Media
Language

Inilah Berbagai Beasiswa yang Akan Mewujudkan Mimpimu Kuliah di Eropa

Last updated on 18 Nov 2018

photo-1491809700272-8b900c3965c0.jpeg

Photo by Felix Russell-Saw via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Eropa merupakan salah satu benua dengan banyak negara yang menjadi favorit tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkkan studi. Eropa menawarkan banyak institusi terbaik di dunia.

Menurut QS World University Ranking 2017/2018 banyak universitas di Eropa yang masuk dalam top 200.

Banyak faktor yang membuat Eropa menjadi tujuan favorit pelajar internasional, yaitu sistem pendidikan yang berkualitas, biaya yang terjangkau, keliling eropa dengan mudah, dan masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan.

Namun, di antara berbagai alasan tersebut, beasiswa adalah salah satu faktor yang paling menggiurkan.

Walhasil, banyak calon mahasiswa, fresh graduate atau bahkan yang telah memiliki keluarga, berlomba-lomba memperjuangkannya.

Sebut saja Perancis, Belanda, dan Inggris.

Pemerintah negara tersebut membuka peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa lintas negara untuk menempuh pendidikan di sana. Bahkan, ketiga negara tersebut juga menyediakan beasiswa dengan skema pembiayaan penuh. Tentunya hal tersebut adalah peluang yang tidak bisa disia-siakan apabila kamu memiliki tekad penuh untuk melanjutkan kuliah di Eropa.

Nah, untuk itulah dalam artikel ini, kami akan mengulas sedikit tentang berbagai beasiswa dari beberapa negara-negara di Eropa, sekaligus alasan-alasan kenapa kamu perlu berjuang mendapatkannya.


Temukan daftar universitas di Eropa, di sini.


Belanda

Hubungan yang pernah terjalin antara Belanda dengan Indonesia, telah berubah menjadi ikatan positif. Kerjasama antara Belanda dengan Indonesia kini semakin meluas.

Terdapat kerjasama-kerjasama di ranah pendidikan, salah satunya adalah skema pembiayaan bagi para pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studi ke negeri kincir angin tersebut.

1. Orange Tulip Scholarship (OTS)

OTS merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Belanda untuk beberapa negara, salah satunya Indonesia. Beasiswa ini disponsori oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda, dan pemerintah Indonesia.

Beasiswa ini terbuka bagi kamu yang akan melanjutkan studi jenjang sarjana (S1) dan master (S2) di negeri kincir angin tersebut. Apalagi, terdapat puluhan institusi di Belanda yang berpatisipasi pada beasiswa OTS ini.

2. Holland Schollarship

Holland Scholarship ialah beasiswa yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan berbagai universitas riset dan universitas terapan Belanda.

Beasiswanya ini diperuntukkan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) baik jenjang bachelor maupun master.

3. Orange Knowledge Programme (OKP)

Di Belanda, adapula beasiswa OKP yang merupakan program yang diprakasai dan didanai penuh oleh Kementerian Luar Negeri Belanda. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar asing yang ingin menjalani kursus singkat. Selain itu, OKP juga tersedia bagi para pelajar yang ingin melanjutkan ke program magister.

Terdapat tiga komponen dari program ini, yakni:

  • Beasiswa perorangan untuk professional karier menengah
  • Pelatihan kelompok
  • Kemitraan kelembagaan antara lembaga-lembaga pengetahuan

Akan tetapi, OKP tidak terdapat di semua institusi Belanda. Jadi kamu yang mau lanjut studi di negara bunga tulip harus cari info lebih lanjut mengenai program OKP agar langkah yang kamu ambil bisa lebih taktis dan strategis.

4. Studeren in Nederland (StuNed)

Satu lagi, StuNed.

Sebuah program beasiswa bilateral anatara Indonesia dan Belanda. Beasiswa ini bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia Indonesia. Bagi penerima beasiswa dapat mengikuti program master atau short course yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda.

