Media
Language

Tips Belajar Tes IELTS dari Penerima Beasiswa yang Sukses Kuliah di Eropa

Last updated on 16 Dec 2018

photo-1536000839277-85ebce30ea26.jpeg

Photo by Jose Llamas via Unsplash

Oleh Nurchalimah


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF Indonesia 2018 secara GRATIS di sini.


Skor IELTS menjadi salah satu requirements dalam proses aplikasi kuliah ke luar negeri, entah melalui beasiswa ataupun pendaftaran secara reguler.

Kamu yang tertarik untuk kuliah di luar negeri, khususnya Eropa tentu harus mengantongi sertifikat ini.

Meski tergolong penting, tapi nyatanya banyak juga peserta tes yang mengalami kegagalan. Salah satu faktor utama kegagalan dalam tes IELTS adalah kurangnya persiapan hingga sulitnya belajar untuk IELTS mengingat bahasa inggris memang bukan bahasa ibu kita.

Jika selama ini kita sering mendengar atau membaca tips persiapan tes IELTS dari internet, maka kali ini kita akan membagikan tips-tips nya langsung dari para penerima beasiswa.

Yuk kita simak kompilasi tipsnya berikut ini:

Tips Persiapan Tes IELTS dari Abdul Rahman Ismail

Tips IELTS pertama dibagikan oleh Abdul Rahman Ismail yang saat ini sedang menjalankan studi di Uppsala University, Swedia melalui beasiswa dari Swedish Institute. Pria yang mengambil jurusan Engineering/Industrial Management ini berada di Swedia sejak tahun 2017 lalu. Berikut ini beberapa tips persiapan tes IELTS dari Ismail yang sempat ia bagikan ketika diwawancarai secara langsung oleh ehef.id beberapa waktu yang lalu:

Belajar Berbagai Cara untuk Lolos Tes.

Berbeda dengan orang lain yang biasanya mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus atau bimbingan secara formal untuk persiapan tes IELTS, maka Ismail melakukan persiapan secara otodidak melalui YouTube.

Sering Mendengar/Membaca Berita dalam Bahasa Inggris.

Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris adalah dengan mempraktekkannya. Ismail biasanya meluangkan waktu untuk mendengar siaran radio BBC London selama beberapa bulan sebelum ujian.

Analisa Kemampuan Diri.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, Ismail juga merekam suaranya menggunakan mobile phone untuk kemudian dianalisa apakah ada grammar atau pengucapan yang salah.

Manfaatkan Kemudahan Teknologi Saat Ini.

Berkaitan dengan poin pertama, selain menggunakan YouTube sebagai sarana belajar, Ismail juga menggunakan beberapa tes berbayar ataupun gratis di internet untuk mengasah kemampuannya. Salah satunya dengan mock test.

Buku IELTS Preparation.

Memiliki buku ini akan sangat membantu kalian dalam menjalani tes IELTS.

Kamu bisa membaca kisah Ismail untuk meraih beasiswa di Uppsala University, di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Affan Giffari

Affan Giffari merupakan mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Tilburg University, Belanda melalui StuNed Scholarship. Pria yang mengambil jurusan Hukum dan Teknologi ini sudah lulus sejak tahun 2017 lalu. Yuk kita simak beberapa tips persiapan tes IELTS ala Affan yang sempat ia bagikan saat wawancara langsung dengan ehef.id sebelumnya:

Persiapkan Waktu yang Cukup

Kalian harus tahu bahwa tes IELTS membutuhkan waktu yang cukup lama untuk persiapannya saja. Affan sendiri membutuhkan persiapan minimal 2 tahun, di mana ia mengambil waktu luang di akhir pekan untuk persiapan.

Lakukan Tes Beberapa Kali

Memang tidak ada keharusan untuk mengikuti tes beberapa kali, jika di tes pertama sudah lulus. Tapi Affan memiliki pemikiran lain, ia memiliki target nilai yang harus dicapai sehingga total dia ikut tes IELTS sampai 3 kali. Menurut Affan, semakin tinggi nilai IELTS maka semakin bagus untuk apply beasiswa.

Latihan Sebanyak Mungkin dari Buku Persiapan IELTS

Memiliki atau membaca buku persiapan IELTS bisa dibilang sebagai keharusan karena isinya pasti berkaitan langsung dengan tes yang akan kalian jalani.

Belajar dari YouTube

Melalui berbagai channel di YouTube, kamu bisa tahu cara pengucapan dan penerapan bahasa Inggris yang benar. Belajar via YouTube itu lebih efisien dan practical karena bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Untuk kisah Affan Giffari yang lebih lengkap, kamu bisa membacanya di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Christine Lora Egaratri

Christine Lora Egaratri menjadi salah satu penerima beasiswa StuNed yang berasal dari Indonesia.

Dalam wawancara secara langsung dengan ehef.id beberapa waktu lalu, Christine mengatakan bahwa salah satu kunci dalam mempersiapkan tes IELTS adalah dengan disiplin dan belajar terus menerus. Hal ini akan membantu otak lebih mudah mengingat materi yang diajarkan. Selain itu, meluangkan waktu untuk latihan soal juga penting.

Kamu bisa membaca kisah lengkap Christine Lora Egaratri dalam meraih beasiswa StuNed di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Aditya Mahardhika

Aditya Mahardhika, penerima beasiswa LPDP yang menyelesaikan studi S2 nya di Imperial College London ini nyatanya juga memiliki tips dalam mempersiapkan tes IELTS.

