Language

Beasiswa S2 di Belgia (Flanders)

Last updated on 25 Apr 2024
Beasiswa S2 di Belgia (Flanders)

Info_Web_Belgium.jpg

Oleh: Claire Jasmine
Untuk saat ini, beasiswa jenjang S1 untuk pelajar asing tidak tersedia. Jadi di artikel ini, kita akan membahas beasiswa yang tersedia untuk warga negara Indonesia untuk kuliah magister ke Belgia.

Belgia adalah salah satu negara Eropa yang banyak menyediakan beasiswa untuk menarik mahasiswa asing dalam melanjutkan pendidikan di negaranya. Dalam artikel ini, kamu akan mengenal sistem pendidikan tinggi di Belgia dan pilihan beasiswa yang tersedia untuk kuliah jenjang S2 disana.

Belgia dan Pendidikan Tingginya

Negara Belgia sedikit berbeda dari negara-negara Uni Eropa lainnya karena negaranya terbagi menjadi tiga daerah yang di setiap daerahnya memiliki dialek yang berbeda-beda. Negara bagiannya terdiri dari: Flanders (penduduk berbahasa Belanda), Wallonia (penduduk berbahasa Prancis), dan Brussels sebagai Ibukota negara (penduduk berbahasa Prancis dan Belanda). Pemerintah dari daerah Flanders (atau bisa disebut penduduk Flemish) yang mengatur perkembangan pendidikan, penelitian, dan inovasi di Belgia.

Sistem pendidikan tinggi Flemish menggunakan sistem biner yang terdiri dari 18 institusi pendidikan tinggi negeri: lima universitas umum dan 13 universitas ilmu terapan dan seni (universities of applied science and arts). Perbedaan dari kedua tipe universitas tersebut adalah cara pengajarannya. Universitas umum menawarkan penelitian intensif untuk jenjang pendidikan S1, S2, S3, dan pascasarjana. Sedangkan, Universitas ilmu terapan dan seni berbasis praktik yang kuat. Universitas dengan jenis ini menawarkan pendidikan untuk jenjang D3, S1 dengan spesifikasi profesional dan lanjutan (advance), S2 (masters), dan pascasarjana.

Kebanyakan bidang studi yang ditawarkan pada jenjang S1 adalah Bahasa Belanda. Akan tetapi, untuk jenjang S2 (Master) dan S3 (PhD) sudah banyak program studi dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Oleh karena itu, jumlah mahasiswa asing yang berkuliah di Flanders terus bertumbuh. Dengan dukungan program beasiswa yang disediakan pemerintah Belgia, semakin banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di sana. Apa saja program beasiswanya?

VLIR-UOS

Vliruos adalah sebuah lembaga negara bagian Flemish di Belgia yang terbentuk untuk menemukan jawaban inovatif dalam menangani tantangan lokal dan global agar berdampak positif bagi dunia.

Vliruos menawarkan 2 tipe pendanaan yaitu program beasiswa untuk pelatihan (Scholarship for Training) dan program beasiswa untuk jenjang S2 (Scholarship for Masters programme). Warga negara yang masuk di dalam 31 negara yang terpilih dan memenuhi kriteria berhak mendapatkan salah satu jenis pelatihan atau program magister dengan Bahasa pengantar Inggris di salah satu universitas Flemish atau di university college.

Program Beasiswa Program S2 yang terpilih dalam skema pendanaan VLIRUOS adalah program terakreditasi yang berjangka 2 - 4 semester (60 atau 120 ECTS) dan memiliki subjek yang relevan dengan pembangunan. Terdapat 15 pilihan program magister dan setiap program ada kesempatan 12 beasiswa untuk diberikan kepada pendaftar yang layak.

Kriteria pendaftar:

  • Mempunyai kewarganegaraan yang masuk di antara 31 negara terpilih dan tinggal di negara tersebut saat melakukan pendaftaran.
  • Umur maksimum untuk mendaftar beasiswa program magister adalah 35 tahun untuk initial master dan 40 tahun untuk advance master. Kandidat tidak bisa melebihi batas umur di bulan Januari saat tahun penerimaan.
  • Kandidat yang bekerja di institusi akademis, pemerintah, institut penelitian, LSM, atau kandidat yang mempunyai target untuk bekerja di sektor-sektor tersebut memiliki prioritas lebih tinggi. Tetapi, kandidat program magister yang bekerja di sektor profit atau yang baru saja menjadi sarjana bisa tetap mendaftar, tergantung dari motivasi dan profil.
  • Pendaftar hanya bisa melakukan pendaftaran sekali dalam setahun tanpa memandang tipe beasiswa yang didaftarkan hanya akan terpilih untuk satu tipe beasiswa setiap tahunnya.
  • Kandidat program magister tidak pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Belgia sebelumnya untuk mendanai program magister atau setara atau pernah terdaftar di universitas Flemish untuk menjalani pendidikan magister atau setara sebelum bulan Januari di tahun penerimaan.

Master Mind

Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Negara Bagian Flemish di Belgia menawarkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia untuk meneruskan program magister di Flanders dan Brussels. Beasiswa Master Mind memberikan hibah dengan total €8000 + pembiayaan kuliah untuk satu tahun akademik (60 ECTS) atau dua tahun akademik (120 ECTS). Hibah tersebut dibayarkan dengan dicicil setiap bulannya yang akan mencakup biaya akomodasi, asuransi, dan biaya hidup lainnya.