Melalui kerjasama khusus ini, maka peluang dan akses untuk mendapatkan beasiswa tentu lebih luas. Suatu kesempatan yang tak dapat disia-siakan bila kamu benar-benar memiliki tekad kuat untuk melanjutkan kuliah di sana.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Belanda, klik di sini.


Kenapa Belanda?

Kualitas dan standar pendidikan tinggi di Belanda sudah terkenal di dunia.

Tiga belas dari empat belas universitas riset di Belanda termasuk di top 200 besar dunia.

Di negara bunga tulip ini hampir seluruh perusahaan menomorsatukan pendidikan dan keterampilan dalam merekrut karyawannya. Pendidikan dan keterampilan menjadi syarat utama jika kamu mau mendapatkan kerja di Belanda.

Kamu pun tidak perlu khawatir apabila tidak fasih berbahasa Belanda. Sebab di sana, Bahasa Inggris juga banyak digunakan oleh masyarakatnya.

Belum lagi kenyamanan dan kedamaian. Belanda merupakan salah satu negara teraman dan paling bahagia di dunia. Pada 2016 berdasar indeks Global Peace 2016, Belanda masuk ke dalam daftar 25 negara teraman di dunia. Tidak hanya aman dalam kriminalitas, tetapi juga memiliki keamanan tinggi dalam sistem informasi. Pada 2017, Belanda berada di posisi enam sebagai negara paling bahagia versi World Happiness Report.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belanda, klik di sini


Inggris

Di samping memiliki kualitas dan popularitas yang baik di kalangan pelajar dari berbagai negara, Inggris juga menyediakan skema pembiayaan bagi pelajar asing yang tidak boleh kamu sia-siakan.

Salah satu beasiswa yang dimaksud adalah Chevening Scholarships.

Chevening Scholarships merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris. Program tersebut dibiayai oleh Foreign dan Commonwealth Office (FCO) dan organisasi rekanan mereka.

Program Chevening Scholarships berguna untuk mendukung pemimpin terkemuka yang sedang muncul untuk mendapatkan gelar master satu tahun di UK.

Bagi kamu yang tertarik studi master di Inggris maka program ini cocok untuk dicoba.

Beasiswa ini cukup populer di kalangan pemburu beasiswa dari seluruh dunia. Khususnya, bagi lulusan S1 yang tengah mencari beasiswa untuk melanjutkan masa studi ke S2. Setidaknya, ada 700 orang dari 160 negara yang akan FCO menerima beasiswa ke negara beribukota London tersebut.

Bila berhasil meraih beasiswa itu, dijamin kamu tidak akan memikirkan lagi biaya hidup selama di Inggris. Sebab, Chevening Scholarships sudah mencakup:

  • Biaya kuliah
  • Biaya hidup
  • Tiket perjalanan
  • Biaya penyusunan tesis
  • Uang saku bulanan.

Itu mengapa beasiswa ini cukup populer di kalangan pemburu beasiswa.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Inggris, klik di sini.


Kenapa Inggris?

Mendapat pembiayaan penuh di negara terbaik menyoal kualitas pendidikan, program intensif satu tahun untuk gelar master, sampai metode pelajaran yang membuat pelajar mandiri.

Alasan apa lagi yang membuat kamu tidak memperjuangkan beasiswa ke Inggris?

Apalagi, ketika kamu sampai bisa masuk ke salah perguruan tinggi di Inggris yang juga berada di peringkat teratas perguruan terbaik dunia? Tentunya akan menjadi kebanggaan sendiri bagi kamu, keluarga dan juga negara bukan?


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Inggris, klik di sini


Jerman

Jerman ialah tempat yang cocok untuk mempelajari bisnis, sains, dan bahasa dan budaya atau sastra Jerman. Salah satu studi menyebutkan bahwa Jerman berada di peringkat pertama sebagai negara tujuan favorit untuk menimba ilmu.

