Media
Language

5 Jurusan Untuk Kamu yang Belum Memutuskan Ingin Berkarir di Bidang Apa

Last updated on 16 Feb 2019

IMG_0869.PNG

Oleh Erzawansyah

Cita-cita dan karir merupakan salah satu faktor utama dalam memilih bidang atau jurusan kuliah yang akan ditempuh paska lulus SMA.

Akan tetapi nyatanya saat ini masih ada beberapa siswa yang belum memutuskan ingin berkarir di bidang apa, kelak ketika sudah dewasa.

Hal tersebut tentu bisa menyebabkan kebimbangan, apalagi bila masa-masa pendaftaran perguruan tinggi sudah semakin dekat.

Sebenarnya, ada solusi untuk mengatasi kebimbangan tersebut apabila kondisi itu benar-benar menghinggapimu.

Salah satu caranya adalah memilih jurusan yang fleksibel untuk dunia kerja.

Apa maksudnya?

Maksudnya adalah, jurusan tersebut bisa masuk ke berbagai bidang keilmuan. Jadi, apapun cita-citamu kelak, ilmu yang kamu dapat di bangku perkuliahan tetap akan bermanfaat.


*Untuk daftar beasiswa Kuliah di Eropa,*, klik di sini.


Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak 5 jurusan fleksibel untuk kamu yang masih bingung dalam memutuskan ingin berkarir di bidang apa:

1. Business and Management

Apapun bidang yang ingin kamu geluti kelak saat dewasa, pasti akan selalu bersinggungan dengan urusan bisnis dan manajemen.

Oleh karena itu, memilih jurusan di bidang ini adalah solusi bagi kamu yang masih belum menetapkan cita-cita dan karir di masa depan.

Kemampuan ini tidak hanya memberikanmu peluang untuk masuk ke perusahaan impian, melainkan juga memiliki ‘modal’ untuk mengembangkan minatmu sendiri. Dengan kata lain, mengambil jurusan di bidang bisnis dan manajemen membuka kesempatan bagi kamu untuk menjadi seorang entrepreneur.

Di Eropa, terdapat banyak kampus yang memiliki predikat bagus untuk program-program sarjana di bidang business and management. Misalnya KU Leuven di Belgia atau University of Amsterdam di Belanda. Bahkan, keduanya termasuk dua di antara 100 kampus terbaik dunia untuk bidang business and management menurut QS World University Rankings.

2. Computer Science and Information

Teknologi terus berkembang. Perusahaan yang tak mampu menyeimbangi perkembangan teknologi dapat dipastikan bakal tergerus oleh zaman.

Tren perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang ke arah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dimana nantinya semua hal akan dioperasikan oleh teknologi komputer.

Maka dari itu, kelak kebutuhan sumber daya manusia untuk jurusan ini semakin lama kian meningkat.

Menguasai ilmu komputer dan teknologi informasi tentu akan sangat menguntungkan bagi masa depan karirmu, sekalipun saat ini kamu masih belum menentukan apa karir impian yang ingin kamu gapai. Sebab, bergerak di bidang apapun itu, setiap perusahaan tentu akan membutuhkan kemampuanmu.

Eropa merupakan salah satu pilihan tepat bagi kamu yang kuliah S1 di jurusan ini. Di benua biru itu, terdapat kampus-kampus berkualitas yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam bidang ini. Salah satunya adalah ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology yang termasuk ke dalam 10 kampus terbaik di dunia menurut QS World University Ranking.


Temukan daftar universitas di Eropa, di sini.


3. Environmental Science

Studi lingkungan barangkali masih terdengar asing bagi sebagian pelajar di Indonesia.

Studi lingkungan bisa disebut fleksibel karena meliputi bidang keilmuan yang luas. Tidak hanya untuk ilmu pengetahuan alam saja, namun mencakup pula ilmu sosial dan humaniora. Saat menjalani studi ilmu lingkungan, kamu akan belajar mengenai ekosistem, teknik, transportasi, ilmu hukum, sosiologi, atau bahkan antropologi.

Untuk program sarjana, studi mengenai lingkungan biasanya digolongkan ke jurusan yang identik, seperti seperti geografi dan ekologi. Akan tetapi, di Eropa juga terdapat program sarjana yang memiliki jurusan environmental science sendiri, misalnya Universitat de Barcelona di Spanyol yang juga merupakan 100 besar kampus terbaik di bidang environmental science.

Sementara apabila kamu ingin program sarjana yang lebih luas lagi, kamu bisa merujuk pula ke Wageningen University and Research di Belanda. Di kampus pertanian urutan pertama sedunia ini punya jurusan environmental science. Yang mana, di dalamnya juga penuh dengan jurusan-jurusan yang berkaitan dengan studi lingkungan.

4. Art and Design

Bidang kesenian sepertinya memang belum cukup populer di Indonesia. Akan tetapi, prospek karir di bidang ini semakin hari semakin meningkat.

Terutama bagi kamu yang cukup mahir menggunakan perangkat lunak, desain grafis merupakan salah satu bidang yang cukup diminati oleh perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Terlebih, di era teknologi dan informasi seperti sekarang, dimana komunikasi visual lebih menjanjikan daripada sekadar iklan teks, jurusan graphic design akan terus memberikan peluang karir yang cukup menjanjikan.

Nah, di Eropa, terdapat berbagai pilihan bagi kamu yang tertarik melanjutkan S1 di bidang art and design, seperti Politecnico di Milano di Italia, Aalto University di Finlandia, atau Royal College of Art di UK.

5. Psychology

Ketika mendengar psikologi, maka yang terlintas di benak masyarakat umumnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan rekruitmen karyawan atau kesehatan mental.

Nyatanya, ilmu psikologi nyatanya merupakan bidang yang cukup luas membahas hal-hal yang berhubungan dengan manusia sebagai individu dan makhluk sosial. Oleh karena itu, bidang keilmuan ini memiliki banyak cabang, seperti psikologi politik, psikologi industri, psikologi klinis, pendidikan, psikologi hukum dan kriminal, hingga psikologi bencana.

Maka, sangat masuk akal apabila psikologi merupakan ilmu yang cukup fleksibel untuk masuk ke berbagai bidang pekerjaan.

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan S1 di jurusan psikologi, di Eropa banyak kampus-kampus dengan program psikologi yang berkualitas. University College London (UCL) adalah salah satunya, dimana menurut The World University Ranking, kampus ini merupakan kampus terbaik kedua di dunia untuk bidang keilmuan psikologi.

Ada pula kampus di negara Eropa lain yang masuk ke dalam 100 terbaik dunia untuk subjek psikologi, seperti University of Amsterdam di Belanda, Karolinska Institute di Swedia, LMU Munich di Jerman, KU Leuven di Belgia, dan masih banyak lagi.


Untuk info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


Karir memang faktor utama bagi kamu untuk menentukan keputusan ingin mengambil jurusan apa saat kuliah.

Akan tetapi, minat dan hobi sebenarnya juga patut kamu jadikan landasan dalam mengambil keputusan bukan.

Karena hal itu tentunya akan berimplikasi pada kehidupan kampusmu kelak.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Eropa, klik di sini.