Media
Language

5 Alasan Untuk Kuliah di Portugal

Last updated on 26 Sep 2018

photo-1519076651956-95f25edf6780.jpeg Photo by Kinga Cichewicz via Unsplash

Oleh Yuli S.

Kalau menyebut Portugal, apa yang kamu langsung bayangkan?

Cristiano Ronaldo?

Selain tim sepak bola handal, Portugal mempunyai banyak hal yang menarik untuk dijadikan negara tempat kuliah… mau tahu?

Sekilas mengenai Portugal

Portugal merupakan negara di Eropa Barat dan berbatasan langsung dengan Spanyol.

Lebih dari itu, Portugal merupakan negara yang mempelopori penemuan green lane toll pay system dan juga prepaid mobile phone.

Negara ini merupakan negara dengan kehidupan politik yang stabil dan tingkat kriminal yang rendah. Portugal juga negara dengan praktek hukum yang kuat dan tingkat korupsi yang rendah di Eropa.

Alasan-alasan utama belajar di Portugal

Portugal merupakan negara yang patut kamu perhitungkan untuk destinasi kuliah kamu. Ada beberapa alasan utama yang patut kamu ketahui di bawah ini.

1. Pilihan Universitas Top

Selain keindahan alam dan kuliner yang enak, Portugal mempunyai beberapa pilihan universitas top.

Bahkan ada 5 universitas di Portugal yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia menurut versi QS World University Rangkings tahun 2018.

Beberapa universitas terbaik tersebut adalah University of Porto, University of Lisbon, Universidade Nova de Lisboa, University of Minho dan University of Coimbra.

Di University of Lisbon terdapat banyak pilihan program studi jurusan yang bisa kalian pilih.

Bagi kalian yang ingin mengambil program di bidang humanities atau social science, tepat bila kalian berkuliah di Universidade Nova de Lisboa.

Di University of Minho juga kalian bisa memilih beberapa program studi di bidang economics, art, architecture, engineering, dan education.

Semenjak tahun 2006, sistim pendidikan di Portugal telah mengikuti Bologna Process yang menerapkan suatu sistem standar umum untuk pendidikan tinggi di Eropa.


Untuk daftar universitas di Portugal, klik di sini.


2. Biaya Kuliah dan Hidup yang Terjangkau

Perlu kalian ketahui bahwa Lisbon adalah salah satu kota di negara Uni Eropa dengan biaya hidup termurah, menempati urutan nomor 2 dan 6 di tahun 2010 dan 2011, dari total 35 kota yang di survey oleh Cushman and Wakefield.

Biaya kuliah untuk jurusan progam studi dengan bahasa pengantar Inggris rata-rata adalah 950-1250 Euro/tahun. Untuk biaya hidup di kota besar seperti Lisbon dan Porto rata-rata adalah 600-1000 Euro/bulan. Untuk biaya hidup di kota kecil sekitar 500-700 Euro/bulan.

Sebagai mahasiswa di Portugal, kalian juga bisa menikmati diskon menarik sampai 50% untuk biaya tiket masuk museum dan monumen-monumen historis dengan menunjukan kartu pelajar kalian.


Dapatkan informasi mengenai application process, visa, dan biaya lainnya di sini.


3. Iklim yang Nyaman Sepanjang Tahun

Portugal yang terletak di pinggir laut Atlantik mempunyai iklim yang sangat nyaman dan hangat sepanjang tahun.

Temperatur udara berkisar antara 8-15 derajat Celcius, tidak pernah terlalu panas dan dingin.

Dengan iklim yang nyaman, kamu bisa bebas beraktifitas di udara terbuka, menikmati hangatnya sinar matahari dan berkelana keliling kota.

4. Kuliner Enak

Untuk kalian yang hobi kuliner, Portugal adalah negara dengan beragam makanan enak lho.

Tipikal makanan Portugis banyak menggunakan daging ikan, kerang laut, udang, cumi, sapi dan ayam, dan dimasak dengan banyak bumbu yang terasa sangat lezat, gurih, dan kaya rasa.

Beberapa jenis makanan Portugis terkenal yang mesti kamu coba adalah Cataplana (semacam semur daging dengan sayuran), Arroz de Marisco( hidangan nasi dengan beragam seafood), dan Ameijoas ( hidangan kerang laut dengan bumbu bawang putih dan ketumbar).

Satu lagi makanan penutup yang terkenal adalah Pastel De Nata yaitu semacam egg tart dengan crispy pastry dan egg filling yang enak sekali.


Baca juga: Kota-kota Terpopuler Lainnya Untuk Kuliah di Portugal


5. Banyak Destinasi Wisata Menarik

Pada tahun 2017, Portugal menjadi salah satu negara hot country destination bagi para wisatawan.

Negara yang berbatasan dengan laut Atlantik ini memang identik dengan pantai-pantainya yang indah dan bangunan-bangunan kastil, museum, monumen yang banyak dipengaruhi abad pertengahan dan arsitektur Romawi dan Yunani.

Beberapa tempat wisata favorit turis adalah Douro Lake, Jeronimos Monastery, Porto Cathedral, Azores Island, Madeira Island dan Vicentin Beach. Di bagian utara wilayah Portugal juga terdapat kota Porto yang sangat terkenal dengan kebun-kebun anggur yang memproduksi minuman wine terkenal dan berkualitas baik.

Nah, sudah simak alasan-alasan menarik di atas?

Berkuliah sambil menikmati indahnya pemandangan, budaya yang menarik, cuaca yang menyenangkan dan makanan yang enak tentu saja sangat menyenangkan bukan?

Yuk, persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk kuliah di Portugal!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Portugal, klik di sini.