Jerman merupakan negara terbanyak kedua setelah Belanda yang menawarkan mata kuliah berbahasa Inggris.

Bagi kamu yang akan melanjutkkan studi di Jerman berikut ulasan, ada baiknya mengetahui berbagai beasiswa yang terdapat di sana:

1. Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

Dibandingkan dengan skema beasiswa lainnya, skema pembiayaan EPOS berbeda.

Beasiswa ini memfokuskan diri pada pendidikan sumber daya manusia yang telah memiliki pengalaman profesional. Sederhananya, peraih beasiswa akan mendapat pendidikan dan pengembangan khusus sesuai dengan profesi dan jurusan yang pernah mereka tempuh.

EPOS sendiri merupakan salah satu program yang didanai oleh Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman. Selain gelar sarjana dalam program studi yang berkaitan, beasiswa EPOS juga mengharuskan calon peraihnya memiliki pengalaman profesional selama dua tahun.

2. Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance (PPGG)

Program beasiswa ini sangat tepat bagi pelajar yang berminat untuk turut serta dalam memajukan kehidupan bernegara.

Sebab, program beasiswa ini dirancang dengan tujuan mencetak generasi penerus yang memenuhi prasyarat sebagai pemimpin masa depan. Itulah mengapa bidang studi yang dicakup meliputi:

  • Politik
  • Hukum
  • Ekonomi
  • Ilmu sosial
  • Administrasi publik.

Berbeda dari EPOS, Anda dipersilakan untuk melamar program ini jika Anda lulusan sarjana tanpa pengalaman profesional. Selain itu, profesional Mid-karir juga diundang untuk mendaftar.

3. Sustainable Water Management: Study Scholarships and Research Grants for Foreigners

Menariknya beasiswa di Jerman adalah programnya yang berfokus pada bidang-bidang studi tertentu. Seperti juga program Study Scholarships and Research Grants for Foreigners yang mengkhususkan program pada manajemen air berkelanjutan.

Program beasiswa ini merupakan salah satu program yang dirintis oleh The Federal Ministry of Education and Research (BMBF). Melalui program beasiswa tersebut, para penerima beasiswa akan dibimbing untuk melancarkan proyek-proyek penelitian yang spesifik ke bidang ilmu sumber daya air.

Adapun bidang tematik yang diprioritaskan adalah:

  • Air dan energi
  • Air dan kesehatan
  • Air dan nutrisi
  • Air dan lingkungan
  • Air di daerah perkotaan.

4. Doctoral Degree & Post Doc Scholarship Programs

Apabila kamu merupakan tipe yang memiliki rencana pendidikan jangka panjang, maka program beasiswa ini cocok buatmu.

Program beasiswa ini tersedia untuk pihak-pihak yang memerlukan bantuan keuangan untuk mendukung gelar doktor dan kandidat Post-Doctoral. Adapun bidang-bidang studi tematiknya sendiri adalah manajemen perairan berkelanjutan, keanekaragaman hayati dan kesehatan.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Kenapa Jerman?

Jelasnya, ketika kamu memiliki minat tinggi di bidang sains dan teknik, maka beasiswa ke Jerman suatu hal yang patut kamu perjuangkan.

Sebab negara ini memiliki kualitas dan reputasi yang baik, khususnya untuk bidang-bidang tersebut. Lembaga pendidikan di sana menekankan pada pentingnya praktik dari hal-hal yang telah dipelajari di bangku kuliah.

Hal itu mengapa lulusan perguruan tinggi di Jerman punya bekal yang mumpuni dalam hal mengaplikasikan keilmuan dalam dunia kerja.

Jerman menempati posisi negara yang aman dalam skala internasional. Polisi di Jerman selalu sigap dan siap membantumu diberbagai situasi. Jerman merupakan negara dengan banyak destinasi yang indah serta terhubung akses darat dengan negara Eropa lainya seperti Praha, Parus, Roma yang destinasi wisatanya tak kalah menarik. Nah, begitu mudahnya bagi kamu yang akan melakukan travelling karena tak perlu naik pesawat.

