Media
Language

Yuk Cari Tahu Soal Beasiswa LPDP BPI Reguler

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1522708142630-2a20b7217ead.jpeg


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF Indonesia 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Kamu berencana untuk menempuh studi di luar negeri tapi terkendala kondisi finansial?

Gak cuman kamu saja, tapi kebanyakan orang pasti ingin sekali mendapatkan bantuan kuliah atau BEASISWA.

Namun, banyaknya program beasiswa kadang malah suka membingungkan kita untuk apply yang mana paling eligible.

Padahal pemerintah Indonesia telah menyediakan satu institusi yang bertugas mengirimkan putra/putri terbaik Indonesia untuk sekolah secara gratis, baik di dalam dan luar negeri, loh!

Yup, kamu benar sekali! LPDP jawabannya. Tapi apa sih sebenarnya LPDP itu?

LPDP

Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau disingkat LPDP adalah instansi pemerintah yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan, dan dewan penyantunan LPDP (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, dan Mensteri Agama).

LPDP bertugas mengelola alokasi dana pemberian beasiswa kepada putra/putri bangsa terbaik Indonesia untuk mencetak pemimpin masa depan diberbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia.

Berbagai program beasiswa telah diselenggarakan oleh LPDP mulai tahun 2012. Meskipun telah diinisasi oleh Sri Mulyani sejak tahun 2010.

Nah, dalam artikel ini ehef.id akan menyajikan serba-serbi mengenai salah satu program beasiswa LPDP, yaitu BPI Reguler.

Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP 2018, klik di sini


Apa itu BPI REGULER?

BPI atau Beasiswa Pendidikan Indonesia adalah program beasiswa regular yang dikelola oleh LPDP yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang ingin menempuh studi master dan doktoral di dalam dan luar negeri.

Program BPI Reguler hanya untuk program tunggal (single degree).

Jadi, pelamar tidak diperbolehkan mendaftar di program ganda (joint degree).

Di tahun 2018, LPDP mengeluarkan peraturan bahwa para pendaftar yang telah lolos seleksi tidak diperbolehkan pindah program perguruan tinggi dan program studi tujuan.

Jadi, bagi kamu yang hendak mendaftar program beasiswa BPI Reguler harus sudah yakin terhadap pilihan perguruan tinggi dan programnya, ya! Dan pastikan juga peluang kamu untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) tinggi.

Selain itu, kamu bisa mendaftar program BPI Reguler baik telah ataupun belum memiliki Unconditional Letter of Acceptance (ULoA).

Syaratnya Apa Saja?

Satu hal penting bagi kamu yang ingin mendaftar program BPI Reguler master atau doktoral harus sudah menyelesaikan studi di jenjang sebelumnya. Salah satu mandatory lainnya adalah memiliki surat keterangan sehat bebas narkoba, dan bebas TBC khusus pendaftar luar negeri.

Selain itu, pendaftar program BPI Reguler juga hanya diperbolehkan mendaftar jenis kelas reguler.

Jadi, kamu tidak bisa apply untuk kelas-kelas: eksekutif, karyawan, jarak jauh, diselenggarakan bukan di Perguruan Tinggi induk, internasional khusus Master/Doktoral dalam negeri, dan diselenggarakan lebih dari 1 negara.

Beberapa hal yang menjadi syarat penting, antara lain kemampuan berbahasa inggris/bahasa negara tujuan yang dibuktikan dengan dokumen resmi; memiliki IPK minimal 3,0 (master) dan 3,25 (doktoral); dan menulis statement of purpose mengenai kontribusi untuk Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa BPI Reguler untuk studi di luar negeri diwajibkan untuk kembali ke Indonesia.


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP BPI Reguler, klik di sini


Kalau Mau Kuliah di Eropa, Bisa?

Tentu saja BISA!

Banyak sekali universitas ternama di Eropa yang telah bekerja sama dengan LPDP. Bahkan di acara EHEF Indonesia 2018 nanti akan hadir beberapa universitas dari Eropa yang telah bekerja sama dengan LPDP.

Berikut ini daftar universitas yang akan hadir di EHEF Indonesia 2018 dan program studi yang mendapatkan beasiswa LPDP:

Belanda

Jerman

Inggris (UK)

Swedia

Italia

  • Politecnico di Milano: Computer Science and Information Systems, Engineering – Electrical and Electronic, dan Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing

Dengan datang ke EHEF Indonesia 2018, Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi langsung mengenai universitasnya dan juga peluang untuk diterima, serta menyesuaikan diri dengan program LPDP.

Daftar lengkap universitas luar negeri LPDP 2018 di sini


Butuh informasi mengenai berbagai beasiswa yang tersedia untuk kuliah di Eropa? Yuk datang ke EHEF Indonesia 2018 di bulan November nanti. Daftarkan dirimu di sini!