Language

Sekolah Tinggi Manajemen Prancis Masuk Dalam Daftar Peringkat Financial Times

Last updated on 11 Aug 2022
Sekolah Tinggi Manajemen Prancis Masuk Dalam Daftar Peringkat Financial Times

IMG_9059.PNG Sumber : www.indonesia.campusfrance.org


Financial Times baru saja mempublikasi peringkat terbaru sekolah manajemen terbaik di Eropa. Tahun ini Prancis mendapatkan hasil yang memuaskan: 21 sekolah bisnisnya masuk dalam daftar peringkat umum dengan tiga di antaranya menduduki posisi 10 besar.

Angka ini menurun dari tahun 2019, yaitu sebanyak 25 sekolah, namun jumlah sekolah yang diujikan tahun ini juga menurun, dari 100 sekolah pada tahun sebelumnya menjadi 90 sekolah saja.

Titik balik untuk program Master (S2) manajemen

Menurut Financial Times mengenai daftar peringkat tahun 2020 ini “program Master di bidang manajemen mengalami sebuah titik balik”. Pada tahun 2019, “ketika perekonomian dunia berjalan baik dan pasar kerja sedang meningkat di Eropa dan Amerika Serikat, mayoritas sekolah tinggi bisnis yang menyelenggarakan program pascasarjana di bidang bisnis ini melaporkan adanya penurunan permintaan”. Masih menurut Financial Times, “pandemi malah meningkatkan minat terhadap program Master di bidang manajemen”, sebuah tren yang sama terjadi ketika terjadi krisis keuangan dunia pada tahun 2008.

Daftar peringkat Top 3 dan Top 10 cenderung stabil

Bila kita menganalisa sekolah-sekolah yang masuk daftar peringkat, kita bisa melihat bahwa peringkat 3 besar (Top 3) di bidang manajemen tidak berubah. HEC (Paris) tetap menduduki ranking 2 Eropa dan ranking 1 Prancis. Lalu, Essec Business School juga tetap pada posisi ke-3 Eropa dan ke-2 di level nasional.

Lebih luasnya lagi, dalam daftar 10 terbaik (Top 10), kita mendapati ESCP Business School tetap mempertahankan ranking nasionalnya di urutan ke-3, meskipun sekolah tinggi ini turun peringkat di level Eropa, yaitu dari posisi ke-5 menjadi posisi ke-6.

Cari tahu berbagai universitas di Prancis untuk semua jenjang di ehef.id! Klik di sini.

Beberapa kemajuan penting dalam klasemen umum

Di bagian lain, beberapa peningkatan yang cukup spektakuler terjadi pada sekitar 10 sekolah tinggi Prancis. Utamanya, apa yang berhasil diraih oleh Edhec Business School yang naik tiga peringkat menjadi posisi ke-16 dunia dan posisi ke-4 Prancis. Selain itu, NEOMA Business School juga mengalami peningkatan yang hebat, dari posisi ke-43 dunia menjadi posisi ke-28 dan menempati posisi ke-5 Prancis.

Begitu pula dengan EM Lyon yang berhasil naik peringkat dari ranking 40 dunia menjadi rangking 29 (ranking 6 Prancis) dan La Rochelle Business School yang naik 18 peringkat menjadi posisi ke-48 Eropa. Sementara Essca naik 7 peringkat dari ranking 63 menjadi ranking 56 Eropa. Perlu dicacat juga, Paris School of Business tahun ini masuk ke dalam daftar peringkat klasemen dunia untuk pertama kalinya dan menduduki posisi ke-88.

Kriteria yang ketat

Dalam membuat daftar peringkat tahunan edisi ke-16 untuk klasemen Master di bidang manajemen ini, Financial Times menekankan bahwa “sekolah-sekolah tinggi tersebut harus memenuhi beberapa kriteria yang ketat sebelum dianggap memenuhi syarat”. “Program-program pendidikan mereka harus penuh waktu” dan “harus memiliki minimal 30 lulusan baru setiap tahunnya”. Lalu, “sekolah-sekolah tinggi tersebut harus sudah diakreditasi oleh AACSB atau Equis”, lanjut Financial Times.

Kemudian, klasemen-klasemen tersebut “dikalkulasi berdasarkan informasi-informasi yang didapatkan lewat dua angket berbeda”: pertama, angket yang dilakukan di lembaga pendidikan terkait; kedua, angket terhadap para alumni mereka.

Lebih jelasnya lagi, perumusan klasemen tersebut didasarkan pada 17 kriteria yang di antaranya adalah: karier para lulusannya (gaji, tingkat perekrutan), representasi keragaman gender (lelaki dan perempuan dalam keseluruhan jumlah mahasiswa dan tim pengajar), posisi dalam dunia internasional (persentase mahasiswa dan dosen asing), dan kualitas pengajaran (dosen-dosen bergelar doktor).

Baca juga: Informasi Yang Kamu Harus Ketahui Untuk Kuliah di Prancis

Scholarship Programmes offered by France

5 Facts You Need to Know About the French Life