Study in Germany

Study in Germany

Last edited on 19 Aug 2019
Language





Selamat datang di Jerman!

Republik Federal Jerman terletak di jantung Eropa. Negara ini merupakan negara cosmopolitan, demokratis dengan tradisi yang kaya dan kehidupan modern yang dinamis. Jerman juga merupakan salah satu negara dunia dengan ekonomi terkuat dan menawarkan riset inovatif dalam tataran pendidikan. Selain itu, Jerman memiliki lingkungan budaya yang dinamis. Negara anggota dengan penduduk terpadat  Uni Eropa , lebih dari 82 juta penduduk. Di kelilingi oleh sembilan negara tetangga, dengan luas wilayah sebasar 357.000 km2 – terbentang dari Laut Utara dan Laut Baltikdi sebelah utara hingga pegunungan Alpen di sisi selatan. Sejak tahun 1949 Negara Republik Federasi Jerman telah menjadi federasi demokrasi parlementer. Yang terdiri atas 16 Länder (states), masing – masing dengan undang – undang, parlemen dan pemerintahan. Jerman adalah negara modern dan berwawasan terbuka dengan kualitas hidup yang tinggi, dipengaruhi dengan keragaman penduduknya. Berlin adalah ibu kotanya.

Jerman merupakan negara yang memiliki berbagai perbedaan. Kota Berlin yang trendy dan modern sangat berbeda dengan kota Munich yang tradisional dan konservatif. Kota Frankfurt dengan gedung – gedung pencakar langitnya terlihat berbada dibandingkan Heidelberg yang kuno. Dan bila kota Hamburg yang sibuk dan dinamis terasa melelahkan, kamu dapat selalu beristirahat di kota Middle Rhine yang tenang dan indah.


Sistem Pendidikan Tinggi

Ada 399 lembaga pendidikan tinggi di Jerman*, 111 diantaranya memberikan gelar doktoral, dan sekitar 230 universitas ilmu terapan. Perkuliahan di Lembaga Pendidikan Tinggi Jerman menawarkan lebih dari 400 disiplin ilmu, dan ada banyak institusi yang menawarkan kelas dalam bahasa Inggris dengan gelar yang diakui di seluruh dunia, termasuk pasca sarjana dan doktoral. Bidang studi unggulannya adalah: Ilmu Teknik Mesin, Ilmu Alam, Ekonomi dan Administrasi Bisnis, Kesenian, Musik, Desain dan Arsitektur – dan ada lebih dari 1.900 program internasional*, sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris, tercatat dalam pusat data DAAD. Hampir separuh dari 2,4 juta mahasiswa Jerman adalah wanita. Dan sekitar 340.000 pelajar manca negara* berkuliah di lembaga pendidikan tingginya, menjadikan Jerman berada di peringkat ke lima negara dengan pelajar asing terbanyak dunia. Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Jerman, terus bertambah dari tahun ke tahun. Kini ada 4.176 orang Indonesia yang belajar di sini*. Jerman menawarkan berbagai macam bentuk dan lokasi untuk melakukan riset: dengan jumlah keseluruhan, ada sekitar 1.000 institusi riset publik di Jerman, ditambah pusat riset dan penelitian  yang dikelola oleh perusahaan perusahaan industri. Biaya riset tahunan mencapai 84 juta euro (www.research-in-germany.de). Universitas – universitas di Jerman tidak memungut biaya baik untuk mahasiswa lokal maupun internasional. Ada 41 universitas di Jerman yang termasuk dalam 400 Teratas Dunia berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2016-2017, 22 diantaranya berada di 200 teratas dan tujuh di 100 teratas – Universitas Jerman dengan peringkat tertinggi  adalah Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen di posisi 30, Universitas Heidelberg di posisi 43, and Universitas Teknik Munich di posisi 46. (*Data Sources: www.hochschulkompass.de, DAAD International Programs Database, Wissenschaft Weltoffen Kompakt 2017)

Some 41 German universities feature in the Global Top 400 of the Times Higher Education World University Rankings 2016-2017, of which 22 are in the Top 200 and seven in the Top 100 – the highest ranked German Universities being

 (*Sumber Data: www.hochschulkompass.de, DAAD International Programs Database, Wissenschaft Weltoffen Kompakt 2017)

Universities in Germany