Media
Language

9 Jurusan Populer di Dunia dan Prospek Karirnya di Masa Depan

Last updated on 16 Feb 2019

photo-1529400971008-f566de0e6dfc.jpeg

Oleh Erzawansyah

Perkara memilih jurusan saat memasuki dunia perkuliahan perlu dipikirkan matang-matang.

Sebab, bidang keilmuan yang kamu jalani kelak akan menentukan karir di masa depan.

Masalahnya adalah ketika menjelang lulus sekolah atau kuliah, kamu masih belum menemukan jurusan yang tepat untuk dipilih.

Baik karena alasan bingung ingin berkarir sebagai apa, atau karena tidak tahu jurusan yang prospeknya bagus untuk masa depan.

Untuk alasan pertama, yakni persoalan bingung ingin berkarir sebagai apa, hal itu bisa disiasati dengan memilih jurusan yang fleksibel. Agar ilmu yang didapat nantinya tetap bermanfaat dalam bidang apapun yang akan kamu jalani kelak.


Baca juga: 5 Jurusan Untuk Kamu yang Belum Memutuskan Ingin Berkarir di Bidang Apa


Sementara untuk alasan kedua, solusinya bisa kamu dapat dengan mengetahui jurusan-jurusan yang saat ini sedang populer dan juga memiliki prospek bagus ke depannya. Artikel kali ini akan membantu kamu mengetahui jurusan-jurusan yang dimaksud.

Dilansir dari masterportal.com, ada 9 jurusan populer dan memiliki prospek menguntungkan untuk karir kamu setelah lulus.

Berikut kesembilan jurusan tersebut dan 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaik sesuai dengan bidang keilmuannya, berdasarkan QS World University Ranking.

*Untuk daftar beasiswa Kuliah di Eropa,*, klik di sini.


1. Teknik

Teknik menjadi bidang yang populer hampir di seluruh perguruan tinggi di dunia. Sebagai bidang keilmuan yang populer, teknik memiliki banyak spesialisasi. Gelar teknik dibutuhkan di setiap lini kehidupan dan karir. Selain itu, setiap tahunnya permintaan untuk lulusan teknik juga terus mengalami peningkatan.

Sebagai lulusan teknik, kamu dapat membuat teknologi untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih efisien.

Jurusan teknik sendiri masih memiliki banyak cabang keilmuan yang lebih spesifik. Masing-masing cabang keilmuan tersebut, memiliki spesialisasi dan prospek karir yang berbeda pula.

Adapun cabang keilmuan dari jurusan teknik, antara lain

Teknik Mesin yang memiliki prospek karir di bidang pengembangan mesin lokomotif, juru paten, dan lain-lain.

Teknik Elektro, memiliki prospek karir yang berhubungan dengan kelistrikan. Sehingga, peluang karirnya juga tak lepas dari hal-hal yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, seperti pembangkit listrik, penciptaan teknologi untuk keselamatan pengguna listrik dan sebagainya.

Teknik Sipil, yaitu cabang jurusan teknik yang memelajari tentang perencanaan dan perancangan infrastruktur untuk publik. Prospek karir yang bisa kamu geluti, antara lain pekerjaan di bidang kontruksi gedung, surveyor kontrol bangunan, jalan, dan lain-lain.

Rekomendasi Perguruan Tinggi:

2. Ilmu Komputer

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa peluang kerja untuk para genius komputer sangat luas.

Itu benar.

Permintaan untuk para ahli komputer oleh perusahaan sangat tinggi. Terlebih di era teknologi informasi. Itulah mengapa sebagian besar perguruan tinggi membuka beragam spesialisasi untuk bidang keilmuan ini.

Ada beberapa spesialisasi yang paling populer dan karir yang sesuai untuk jurusan ilmu komputer. Antara lain::

Video Game & Multimedia, karir ini memberikan kamu kesempatan untuk berkarir sebagai pengembang game, hingga pengembang web. Sistem Informasi, cabang jurusan ilmu komputer yang memiliki prospek karir di bidang pembangunan jaringan, internet, dan lainnya.

Data Science, pada era dimana data adalah segalanya, peluang karir bagi lulusan dari jurusan ini semakin berkembang, seperti manajemen database, riset pasar untuk pengembangan bisnis, dan lain-lain.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

3. Desain

Bidang keilmuan ini cocok untuk kamu yang kreatif dan memperhatikan detail dalam sebuah rancangan.

Kamu bisa menjadi seorang desainer kondang yang selalu memperhatikan keindahan tampilan dan aspek fisik produk. Meskipun begitu kamu juga selalu mempertimbangkan fungsi produk dan memuaskan keinginan pelanggan.

