Language

8 Daftar Beasiswa Untuk Kuliah di Eropa 2019

Last updated on 13 Dec 2019
8 Daftar Beasiswa Untuk Kuliah di Eropa 2019

Web_BeasiswaS2 (1).jpg Oleh: Agatha Krista


Apa kamu memiliki mimpi untuk melanjutkan studi S2 ke Eropa? Buat kamu yang sedang merencanakan studi S2 ke Eropa terlebih menggunakan jalur beasiswa, kami punya daftar beasiswa apa saja yang bisa kamu apply untuk mewujudkan mimpi kamu kuliah S2 ke Eropa. Beasiswa yang tersedia sendiri bervariasi bentuknya, mulai dari jumlah beasiswa yang diberikan, standar kriteria yang ditetapkan bagi calon kandidat, hingga jurusan dan universitas yang menyediakan beasiswa.

Berikut ini adalah beberapa daftar beasiswa yang tersedia di negara-negara di Eropa untuk mahasiswa internasional tahun 2019.

Chevening Scholarships – Inggris

Chevening merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan bagi calon pemimpin muda untuk melanjutkan studi ke Inggris. Beasiswa ini diberikan untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun di jurusan apapun dan di universitas manapun di Inggris. Chevening yang terdiri dari dua tipe yaitu, Chevening Scholarships dan Chevening Fellowships ini menyediakan kurang lebih 700 beasiswa setiap tahunnya.

Perbedaan antara Chevening Scholarship dan Chevening Fellowship ada pada target penerima beasiswanya. Chevening Scholarship ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 yang pada akhirnya akan mendapatkan gelar S2. Sedangkan Chevening Fellowship ditujukan untuk profesional di bidang tertentu untuk memperdalam pengetahuan dan skill mereka melalui kursus pendek dan proyek penelitian yang didanai sepenuhnya.

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 1983, beasiswa yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) akan mendanai proses studimu selama di Inggris secara penuh. Buat kamu yang mau mendaftar beasiswa Chevening untuk tahun ajaran 2020/2021, pendaftarannya akan dibuka pada bulan Agustus 2019 nanti. Jadi kamu masih ada waktu untuk mempersiapkan dokumen dan persyaratan yang diperlukan. Kamu bisa cek informasi lebih lengkapnya disini.

Orange Tulip Scholarship (OTS) – Belanda

Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan beasiswa yang diberikan untuk warganegara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belanda baik di jenjang S1, S2, maupun foundation. Program beasiswa ini merupakan program beasiswa parsial yang mana tidak mendanai penuh proses studimu selama di Belanda. Hal lain yang perlu diingat juga, tidak semua universitas dan jurusan di Belanda terdaftar dalam skema OTS. Jika institusi pendidikan Belanda maupun program studi yang kamu tuju tidak terdaftar dalam skema, maka kamu tidak bisa mendaftar beasiswa ini.

Kriteria pendaftar beasiswa OTS antara lain adalah: Warga Negara Indonesia Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu universitas di Belanda yang tergabung dalam OTS Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh skema OTS yang didaftarkan

Untuk pendaftaran OTS periode 2020/2021 akan dipublikasikan pada akhir Oktober 2019 nanti. Tenggat waktu pendaftaran OTS adalah tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Leiden University Excellence Scholarships (LexS) – Belanda

LexS merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh universitas Leiden untuk calon mahasiswa internasional dari luar Eropa. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi S2 di semua program studi Master yang tersedia di Leiden University. Bentuk beasiswa yang diberikan terdiri dari tiga tipe: Pendanaan biaya kuliah sebesar EUR 10.000 Pendanaan biaya kuliah sebesar EUR 15.000 Pendanaan seluruh biaya kuliah dikurangi dengan statutory tuition fee (untuk program belajar yang dimulai di bulan Februari) dan tanggal 1 Februari (untuk program belajar yang dimulai di bulan September). Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek informasinya disini.