Tak hanya sampai situ, Jerman juga merupakan tempat yang baik untuk kamu mengenal tipikal masyarakat dunia. Karena selain Indonesia masih banyak pelajar internasional dari Tiongkok, Rusia, India, Austria dan lainnya yang melanjutkan studi di Jerman. Pergaulan yang luas tersebut akan meluaskan pengalamanmu.

Hal terakhir yang paling penting adalah Jerman merupakan jembatan buat pengembangan karirmu.

Banyak perguruan tinggi di Jerman memiliki koneksi kuat dengan berbagai perusahaan besar dan multinasional. Sehingga mahasiswa sangat terbantu saat mencari lowongan magang maupun penempatan kerja.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini


Perancis

Perancis adalah negara yang terkenal dengan keromantisannya. Selain itu, Perancis merupakan negara tujuan kuliah yang popular di dunia.

Setiap tahunnya ribuan mahasiswa internasional datang ke Perancis.

Sehingga Perancis termasuk dalam negara dengan perekrut pelajar internasional terbesar ketiga di dunia.

Lantas, apa saja beasiswa yang tersedia di Perancis?

Beasiswa Pemerintah Perancis

Pemerintah Perancis memiliki komitmen tinggi dalam membuka peluang beasiswa bagi pelajar internasional.

Komitmen itu ditunjukkan dengan dukungan pemerintah Perancis yang mencapai 90% dari biaya pendidikan bagi pelajar dari mancanegara.

Itu juga yang membuat Perancis akhirnya menjadi negara ketiga terbesar di dunia yang menerima pelajar asing.

Adapun macam-macam jenis beasiswa yang ada di Perancis, antara lain:

1. Eiffel Scholarships

Beasiswa Eiffel ialah biaya pendidikan dari Kementerian Luar Negeri Perancis dan Uni Eropa yang bertujuan mendukung perekrutan internasional oleh institusi pendidikan tinggi Perancis untuk menarik pelajar internasional unggulan agar dapat melanjutkan studi master, insinyur ataupun doktorat di Perancis.

Terdapat studi-studi yang menjadi prioritas dalam pemberian beasiswa Eiffel. Adapun studi-studi tersebut meliputi:

  • Sains
  • Ilmu politik
  • Agrikultur
  • Ilmu sosial
  • Teknik.

Skema pembiayaan beasiswa Eiffelmencakup biaya studi, serta biaya hidup yang mencapai mencapai 1.181 euro untuk program master dan 1.400 euro untuk program doktor. Selain itu, pelajar asing juga akan mendapatkan pembiayaan dalam asuransi kesehatan.

2. Bourses D”Excelllence IFI

Program beasiswa Bourses D”Excellence IFI termasuk peluang emas bagi lulusan-lulusan program sarjana di Indonesia. Program tersebut merupakan beasiswa pemerintah Perancis melalui Institut Perancis (IFI)- Kedutaan Besar Perancis di Indonesia.

Beasiswa ini sendiri diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia yang berprestasi dan ingin melanjutkan studinya masternya di Perancis.

Skema pembiayaan pada beasiswa tersebut meliputi:

  • Biaya hidup
  • Biaya kuliah yang mencapai 5.000 euro per tahun akademik
  • Asuransi sosial
  • Biaya aplikasi visa ke Prancis.

Beasiswa Bourses D”Excellence IFI sendiri juga terbuka bagi semua bidang studi tanpa terkecuali.

Sekalipun begitu, tahun ini terdapat beberapa bidang studi yang menjadi prioritas, antara lain:

  • Ilmu sains yang spesifik mengkaji ilmu atmosfer, biologi, kimia, air, energi berkelanjutan, laut, ilmu bumi dan risiko lingkungan
  • Teknologi yang berfokus pada big data dan pengelolaan limbah
  • Kesehatan dan nutrisi
  • Hukum dan politik yang spesifik mengkaji hukum lingkungan dan kebijakan publik
  • Pertanian.

Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Perancis, klik di sini.


Kenapa Perancis?

Apabila kamu bertanya kenapa harus memperjuangkan beasiswa di Perancis, tentunya karena kualitas pendidikan yang diperhitungkan.

Perancis punya reputasi bagus di mata dunia, khususnya dalam hal riset. Banyak universitas di Perancis yang secara konsisten masuk dalam peringkat universitas dunia.

Tak berhenti sampai situ, kekayaan budaya di Perancis juga merupakan salah satu keunggulan negara ini, mulai seni hingga makanan. Uniknya lagi, Perancis memiliki budaya tradisonal dan kontemporer yang hidup berdampingan.

Jangan khawatir kamu tidak akan menemukan yang kamu suka di Perancis!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Perancis, klik di sini


Swedia

Swedia dikenal dengan negara kecil di benua biru Eropa.

Meski begitu, sistem pendidikan di sana sudah layak disebut mapan. Begitu pula dengan keterbukaannya pada pelajar internasional.

Selain keramahannya terhadap pelajar dari luar Swedia, beasiswa pun banyak tersedia.

Berikut adalah daftar beasiswa yang terdapat di Swedia:

The Swedish Institute Study Scholarships

The Swedish Institute Study Scholarships (SISS) merupakan salah satu beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Swedia. Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Swedia dalam upaya mengembangkan pemimpin global masa depan.

Dalam skema beasiswa SISS, terdapat beberapa studi prioritas, antara lain:

  • Kesetaraan gender
  • Pembangunan berkelanjutan
  • Demokrasi
  • Hak asasi manusia
  • Pengentasan kemiskinan.

Beasiswa non-Pemerintah

Tidak hanya yang berasal dari pemerintah, beberapa perguruan tinggi di Swedia juga memiliki skema pembiayaan sendiri bagi pelajar dari luar negeri.

Adapun beasiswa-beasiswa non pemerintah tersebut, antara lain:

1. The University of Gothenburg Study Scholarship.

Beasiswa dari University of Gothenburg merupakan salah satu beasiswa yang dikhususkan untuk program master. Skema pembiayaan tidak hanya meliputi biaya pendidikan saja. Namun, juga meliputi akomodasi selama masa studi pelajar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai University of Gothenburg, klik di sini.

2. Karolinska Institutet Global Master’s Scholarship.

Beasiswa dari Karolinska Institutet dikhususkan bagi kamu yang memiliki tekad besar untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan skill-mu di bidang kedokteran dan medis. Salah satu kampus prestisius ini juga menyediakan beasiswa untuk program master.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Karolinska Institutet, klik di sini.

3. Mälardalen University Scholarships.

Ekonomi, kesehatan, teknologi dan pendidikan adalah prioritas studi untuk beasiswa di Malardalen University. Selama kamu dapat mempertahankan rencana studimu sesuai dengan ritme normalnya, pihak kampus dapat men-cover biaya studimu sampai 100%.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Mälardalen University, klik di sini.

4. Malmö University Master’s Scholarship.

Sebagaimana universitas-universitas yang sebelumnya telah dijelaskan, beasiswa dari Malmö University juga memiliki target khusus bagi pelajar mancanegara. Khususnya. untuk pelajar-pelajar yang memiliki bakat seputar komunikasi, studi sosial dan kajian teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Malmö University, klik di sini.

5. Uppsala IPK Scholarships.

Dan, apabila kamu mencari beasiswa dari perguruan tinggi yang memiliki banyak koleksi buku, Uppsala University adalah pilihan tepat. Perpustakaan di kampus tersebut, merupakan yang tersebar di Swedia. Dan lebih menariknya lagi, selain program master, Uppsala juga menyediakan beasiswa untuk program sarjana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Uppsala University, klik di sini.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Swedia, klik di sini.


