Media
Language

5 Sekolah Bisnis Unggulan di Eropa untuk Meraih Gelar MBA

Last updated on 23 Oct 2018

small.jpeg

Photo by Hunters Race via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Apakah kamu sedang merencanakan untuk membangun bisnis startup?

Kalau iya, bisa banget loh melanjutkan pendidikan di bisnis dan manajemen dengan gelar Master of Business Administration (MBA).

MBA merupakan gelar yang diakui secara internasional dan khusus dirancang untuk mengembangkan keterampilan kamu dalam karir bisnis dan manajemen. Termasuk juga karir manajerial di sektor publik, pemerintah, industri swasta, dan bidang lainnya.

Saat ini telah ada lebih dari 2.500 program MBA tersedia dan mayoritas bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

Berikut ini EHEF.ID sajikan 5 sekolah bisnis unggulan di Eropa untuk jurusan MBA dalam Bahasa Inggris!

1. European School Management and Technology (ESMT BERLIN) - Jerman

Didirikan oleh 25 perusahaan dan lembaga global terkemuka. ESMT Berlin menawarkan program MBA penuh waktu, MBA Eksekutif, dan Master Manajemen. Bahkan tersedia program pendidikan eksekutif yang bisa disesuaikan dengan kondisi mahasiswa.

Kurikulum ESMT Berlin memiliki fokus dalam tiga topik utama, yaitu kepemimpinan, inovasi, dan analitik. Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, ESMT Berlin juga menyediakan dan mempublikasikan banyak jurnal akademik berkualitas. Selain itu, sekolah bisnis ini juga menyediakan platform interdisipliner untuk wacana antara politik, bisnis, dan akademisi.

ESMT Berlin sendiri berkolasi di kota Berlin yang kerap dijadikan lokasi untuk syuting film. Misalnya, Run Lola Run (1998) yang disutradarai Tom Tkywer. Kamu bisa menjelajahi spot adegan film dan re-create adegannya untuk sekedar berfoto dan bermain dengan teman.

Biaya kuliah rata-rata untuk program MBA: 25.000 EUR/tahun (Rp 400 juta-an).

Lihat lebih detail program MBA ESMT Berlin disini.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.


2. Rotterdam School of Management (RSM) – Belanda

Kolaborasi antara Universitas Erasmus dan Universitas Belanda menjadikan Rotterdam School of Management sebagai salah satu sekolah bisnis unggulan di Eropa. Program penuh waktu mereka selalu masuk dalam daftar The Financial Times Rankings dengan posisi 10 teratas di Eropa.

Fokus utama studi RSM adalah melahirkan pemimpin bisnis dengan karir internasional yang dapat memberikan kontribusi dan perubahan positif serta pola pikir inovatif di dunia untuk masa depan yang berkelanjutan.

RSM berlokasi di Rotterdam dan terkenal sebagai kota bagi rumah acara nasional dan internasional, seperti Rotterdam Marathon, World Port Days dan Rotterdam Summer Carnival. Juga ada beberapa Festival Film berlangsung di Rotterdam.

Pada 2015, Rotterdam satu-satunya kota di Eropa yang mendeklarasikan IFEA World Festival & Event City.

Selain berkuliah, kamu bisa menghadiri beragam festival seru di kota ini.

Biaya kuliah rata-rata untuk program MBA: 22.000 EUR/tahun (Rp 350 juta-an).

Lihat lebih detail program MBA Rotterdam School of Management disini.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belanda, klik di sini.


3. IE Business School – Spanyol

IE Business School merupakan salah satu sekolah bisnis terkenal di Spanyol yang konsisten masuk dalam daftar 20 besar sekolah unggulan dengan program MBA Internasional. Program MBA yang ditawarkan menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Tersedia program MBA reguler dan juga online. Kamu bisa memanfaatkan program ini untuk belajar dari jarak jauh.

IE Business School menempati posisi ketiga dalam daftar Forbes di ajang penghargaan The Best International MBA: One Year’s Program.

IE sendiri berlokasi di kota Madrid yang sempat menjadi lokasi syuting film The Bourne Ultimatum, lebih tepatnya di stasiun kereta api Atocha.

Biaya kuliah rata-rata untuk program MBA: 26.200 EUR/tahun (Rp 420 juta-an).

Lihat lebih detail program MBA IE Business School disini.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Spanyol, klik di sini.


4. INSEAD Business School – Prancis

INSEAD Business School merupakan sekolah bisnis terkemuka dan terbesar di dunia. Tercatat, sekolah ini menempati posisi kedua untuk program MBA dalam daftar The Financial Times Rankings dan The Best International MBA: One Year’s Program dari Forbes.

Kampus pusat INSEAD berada di Prancis dan tersebar diseluruh penjuru dunia, seperti Asia (Singapura), Timur Tengah (Abu Dhabi), dan juga beraliansi dengan lembaga-lembaga top dunia. Khusus Untuk program MBA 10-bulan, kamu dapat memilih lebih dari 70 mata kuliah pilihan untuk mengoptimalkan tujuan studimu.

Bahkan Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia pun juga turut mendapatkan gelar MBA di sekolah bisnis INSEAD. Keren banget kan!

Biaya kuliah rata-rata untuk program MBA: 77.000 EUR/tahun (Rp 1 miliar-an).

Lihat lebih detail program MBA INSEAD Business School disini.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Perancis, klik di sini.


5. Warmick Business School – Inggris

Sekolah bisnis ini terletak di Kota Coventry, Inggris dan merupakan sekolah dengan program MBA unggulan yang menyediakan beberapa program ganda sebagai solusi untuk kamu yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan multidisiplin.

Program MBA penuh waktu di Warmick Business School menempati posisi pertama di Inggris dan ke-18 di dunia dalam daftar The Economist.

Salah satu lulusan terkenal dari sekolah ini adalah Fiza Farhan, perempuan Pakistan yang masuk daftar 100 pemimpin berpengaruh di dunia dalam AACSB International.

Biaya kuliah rata-rata untuk program MBA: 21.000 EUR/tahun (Rp 340 juta-an).

Lihat lebih detail program MBA Warmicsk Business School disini.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Britania Raya, klik di sini.


Lihat daftar universitas lain di Eropa dengan program Business & Management disini!