Amsterdam Excellence Scholarships (AES) – Belanda

Masih dari Belanda, AMS merupakan program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan bertalenta dari luar Eropa untuk melanjutkan studi S2 di University of Amsterdam. Program studi S2 berbasis bahasa Inggris yang ditawarkan oleh beasiswa ini tercakup dalam fakultas Child Development and Education, Communication, Economics and Business, Humanities, Law, Psychology, Science, dan Social Sciences. Beasiswa ini memberikan pendanaan penuh sebesar EUR 25.000 untuk biaya kuliah dan biaya hidup selama studi satu tahun S2 di sana dengan kemungkinan perpanjangan masa studi satu tahun. Mahasiswa internasional dari luar Eropa yang merupakan lulusan Top 10% di universitas terdahulunya dapat mendaftar di beasiswa ini. Saat ini memang waktu pendaftaran untuk periode studi 2019/2020 telah ditutup dan belum ada informasi kapan pendaftaran untuk periode 2020/2021 akan dibuka. Tetapi tenggat waktu beasiswa AES setiap tahunnya adalah 15 Januari atau 1 Februari. Kamu bisa pantau terus informasi terbaru dari beasiswa ini disini.

Lund University Global Scholarship – Swedia

Lund University Global Scholarship merupakan program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dari luar Uni-Eropa untuk melanjutkan studi baik S1 maupun S2 di Lund University. Pendanaan oleh beasiswa ini bervariasi mulai dari 25%, 50%, 75%, hingga 100%. Namun hal yang perlu diingat adalah beasiswa ini hanya mendanai biaya kuliahmu saja dan tidak mendanai biaya hidupmu selama studi di sana. Selain merupakan mahasiswa internasional dari luar Uni Eropa, kriteria yang juga harus dipenuhi oleh pendaftar beasiswa ini adalah harus sudah mendaftar di program studi S1 ataupun S2 di Lund University untuk minimum studi 1 semester (30 ECTS). Mahasiswa yang diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang menempatkan program studi di Lund University sebagai pilihan utama mereka saat mendaftar di universityadmissions.se. Pendaftaran untuk beasiswa ini akan kembali dibuka pada bulan Februari 2020, jadi kamu masih punya banyak waktu nih untuk mempersiapkan diri.

École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) – Swiss

Beasiswa EPFL merupakan beasiswa S2 yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di salah satu universitas riset yang ada di Lausanne ini. École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) atau yang lebih dikenal dengan Swiss Federal Institute of Technology ini menawarkan beasiswa melalui Excellence Fellowships kepada mahasiswa yang berprestasi dalam segi akademik dalam jumlah slot yang terbatas. Pilihan program S2 yang ditawarkan oleh beasiswa ini antara lain adalah arsitektur, teknik kimia, teknik sipil, sistem komunikasi, ilmu komputer, dan masih banyak lagi. Pendanaan oleh beasiswa ini memang tidak penuh, beberapa kebutuhan studi lain seperti biaya hidup, akomodasi, dan lain-lain masih harus didanai sendiri. Beasiswa yang ditawarkan oleh EPFL sendiri berkisar di angka CHF 16.000 untuk satu tahun akademik. Pengajuan beasiswa EPFL juga harus dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program master di EPFL. Pada saat pengisian formulir online, pendaftar bisa mencentang kotak yang mana ingin mempertimbangkan untuk beasiswa Excellence Fellowships. Pendaftaran untuk periode belajar 2020/2021 memang belum dibuka tetapi kamu bisa cek informasi lebih lengkapnya disini.

Master Mind Scholarship – Belgia

Beasiswa S2 juga terbuka buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Belgia. Negara bagian Belgia, Flandria menawarkan beasiswa S2 dengan kuota sekitar 30 mahasiswa internasional. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan pada universitas di Flandria. Beberapa universitas yang tergabung dalam program beasiswa ini adalah University of Antwerp, Ghent University, University of Leuven, Hasslet University, Erasmus University College Brussels, Karel de Grote University College, Vrije Universiteit Brussel, dan masih banyak lagi. Pendanaan beasiswa ini sebesar EUR 8.000 untuk durasi belahar minimal 1 tahun dan maksimal 2 tahun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini kamu bisa cek informasinya di sini.

The Emile-Boutmy Scholarship – Prancis

Beasiswa yang diselenggarakan oleh Sciences Po ditujukan kepada mahasiswa internasional dari luar Uni-Eropa untuk melanjutkan studi S1 ataupun S2 di Sciences Po University, Paris. Beasiswa ini memberikan pendanaan antara EUR 5.000 atau EUR 10.000 setiap tahunnya untuk durasi belajar S2 selama 2 tahun. Pendaftaran beasiswa ini untuk periode belajar 2020/2021 memang belum dibuka tetapi kamu bisa mengecek informasinya lebih lanjut di sini.

Jangan lupa untuk perhatikan deadline pendaftarannya untuk tahun 2019 dan persyaratannya.

Untuk cari tahun opsi beasiswa lainnya kamu bisa lihat di https://ehef.id/scholarship/overview. Good luck!