Kenapa Swedia?

Meraih beasiswa di Swedia bukan hanya membuat kamu tak mengeluarkan biaya. Banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapat ketika melanjutkan studi di sana.

Swedia ialah negara dengan keunggulan inovasi dan teknologi yang tinggi di dunia. Swedia juga merupakan negara yang terbuka dan ramah bagi pendatang. Sehingga kamu tidak akan merasa kesulitan berbaur dengan masyarakat lokal.

Bagi kamu yang akan melanjutkkan studi di sana, tidak perlu khawatir apabila tidak bisa berbahasa Swedia.

Swedia merupakan salah satu negara dengan penutur bahasa Inggris terbanyak di dunia.

Sehingga memudahkan bagi pelajar internasional berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Selain itu, Swedia menyediakan berbagai kemudahan salah satunya jaringan angkutan umum luas dan mudah yang dapat mengantarkan teman-teman ke mana pun. Kemudian, Swedia juga terbuka dengan pelajar internasional untuk bekerja dan tidak ada batasan lamanya waktu bagi pelajar dalam bekerja.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Swedia, klik di sini


Nah, kelima negara di atas, masih banyak negara-negara di Eropa yang menyediakan beasiswa bagi pelajar asing.

Tak hanya itu, baik pemerintah, maupun lembaga swasta, banyak pula yang memberikan program beasiswa. Bahkan, tidak terikat hanya pada satu negara. Dua di antara program tersebut adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Erasmus+.

LPDP

LPDP merupakan salah satu program beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Program ini dikhususkan bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di bidang S2 dan S3.

Selain perguruan tinggi dalam negeri, LPDP juga menyediakan program pendanaan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, tentunya termasuk Eropa.

Program pendanaan dari LPDP sendiri meliputi keseluruhan, mulai dari biaya pendidikan, hingga biaya hidup.

Terdapat beberapa jenis program pendanaan LPDP. Berikut penjelasannya:

  • Beasiswa Reguler: Beasiswa umum, bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi magister dan doktoral.
  • Beasiswa Afirmasi: Beasiswa magister dan doktoral yang dikhususkan kepada pelajar di daerah tertinggal atau perbatasan.
  • Beasiswa Afirmasi PNS, TNI dan Polri: Program yang dikhususkan untuk orang-orang yang berprofesi sebagai PNS, TNI dan Polri.
  • Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia: Program beasiswa yang dikhususkan bagi para dosen-dosen tetap di kampus-kampus dalam negeri.
  • Beasiswa Dokter Spesialis: Program pendanaan bagi alumni jurusan kedokteran untuk melanjutkan studi doker spesialis (paskasarjana).
  • Beasiswa Disertasi: Program pendanaan penelitian khusus untuk mahasiswa Doktoral yang tengah mengerjakan disertasi.
  • Program Co-Founding: Merupakan program LPDP yang melibatkan pihak ketiga (Mitra Co-Founding) dalam memenuhi pembiayaan pada mahasiswa.

Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini

Erasmus+

Erasmus+ merupakan program pendanaan yang digagas oleh Uni Eropa. Program ini ditujukan bagi para pelajar dari berbagai belahan dunia (khususnya non-Eropa) dalam rangka membantu mereka dalam menempuh studi pada salah satu negara di Eropa.

Indonesia merupakan salah satu negara prioritas Erasmus+.

Pada 2016 silam, program ini telah memberikan bantuan pendanaan kepada 160 pelajar dari Indonesia. Dan, terhitung sejak 2004, total pelajar yang telah mendapakan bantuan dari Erasmus+ sendiri mencapai lebih dari 1200 orang.

Maka dari itu, bagi kamu warga Indonesia, ada dua program beasiswa khusus yang bisa kamu apply. Adapun beasiswa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Erasmus Mundus Joint Master Degree

Program beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) merupakan salah satu program bergengsi dan banyak diminati.