Baginya cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris adalah dengan mengunakannya secara terus menerus. Semakin sering bahasa tersebut digunakan maka semakin bagus kemampuan kamu. Tips kedua, kamu harus meluangkan waktu untuk latihan menyelesaikan soal-soal tes agar lebih familiar dengan formatnya saat tes berlangsung.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Ellen Putri Edita

Ellen merupakan salah satu mahasiswa Indonesia yang berhasil kuliah di Lund University melalui beasiswa dari Swedish Institute.

Sama halnya dengan penerima beasiswa lain, skor IELTS menjadi salah satu requirements dalam apply beasiswa. Menurut Ellen, kalian bisa belajar sendiri via online atau mengikuti kursus IELTS sebagai bentuk persiapan. Tidak ada patokan peserta tes IELTS harus mengikuti kursus, karena apapun itu yang terpenting kalian berusaha keras dalam meraih skor tinggi dalam tes.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Intan Farhana

Kali ini ada Intan Farhana yang berhasil meraih Erasmus+ Key Action 2 Scholarship Programme dan melanjutkan studi di University of Turku, Finlandia.

Melalui wawancara langsung dengan ehef.id beberapa waktu lalu, Intan membagikan tips untuk persiapan tes IELTS. Menurut Intan, semangat yang tinggi menjadi salah satu kunci untuk bisa lolos tes IELTS. Jangan mudah menyerah untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam IELTS, mengingat skor ini sangat berpengaruh untuk kuliah ke luar negeri.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Shantya Shafa Paramitha

Gadis cantik ini merupakan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Wageningen University melalui beasiswa StuNed. Berikut ini adalah beberapa tips persiapan IELTS ala Shantya:

Rencanakan Timeline dengan Tepat

Kamu butuh belajar, mendaftar, mengikuti tes hingga mendapatkan hasil. Sebaiknya kamu sudah merencanakan timeline dengan baik agar tidak berantakan ke depannya.

Belajar Sesuai Test yang Diambil

Setiap tes kemampuan berbahasa Inggris itu berbeda, bahkan tipe teksnya juga bisa berbeda. Karena itulah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

Tidak Harus Kursus

Mengingat biaya kursus IELTS cukup mahal, maka kamu bisa mencari alternatif lain seperti belajar otodidak melalui internet, mencari-cari soal latihan hingga tips dan trik sendiri.

Manajemen Waktu yang Baik

Ini berlaku khususnya untuk kalian yang sudah bekerja,. Shantya sendiri melakukan persiapan tes IELTS sambil bekerja, jadi waktu yang tersedia sangat terbatas dan manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting.

Kamu bisa membaca kisah Shantya meraih beasiswa StuNed di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Suci Ariyanti

Suci Ariyanti menjadi salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di Halmstad University melalui beasiswa dari Swedish Institute. Saat diwawancara secara langsung oleh ehef.id beberapa waktu yang lalu, Suci membagikan beberapa tips untuk mempersiapkan tes IELTS sebagai berikut:

Persiapkan Dana

Biaya untuk mengikuti kursus dan tes IELTS ini bisa dibilang cukup mahal. Untuk itulah Suci melakukan persiapan tes sambil bekerja agar memiliki uang yang cukup dalam mengikuti tes. Persiapan dana yang cukup memang penting, apalagi ada kemungkinan kalian tidak lulus dalam 1 kali tes. Tidak ada salahnya mengantisipasi kegagalan kan?

Ikut Kursus IELTS

Mengikuti kursus akan membantu kalian belajar secara konsisten dan hasil dari kursus biasanya bisa membantu memaksimalkan nilai IELTSmu nanti.

Latihan Menulis Essay

Meski sudah mengikuti kursus, bukan berarti kalian harus berpangku tangan. Suci meluangkan waktunya untuk latihan menulis essay dan apply ke berbagai universitas.

Nonton Film dan Mendengarkan Musik

Dua hal ini menjadi salah satu sarana Suci dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Penasaran dengan kisah Suci Ariyanti dalam meraih beasiswa dari Swedish Institute? Baca ulasannya di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Raeni

Gadis cantik yang kuliah di University of Birmingham melalui program beasiswa LPDP ini sebenarnya merasa menyesal karena terlambat dalam belajar bahasa Inggris. Raeni mengakui bahwa ia baru intensif belajar bahasa Inggris setelah lulus S1.

Menurutnya akan lebih baik jika bahasa diajarkan sejak golden age (sekitar usia 4-6 tahun). Meski begitu, Raeni berusaha meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya melalui berbagai cara, salah satunya dengan mencari pergaulan yang tepat.

Kalian bisa membaca kisah Raeni dalam meraih beasiswa LPDP di sini.

Tips Persiapan Tes IELTS dari Dikky Indrawan

Dikky Indrawan merupakan mahasiswa Indonesia yang kuliah S3 di Wageningen University melalui beasiswa LPDP. Pada bulan Juli 2018 lalu, Dikky diwawancara secara LIVE via Instagram. Berikut ini adalah beberapa tips persiapan tes IELTS dari Dikky:

Sesuaikan Cara Belajar dengan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk belajar, termasuk dalam persiapan tes IELTS. Menurut Dikky pribadi, mendengarkan musik dan menonton film membuatnya lebih mudah dalam memahami pronounciation dan percakapan dalam bahasa Inggris.

Cari Partner

Percuma jika kalian belajar tapi tidak dipraktekkan. Praktek merupakan poin penting dalam mempelajari suatu bahasa. Untuk itu, kalian harus mencari partner dalam mempraktekkan kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki.

Selain tips-tips dari penerima beasiswa di atas, kalian juga bisa membaca guide lebih lanjut mengenai TOEFL dan IELTS di Guide to Effective TOEFL and IELTS Preparation atau Tips Mendapatkan Nilai Bagus dalam Ujian TOEFL dan IELTS.