Penerima beasiswa Master Mind hanya akan dituntut untuk membayar biaya administrasi.

Untuk mendaftar beasiswa Master Mind, kamu harus mendaftar ke salah satu universitas Flemish yang berpartisipasi dalam Program Beasiswa Master Mind terlebih dahulu.

Beasiswa Master Mind tidak bisa digabung dengan beasiswa manapun.

Kriteria pendaftar:

  • Pelamar harus mendaftarkan diri untuk mengambil program gelar magister di lembaga pendidikan tinggi Flemish. Untuk melihat daftar universitasnya, click di sini
  • Pelamar harus memiliki standar akademik dan/atau memiliki potensi akademik yang tinggi:
  • Mahasiswa tersebut memiliki IPK/GPA 3,5 (keatas) dari 4.0
  • Memiliki penguasaan yang baik dalam berbahasa Inggris:

Skor band minimal keseluruhan 7.0 pada tes IELTS

Skor total minimal 94 pada tes TOEFL

Skor C1 dari Common European Framework of Reference for Languages (CEFRL) atau setara dalam tes kompetensi Bahasa Inggris resmi lainnya yang diakui oleh universitas yang dituju

  • Untuk pelamar yang mendaftar ke program magister di universitas ilmu terapan dan seni memiliki setidaknya:

Skor band minimal keseluruhan 6.5 pada tes IELTS

Skor total minimal 90 pada tes TOEFL

Skor B2 dari Common European Framework of Reference for Languages (CEFRL) atau setara dalam tes kompetensi Bahasa Inggris resmi lainnya yang diakui oleh universitas yang dituju

  • Pelamar harus diterima oleh universitas yang didaftar untuk dapat menerima beasiswa. Meskipun keputusan universitas diambil setelah keputusan program Beasiswa Master Mind, kriteria ini tetap berlaku.
  • Semua kewarganegaraan dapat mendaftar. Gelar yang diperoleh sebelumnya harus dari universitas di luar negara bagian Flanders. * Pelajar internasional yang menjalani program studi banding di universitas Flanders masih memenuhi syarat untuk mendaftar Beasiswa Master Mind.
  • Mahasiswa yang sudah terdaftar di institusi pendidikan tinggi Flemish tidak dapat mendaftar. Pengecualian diberikan untuk pelajar asing yang pada saat mendaftar di Musim Semi tahun pendaftaran, terdaftar dalam program persiapan khusus untuk memulai program master pada September tahun tersebut. Program studi banding ke institusi mitra di luar Flanders dan Brussels selama program master diperbolehkan. Namun, setidaknya setengah dari kredit studi program master harus diperoleh di universitas Flemish.

Erasmus Mundus Joint Master’s Degree Program (EMJMD)

Erasmus Mundus Joint Master’s Degree Program (EMJMD) adalah program studi internasional bergengsi dan terintegrasi, yang ditawarkan oleh konsorsium lembaga pendidikan tinggi internasional.

EMJMD memberikan beasiswa yang didanai Uni Eropa kepada calon pelajar terbaik setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan beasiswa Erasmus +, kamu harus diterima di program terlebih dahulu oleh konsorsium penyelenggara dan kemudian dipilih untuk beasiswa EMJMD.

Beasiswa EMJMD mencakup biaya yang ada saat menjadi mahasiswa seperti: termasuk biaya sekolah, biaya perpustakaan dan laboratorium, pertanggungan asuransi penuh dan biaya wajib lainnya yang terkait dengan partisipasi kamu dalam program Master. Biaya lain yang akan ditanggung EMJMD adalah biaya perjalanan dan biaya penyesuaian saat pertama datang ke negara tujuan. Untuk biaya hidup, EMJMD akan memberikan 1000€ per bulan untuk setiap penerima beasiswa EMJMD selama durasi program studi.

Jumlah total beasiswa bervariasi sesuai dengan durasi kursus Anda dan kebangsaan Anda (siswa non-UE menerima beasiswa lebih besar).Minimal 75% beasiswa diberikan kepada kandidat dari negara-negara Mitra.

Kriteria pendaftar:

  • Mahasiswa di tingkat Master di dari seluruh penjuru dunia dapat mendaftar.
  • Sudah memiliki gelar jenjang S1 atau tingkat setara yang terakreditasi, menurut undang-undang dan praktik nasional, di negara pemberi gelar.
  • Jika sudah pernah menerima beasiswa EMJMD atau Erasmus Mundus Master Course / Joint Doctoral Scholarship, kamu tidak berhak mendapatkan pendanaan dari skema beasiswa lain yang didanai oleh Uni Eropa saat Anda menerima beasiswa EMJMD. Oleh karena itu, kamu tidak akan masuk kualifikasi untuk menerima beasiswa EMJMD.

Peluang beasiswa yang didanai oleh universitas Flemish juga tersedia:

Cek di website masing-masing universitas untuk mengetahui pilihan beasiswa yang tersedia dan cara mendaftar. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa dari satu universitas bisa berbeda dengan lainnya. Jumlah pembiayaan juga berbeda tergantung beasiswa yang didaftarkan.

Selamat mencoba dan jangan lupa perhatikan masa akhir pendaftaran agar tidak ketinggalan!