Melalui beasiswa ini, kamu dapat belajar di dua atau lebih negara Eropa sekaligus dalam satu waktu.

Sebab, program yang akan berlangsung selama 12 s/d 24 bulan ini mengharuskan kamu melaksanakan studi di lebih dari satu perguruan tinggi di beberapa negara Eropa yang tergabung dalam konsorsium.

Singkat kata, dengan meraih beasiswa EMJMD ini, kamu punya kesempatan untuk meraih dua gelar dari dua perguruan tinggi dalam satu periode program. Sekalipun hanya satu gelar yang kelak kamu dapat, gelar tersebut akan dikeluarkan secara legal dari sekurang-kurangnya dua perguruan tinggi.

Menarik bukan?

Erasmus Mundus Partnerships

Selain EMJMD, kamu juga dapat mengajukan beasiswa Erasmus Mundur Partnership. Sebagai warga negara Indonesia, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini tentunya akan lebih besar.

Sebab, Erasmus Mundus Partnerships memang merupakan program Erasmus+ yang dikhususkan untuk negara kemitraan Erasmus, yang salah satunya adalah Indonesia.

Nah, adapun program-program Erasmus Mundus Partnerships yang bisa kamu apply sebagai warga negara Indonesia adalah sebagai berikut:

  • LEADERS (Leading mobility between Europe and Asia in Developing Engineering Education and Research).

Program beasiswa khusus pelajar di Asia yang tertarik di bidang teknik (Teknik Elektro, Informatika, Biomedis, dll).

  • SMARTLINK (South-east-west Mobility for Advanced Research, Learning, Innovation, Network and Knowledge)

Program beasiswa khusus bagi kamu yang berminat mendalami selak-beluk smart technology.

Program beasiswa dari Komisi Uni-Eropa yang ditujukan khusus kepada 12 negara kemitraan, dimana salah satunya merupakan Indonesia.

  • LEADER (Links in Europe and Asia for engineering, eDucation, Enterprise and Research)

Program beasiswa yang berfokus pada pengembangan kerjasama antara ASIA dan EROPA di bidang riset.

  • LOTUS+ (Linking Organizations Through University Synergies)

Program pertukaran pelajar dalam rangka memperkaya pengetahuan dan pemahaman antara negara-negara di Eropa dan Asia, khususnya Republik Rakyat Tiongkok, Kamboja, Thailand, Myanmar, Vietnam dan Indonesia.

  • ALFABET (Asia, Life, Foods, Agriculture, Biology, Environment and Technology)

Sebagaimana namanya, ALFABET merupakan program beasiswa yang cocok untuk kamu, yang memiliki minat di bidang pengelolaan sumber daya alam.

  • IMPAKT (International Mobility Programme for Academic and Knowledge Transfer)

Program yang memiliki skema pembiayaan bagi pertukaran pelajar/karyawan antar dua negara dan difasilitasi oleh 20 perguruan tinggi di ASIA Eropa dan juga 11 instansi mitra.

  • GLINK (Sustainable Green Economies through Learning, Innovation, Networking and Knowledge exchange)

Sebuah program pelatihan dan pendidikan, khusus di bidang ilmu pertanian, arsitektur dan tata kota, manajemen bisnis, pendidikan dan pelatihan guru, rekayasa teknologi, kedokteran dan juga natural science.

  • EURASIACAT (Advanced Education European-Asiatic Exchange Programme in Materials Science and Catalysis)

Program beasiswa khusus untuk bidang teknik material dan teknik kimia.

Info lengkap mengenai Beasiswa dari Erasmus+, klik di sini


Demikianlah beberapa beasiswa, beserta negara-negara tujuannya, yang bisa membantu kamu dan mempermudah jalanmu dalam menempuh studi di Eropa.

Dari berbagai penjelasan di atas, tentunya kamu sudah bisa menentukan beasiswa mana yang akan kamu apply dan kenapa kamu harus memperjuangkannya. Bukan begitu?