Media
Language

Menjelajahi ‘Waktu’ di Negara Pulau Zamrud, Republik Irlandia

Last updated on 16 Feb 2019

IMG_1355.PNG

Oleh Erzawansyah
Secara geografis, Republik Irlandia tak dapat dikategorikan sebagai negara besar di Benua Eropa.

Namun begitu, keindahan alam, keramahan penduduk, riwayat peradaban dan kekayaan intelektual di negara tersebut telah membuktikan, bahwa negara ini merupakan salah satu negara yang patut diperhitungkan.

Negara beribukota Dublin itu, menyimpan berbagai hal yang sangat menakjubkan. Di sana, kamu tidak hanya bisa melirik ke belakang dengan bertandang ke sisa-sisa sejarah peradaban, namun juga memiliki kesempatan untuk mengintip masa depan.

Mengapa demikian?

Beberapa alasan berikut bakal sepenuhnya menjawab pertanyaan tentang mengapa negara yang dikenal sebagai Pulau Zamrud ini mampu membuat kamu seperti sedang melintasi zaman.


Penasaran bagaimana caranya mendapatkan beasiswa kuliah di Irlandia? Baca info lengkap mengenai beasiswa Erasmus+ di sini!


Sisa-Sisa Peradaban di Zaman Prasejarah.

Ada masa dimana manusia belum kenal baca-tulis, masih berkomunikasi dengan bahasa tubuh, dan bertahan hidup dengan memanfaatkan barang seadanya.

Masa-masa itu kita kenal dengan zaman prasejarah.

Salah satu periode tertua di zaman prasejarah biasa adalah zaman batu. Manusia pada zaman tersebut memanfaatkan bebatuan sebagai alat bagi mereka untuk bertahan hidup, baik sebagai alat untuk berburu, bercocok tanam, hingga bertempat tinggal.

Beberapa wilayah di Republik Irlandia, menyimpan bukti-bukti sejarah peradaban manusia pada masa itu.

Salah satunya adalah Hill of Tara, sebuah situs peninggalan zaman batu yang paling terkenal di Irlandia. Lokasinya ada di utara Kota Dublin. Di sana, terdapat berbagai bentuk dan rupa batu yang menunjukkan kehidupan manusia-manusia pada zaman tersebut, seperti Stone of Destiny, Mound of The Houstage, serta Ringfort yang menjadi lahan tempat tinggal sekelompok manusia pada zaman tersebut

Tidak hanya di Hill of Tara, Republik Irlandia juga menyimpan berbagai peninggalan zaman prasejarah lainnya, seperti Newgrange, makam terbesar yang dinobatkan sebagai salah satu cagar budaya terbaik di dunia, serta Céide Fields yang juga menjadi salah satu peninggalan era Neolitikum terluas di dunia.


Untuk daftar universitas di Irlandia, klik di sini.


Bukti Sejarah di Abad Pertengahan

Menuju ke zaman sejarah, dimana manusia mulai memasuki era kuno dan abad pertengahan, peradaban di Irlandia semakin berkembang.

Pada zaman dimana kerajaan-kerajaan kecil mulai berdiri itu, banyak dibangun kastil hampir di seluruh wilayah Republik Irlandia. Kastil tersebut hingga saat ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Sebagian menjadi destinasi wisata, sebagian lainnya sudah disulap menjadi sebuah penginapan.

Bukti sejarah peradaban manusia di masa ini juga ditunjukkan dengan keberedaan situs dan bekas pemukiman penduduk. Salah satu yang paling terkenal adalah Skellig Michael, bekas komplek biarawati yang pernah menjadi spot pengambilan gambar film Star Wars, dimana pada film tersebut, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Kuil Jedi.

Adapun peninggalan lain di zaman ini dapat pula kamu temui di kota-kota besar di sana. Terutama, tampak pada gereja-gereja megah, tempat berkembangnya Katolik yang saat ini dianut oleh sebagian besar penduduk Irlandia.


Official Website: Education in Ireland


Karya dan Tokoh-Tokoh di Era Modern

Memasuki era modern, dimana ilmu pengetahuan mulai berkembang pesat, peninggalan sejarah di negara Irlandia pun bergeser dari sekadar bangunan fisik, menjadi kisah tokoh dunia dengan karyanya yang fenomenal.

