Media
Language

Yuk Cari Tahu Soal Beasiswa LPDP Afirmasi

Last updated on 10 Dec 2018

graduation-2433485_960_720.jpg

Apakah kamu berprofesi sebagai PNS?
Atau mungkin berasal dari daerah tertinggal?
Atau juga penyandang disabilitas?

Lalu sedang kesulitan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi tanpa kebijakan afirmasi?

Nah, dengan adanya program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Afirmasi ini, kamu bisa menempuh pendidikan magister atau doktoral satu gelar (single degree) loh!

Tapi sebelumnya, apa sih beasiswa BPI Afirmasi 2018? Berikut ehef.id sajikan serba serbi mengenai program beasiswa ini.

Beasiswa Afirmasi

Program BPI Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang perlu diberikan kebijakan afirmasi dalam mendapatkan beasiswa.

Nah, mungkin ada beberapa diantara kamu yang belum familiar dengan ‘kebijakan afirmasi’. Lalu bertanya-tanya: “Apa sih kebijakan afirmasi itu?”.

Kebijakan afirmasi adalah suatu dukungan yang diberikan kepada kaum minoritas di Indonesia agar mendapatkan akses terhadap pendidikan.

Terdapat delapan program afirmasi, yaitu:

  1. Individu yang berasal dari daerah tertinggal;
  2. Individu yang berasal dari alumni penerima beasiswa Bidikmisi;
  3. Individu yang berprestasi dari keluarga miskin/prasejahtera;
  4. Individu yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni/budaya, dan keagamaan tingkat nasional dan internasional;
  5. Individu penyandang disabilitas;
  6. Individu yang berprestasi dalam Olimpiade Sains tingkat Nasional atau Internasional;
  7. Individu yang berprofesi sebagai PNS, TNI, atau POLRI;
  8. Individu yang merupakan lulusan pondok pesantren.

Tentu saja program beasiswa ini memiliki tujuan, yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan dan/atau tertinggal.

Mengapa ini penting?

Karena dengan peningkatan kualitas SDM maka akan terwujud pemerataan sebaran SDM berpendidikan tinggi. Sehingga harapannya masalah pembangunan yang belum merata di setiap wilayah bisa teratasi.

Sementara, untuk program BPI Afirmasi PNS, TNI, dan Polri diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dalam rangka mendukung tersedianya aparatur pemerintah yang profesional, produktif, berkualitas, dan berdaya saing serta berkomitmen tinggi terhadap NKRI.


Beasiswa LPDP lainnya: BPI Reguler


Lalu apa aja sih syarat untuk memperoleh beasiswa Afirmasi ini?

BPI Afirmasi Khusus Individu Dari Daerah Tertinggal

Bagi kamu yang berasal dari daerah tertingal dan hendak mendaftar program Beasiswa Afirmasi diwajibkan memiliki surat tanda tamat belajar pendidikan dasar dan/atau menengah dari institusi daerah kamu yang dibuktikan dengan ijazah dan Kartu Tanda Pendidikan (KTP).

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah para calon pendaftar nakal yang mengaku-ngaku berasal dari daerah tertinggal. Padahal nyatanya tidak dan malah merugikan banyak sekali individu-individu lain nantinya.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk kembali ke daerah asal atau tempat pengabdian di daerah tertinggal untuk melakukan pembangunan sesuai dengan tujuan program ini yang telah diutarakan di atas.

BPI Afirmasi Khusus Individu Alumni Bidikmisi dan/atau Berprestasi dari Keluarga Miskin

Berbeda dengan beasiswa afirmasi lainnya, untuk program kali ini hanya untuk program magister saja. Dan juga terdapat beberapa dokumen-dokumen yang wajib disertakan dalam rangka memverifikasi data individu yang bersangkutan, antara lain:

  1. Tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria orang tua dan/atau suami/istri memiliki penghasilan kotor keluarga sebesar-besarnya Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) dan apabila dibagi dengan jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan, dibuktikan dengan; Kartu Keluarga yang terbaru; Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan;
  2. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua dan suami/istri bagi yang sudah menikah;
  3. Rekening listrik 3 (tiga) bulan terakhir, bagi yang menggunakan listrik pra bayar dibuktikan dengan membuat surat pernyataan terkait besaran biaya rata – rata penggunaan listrik 3 (tiga) bulan terakhir yang ditandatangani di atas materai 6000.

Sekedar catatan penting juga, bagi kamu yang ingin mendaftar program beasiswa afirmasi jenis ini maka selambat-lambatnya maksimal dua tahun sejak dinyatakan lulus dari perguruan tinggi.

BPI Afirmasi Khusus Penyandang Disabilitas

Nothing is impossible when you believe!

Memang banyak sekali pendapat orang yang bilang bahwa penyandang disabilitas akan kesulitan ketika menempuh pendidikan tapi kamu harus percaya bahwa kamu bisa dan membuktikkan ini dengan sekolah!

Pemerintah melalui beasiswa ini mengharapkan kamu akan menjadi putra/I terbaik Indonesia. Untuk mendaftar beasiswa ini kamu perlu melampirkan surat keterangan berkebutuhan khusus dari rumah sakit atau klinik tumbuh kembang.

BPI Afirmasi Khusus Individu Berprestasi

Bagi kamu yang memiliki segudang prestasi baik nasional maupun internasional bisa mendaftar beasiswa khusus ini.

Beberapa syarat yang harus kamu miliki antara lain memiliki sertifikat prestasi juara 1 (satu) nasional pada bidang olahraga, seni/budaya, atau keagamaan. Sementara bagi pemenang Olimpiade Internasional meraih juara 1 (satu), 2 (dua), atau 3 (tiga) pada bidang olahraga, seni/budaya atau keagamaan.

BPI Afirmasi Khusus PNS, TNI, dan POLRI

Sama seperti beasiswa LPDP pada umumnya, kamu yang berprofesi sebagai PNI, TNI, atau POLRI harus kemampuan berbahasa asing yang baik dan Indeks Kumulatif Prestasi (IPK) 3,0 (master) dan 3,25 (doktoral).

Namun, hal yang harus kamu catat adalah bahwa kamu berkewajiban untuk kembali bekerja di instansi pengirim setelah menyelesaikan program studi. Dan program studi atau area kedisplinan yang diambil juga harus yang sangat dibutuhkan oleh instansi tempat kamu bekerja.


Baca juga: Beasiswa LPDP Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI


Itu dia beberapa serba-serbi mengenai informasi beasiswa LPDP Afirmasi 2018.

Bagi kamu yang berencana menempuh studi di luar negeri, terutama Eropa wajib banget datang ke EHEF Indonesia 2018 karena akan hadir beberapa universitas ternama yang telah bekerja sama dengan LPDP.

Berikut ini daftarnya:

Belanda

Jerman

Inggris (UK)

Swedia

Italia

  • Politecnico di Milano: Computer Science and Information Systems, Engineering – Electrical and Electronic, dan Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing

Dengan datang ke EHEF Indonesia 2018, Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi langsung mengenai universitasnya dan juga peluang untuk diterima, serta menyesuaikan diri dengan program LPDP.

Daftar lengkap universitas luar negeri LPDP 2018 di sini

Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP Afirmasi 2018, klik di sini


Butuh informasi mengenai berbagai beasiswa yang tersedia untuk kuliah di Eropa? Yuk datang ke EHEF Indonesia 2018 di bulan November nanti. Daftarkan dirimu di sini!