Language

Last updated on 27 Oct 2020
Foto dari Unsplash

Artikel ini adalah terjemahan dari artikel BBC.com "Europe lockdown: New coronavirus rules country-by-country"

Diterjemahkan oleh Kevin Budiman

Penanganan dalam mengatasi penjangkitan virus korona yang kedua sedang berjalan di Eropa.

Banyak negara yang memperbelakukan kembali peraturan pembatasan yang sebelumnya sudah longgar dari lockdown yang pertama.

Perancis: Masker digunakan di luar di beberapa area

_113792098_2.jpg

Mengikuti perjangkitan yang terjadi di bulan Juli, pemerintah Prancis membuat penggunaan masker menjadi keharusan di area publik dalam ruangan.

Pemerintah Perancis ingin menghindari lockdown skala nasional untuk terjadi lagi, jadi penanganan yang baru telah diberlakukan oleh pihak berwajib setempat.

Masker harus dipakai di area publik di Paris dan area sekitarnya oleh semua orang umur 11 tahun keatas. Ratusan kota lain di seluruh Prancis juga memberlakukan aturan ini, termasuk di Toulouse, Nice, Lille dan Lyon dan beberapa resor pantai. Masker juga harus dipakai di sebagian besar tempat kerja. Aturan tersebut berlaku di kantor dan pabrik dimanapun orang-orang berada di suatu ruangan tertutup.

Spanyol: Murid-murid harus mengenakan masker

Masker harus dipakai oleh siapa saja yang berusia di atas enam tahun saat menggunakan semua transportasi umum dan di banyak ruang publik dalam ruangan lainnya. Sebagian besar wilayah di Spanyol juga telah mewajibkan masker di luar ruangan.

_113797353_spain_reuters_hi062703599.jpg

Tahun ajaran baru telah dimulai dan sekolah-sekolah Spanyol meminta anak-anak berusia enam tahun untuk mengenakan masker di sekolah.

Jerman: Pengujian wajib bandara

_113792097_1.jpg

Larangan untuk ada kumpulan besar di Jerman kini telah diperpanjang hingga akhir tahun sehingga musim sepak bola Bundesliga yang baru akan dimulai secara tertutup.

Pengujian di bandara sekarang diwajibkan bagi semua wisatawan yang datang dari negara berisiko tinggi dan denda minimal 50 euro (£ 46) telah diberlakukan bagi orang yang tidak mengenakan masker di toko atau di angkutan umum.

Italia: Klub malam dan tempat dansa ditutup

_113792099_5.jpg

Dengan infeksi yang meningkat lagi di Italia, pihak berwenang memerintahkan penutupan semua tempat hiburan malam termasuk di luar ruangan, mulai 17 Agustus.

Warga Italia juga harus mengenakan masker dari pukul 18:00 hingga 06:00 di semua ruang publik di seluruh Italia, di mana jarak sosial tidak memungkinkan. Anak-anak sudah kembali bersekolah, setelah lebih dari enam bulan, meskipun sekolah di beberapa daerah menyatakan belum siap untuk dibuka kembali.

Denmark: Bar terpaksa ditutup lebih awal

_114402586_shutterstock_editorial_10751930g.jpg

Denmark adalah salah satu negara pertama di Eropa yang membuka kembali sekolah di bulan April. Namun, pada akhir Agustus jumlah kasus mulai meningkat tajam. Pemerintah merespons dengan mewajibkan masker untuk digunakan saat warga di angkutan umum. Di Kopenhagen dan sekitarnya dimana terjadi lonjakan kasus, bar, restoran, dan tempat hiburan malam sekarang harus tutup pada pukul 22:00. Pesta pribadi, seperti pernikahan, juga harus diakhiri pada waktu yang sama dan masker harus dikenakan di restoran, bar, dan kafe.

Belgia: Penggemar sepak bola diizinkan kembali

_113792100_4.jpg

Pemerintah Belgia telah memutuskan untuk tidak melanjutkan fase pembukaan kembali berikutnya setelah peningkatan penjangkitan.

Tempat hiburan tetap tutup dan tidak ada acara besar, seperti festival yang diperbolehkan. Di ibu kota Brussel, mengenakan masker menjadi wajib di semua area publik pada 12 Agustus di tengah meningkatnya kasus. Penggemar sepak bola diizinkan kembali ke stadion, tetapi hanya dengan sebagian kecil dari kapasitas dan penempatan tempat duduknya dipisahkan oleh kursi kosong dan harus mengenakan masker.

Belanda: Skema percontohan masker dibatalkan

_113797354_netherlands_reuters_hi061732070.jpg

Di Belanda, maksimal enam orang diperbolehkan mengunjungi rumahmu dan mereka harus dapat tinggal terpisah 1,5m.

Pihak berwenang lokal bisa menerapkan peraturan tambahan mereka sendiri. Amsterdam dan Rotterdam sama-sama telah membatalkan skema percontohan di mana masker wajib digunakan di ruang publik luar ruangan.

Anak-anak mulai kembali ke sekolah sejak 17 Agustus. Tindakan higienis ekstra telah diberlakukan, tetapi jarak sosial hanya berlaku untuk orang dewasa.

Portugal: Pembatasan yang lebih ketat di jalan

Ketika siswa kembali ke sekolah dan beberapa pekerja kembali ke kantor mereka, pembatasan baru diberlakukan mulai 15 September. Ini termasuk penutupan perusahaan komersial antara pukul 20:00 dan 23:00 dan membatasi pertemuan hingga maksimal 10 orang.

Yunani: Pengujian ditawarkan kepada mereka yang kembali dari pulau

_113796857_greece_reuters_hi062621811.jpg

Masker sekarang wajib digunakan di semua ruang dalam ruangan publik dan di semua transportasi umum di Yunani. Sekolah akan dibuka kembali pada hari Senin. Ada juga pembatasan lokal lebih lanjut yang diberlakukan di beberapa pulau Yunani, dan pengujian di tempat gratis telah ditawarkan kepada orang-orang yang tiba di daratan dari pulau-pulau tersebut.

Republik Irlandia: Beberapa pelonggaran pembatasan dibatalkan

Kunjungan sosial ke rumah-rumah di Irlandia, baik di dalam maupun di luar ruangan, dibatasi untuk enam pengunjung dari tidak lebih dari tiga rumah tangga.

Pertemuan di luar ruangan dibatasi hanya untuk 15 orang.

Orang yang berusia di atas 70 tahun kembali diminta untuk di rumah saja sebanyak mungkin, begitu juga karyawan dianjurkan untuk bekerja dari rumah jika memungkinkan.

Ada juga lockdown lokal - seperti di County Kildare diperpanjang hingga September.