Desainer adalah "otak" di balik setiap konsep atau ide logo, paket makanan, situs web, dan banyak lagi. Sebagai lulusan jurusan desain, kamu bisa berkarir sebagai desainer grafis, copy-write artis visual, digital marketing, atau editor periklanan.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:


Temukan daftar universitas di Eropa, di sini.


4. Fashion

Di Indonesia jurusan ini mungkin kurang begitu populer. Akan tetapi, di skala dunia, jurusan ini memiliki peminat yang cukup tinggi dengan prospek karir yang cukup menjanjikan.

Jurusan ini bisa kamu pilih, apabila kamu merupakan seseorang yang sangat tertarik dengan tren, pakaian, dan aksesori mode hingga suka membeli banyak majalah fashion.

Jika kamu menyeriusi hobimu ini dengan mengikuti beberapa program di bidang keilmuan ini, kamu dapat mengejar karir yang bermanfaat seperti: perancang busana, jurnalis mode, kritikus mode, dan manager merk.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

5. Hukum

Hukum merupakan unsur penting dalam berbagai lini kehidupan. Di setiap bidang, hukum selalu menjadi landasan. Baik untuk menetapkan standar, maupun dalam konteks manajerial.

Itulah mengapa jurusan hukum cukup populer di kalangan pelajar sedunia. Adapun karir setelah lulus yang menantimu kelak juga sesuai dengan cabang keilmuan yang juga kamu tempuh. Adapun karir-karir yang dimaksud, antara lain:

Hukum pidana, dimana kamu memiliki prospek karir sebagai pengacara, jaksa, maupun hakim. Hukum ketenagakerjaan, dimana akan membuatmu bergelut dalam bidang manajemen SDM bersama dengan lulusan dari jurusan psikologi.

Hukum perdata, dimana kamu memiliki prospek karir sebagai penasehat hukum, ataupun notaris.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

6. Bisnis

Apakah kamu memiliki cita-cita untuk mengelola sebuah bisnis? Jika iya, mulailah membangun impianmu dengan mempelajari disiplin ilmu bisnis dan manajemen. Kamu dapat menekuni bisnismu sendiri dataupun bekerja sama dengan orang lain.

Ada beberapa studi yang populer dan memiliki prospek bagus untuk jurusan ini, seperti manajemen, pemasaran, startup development, dan lain-lain.

Adapun prospek karir di masa depan di antaranya, auditor, manajer divisi, pengawas keuangan, atau bahkan dapat juga menjadi seorang investor.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:


Untuk info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


7. Ilmu Sosial

Jurusan ini adalah bidang keilmuan yang cukup luas dengan cabang keilmuannya yang melimpah. Jurusan-jurusan ilmu sosial meliputi bidang-bidang yang berhubungan dengan budaya, politik, ekonomi atau sejarah.

Ada beberapa jurusan yang cukup populer di bidang ilmu sosial seperti:

Hubungan Internasional dengan prospek karir sebagai aktivis di sebuah NGO, diplomasi dan kedutaan bagi negaranya, Ilmu Komunikasi dengan prospek karir sebagai jurnalis, atau Ilmu Ekonomi dengan prospek karir sebagai seorang analis dan konsultan.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

8. Perhotelan dan Pariwisata

Sejak lama industri pariwisata menjadi salah satu yang menjanjikan di dunia. Apakah kamu sudah pernah bekerja di bidang pariwisata dan perhotelan? Kalau belum, tapi kamu tertarik, jurusan ini merupakan bidang yang patut kamu coba. Dengan mengambil jurusan ini, ada banyak prospek karir yang cukup menjanjikan. Seperti pengelola restoran, manajer hotel, pemiliki travel agency, dan lain-lain.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

9. Seni dan Sejarah Seni

Bagi kamu yang tertarik dengan apa pun yang terkait dengan seni seperti lukisan, patung, seni visual, atau bahkan fotografi, kamu dapat belajar lebih banyak di bidang Seni.

Jurusan ini dapat membuat kamu memahami lebih dalam tentang kesenian, selain mendorong kamu untuk menjadi seniman itu sendiri. Karena jurusan ini akan memberikan kamu wawasan mengenai aspek sosial, politik, budaya, atau bahkan ekonomi, yang memengaruhi berbagai produk kesenian.

Prospek karir untuk jurusan ini pun tak sebatas pada bidang seni saja. Ada pengamat seni, kritikus, seorang konsultan kesenian, atau bahkan seorang guru besar untuk bidang kesenian.

Negara dan Rekomendasi Perguruan Tinggi:

Nah, itulah beberapa disiplin ilmu dan karir yang dapat kamu jajaki di masa depan, beserta dengan rekomendasi universitas yang bisa kamu pilih.

Sudah kah kamu mempertimbangkan dan menentukan pilihanmu?

Kalau belum, yuk mulai mempertimbangkan untuk mengambil jurusan demi menunjang karir di masa depan.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Eropa, klik di sini.