Sebut saja Bram Stroker, seorang penulis kelahiran Dublin yang berhasil menciptakan ketokohan dari Dracula, hantu yang disebut-sebut jelmaan kelelawar penghisap darah. Ada pula Robert Boyle, tokoh dunia dengan julukan “Bapak Kimia” yang lahir di Lismore, Republik Irlandia. James Joyce, Maureen O Hara, Michael Collins, Oscar Wilde, dan lain-lain, juga merupakan tokoh-tokoh dunia yang lahir di Republik Irlandia.

Selain tokoh-tokoh dunia, Irlandia juga memiliki sebuah rumah sakit tertua yang masih beroperasi di dunia. Rumah sakit tersebut adalah Rotunda Hospital, terletak di Kota Dublin.


Seperti apa sih kebiasaan orang Irlandia? Baca pengalaman Catherine Shannon kuliah dan bekerja di Irlandia di sini!


Bagaimana Irlandia Saat Ini?

Tidak hanya peradaban di masa lalu beserta peninggalan saja yang membuat Irlandia mengagumkan. Prestasi yang ditorehkannya saat ini juga mempertegas bahwa negara ini merupakan negara yang patut diperhitungkan.

Buktinya, rilis Fortune pada pertengahan 2018 lalu, yang menobatkan bahwa Republik Irlandia masuk ke dalam lima besar negara terkaya di dunia.

Begitu pun dari segi pengembangan ilmu pengetahuan dimana Irlandia juga memiliki peran yang cukup signifikan. Sebab, perguruan tinggi di Irlandia termasuk ke dalam 1% dari seluruh lembaga riset dunia yang memiliki pengaruh luas di berbagai bidang.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk kuliah di Irlandia


Mengintip Masa Depan di Irlandia, Silicon Valley-nya Eropa

Nah, inilah yang merupakan pelengkap, mengapa Republik Irlandia dapat dianggap sebagai ‘mesin waktu’ untuk menjelajahi peradaban manusia dari masa ke masa. Setelah membahas zaman lampau dan sekarang, kini waktunya untuk mengintip masa depan di negara tersebut.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, perkembangan Irlandia menuju ke negara yang lebih mapan dalam aspek teknologi dan informasi juga semakin membaik.

Negara ini merupakan rujukan dari perusahaan teknologi informasi raksasa di dunia.

Terutama di ibukota Dublin, yang digadang-gadang bakal menjadi Silicon Valley-nya Eropa.

Perkembangan teknologi di Dublin ini pun diimbangi dengan prestasi-prestasi di bidang-bidang yang berkaitan. Ya, Berdasarkan laporan The Cultural and Creative Monitor, lima kota di Irlandia menempati posisi teratas, di masing-masing kategorinya.

Sementara dalam hal inovasi, World Intellectual Property Organization (WIPO) menyatakan bahwa Irlandia merupakan 10 besar negara paling inovatif di dunia.

Data-data di atas telah menunjukkan bagaimana peluang Irlandia menjadi negara yang mampu menjawab tantangan di masa depan. Maka dengan begitu, dapat dipastikan bahwa mengunjungi Irlandia, bakal memberikan kamu kesempatan mengintip bagaimana arah pergerakan dunia ke masa-masa yang akan datang.


Universitas Populer di Irlandia: University College Dublin


Masa lalu dan masa depan merupakan dimensi yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan, mengetahui masa lalu dan menjawab tantangan-tantangan di masa yang akan datang, dapat membuat kapasitas kita sebagai manusia semakin membaik.

Untuk itu, dengan berbagai artefak kebudayaan di Republik Irlandia yang mewaikili setiap zamannya, tentu bakal sangat berguna bagi kita dalam menjalani kehidupan di dunia. Itulah mengapa Irlandia bisa membawa kita menjelajahi masa demi masa dimana peradaban manusia lahir dan berkembang.

Dan, kuliah di Irlandia, tentu bakal menjadi sebuah pengalaman yang sulit dilupakan.


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Irlandia, klik di sini.