaan.

Negara yang berhak mengikuti program ini adalah Azerbaijan, Kolombia, Mesir, Ethiopia, Ghana, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Meksiko, Turki, Tunisia dan Vietnam. Untuk bisa mengikuti programnya, calon mahasiswa harus mempunyai gelar sarjana S1 yang berdurasi tiga atau empat tahun dan telah mengajukan permohonan ke salah satu program studi “Invest Your Talent in Italy”.

Terakhir, akan ada persyaratan masuk khusus, dan ini tergantung pada jalur yang dipilih oleh teman-teman.

LPDP

Selain program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Italia di atas, kalian juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia, yaitu beasiswa LPDP.

Dua program beasiswa dari LPDP yang bisa membawa kalian kuliah di Italia adalah LPDP BPI Reguler dan BPI Afirmasi. Kedua program ini ditawarkan untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang master dan doktoral.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa LPDP, kalian bisa melihatnya di sini.

Beasiswa dari Universitas

Tidak hanya oleh pemerintah, tapi beasiswa juga ditawarkan oleh pihak universitas di Italia. Umumnya beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa parsial, namun tentunya akan tetap membantu pendanaan kalian selama kuliah di sana.

Jika kalian tertarik, kalian bisa mengeceknya di situs resmi universitas yang kalian tuju.

Masih bingung ingin kuliah di universitas mana?

Cek daftar universitas di Italia di sini!

Yuk, datang ke EHEF Indonesia 2018 jika kalian ingin bertanya langsung mengenai program beasiswa ataupun meminta rekomendasi universitas dari pihak kedutaan Italia, Uni-Italia and Istituto Italiano di Cultura. Daftarkan dirimu di sini!

Untuk info lengkap mengenai beasiswa kuliah di Italia, klik di sini.