Language

5 Alasan Berlin Memiliki Predikat Kota Pelajar

Last updated on 15 Nov 2019
5 Alasan Berlin Memiliki Predikat Kota Pelajar

photo-1519671498028-589b06e7cf08.jpeg Photo by Björn Grochla on Unsplash

Oleh Nurchalimah


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Jika kamu mencari kota terbaik untuk melanjutkan studi, sepertinya Berlin harus masak ke dalam radar pencarian. Berlin menjadi salah satu kota multikultural di Jerman yang memiliki universitas berkelas dunia, kota yang penuh sejarah dan hampir segala hal yang diinginkan oleh mahasiswa ada di kota ini.

Ada banyak faktor yang sebenarnya bisa dijadikan alasan, kenapa Berlin pantas menyandang predikat sebagai kota yang tepat untuk belajar. Kami akan merangkumnya menjadi 5 alasan berikut ini:


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Alasan #1: Universitas Terbaik

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan untuk melanjutkan studi di sebuah negara adalah deretan universitas yang ada. Nah, untuk Berlin sendiri, kamu bisa menemukan beberapa universitas terbaik seperti Humboldt University of Berlin, Freie University of Berlin dan Technical University of Berlin. Ketiganya masuk dalam jajaran universitas-universitas terbaik di Jerman, Eropa dan bahkan dunia lho.

Tidak hanya itu, di Berlin kamu juga bisa menemukan cukup banyak universitas yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Total ada lebih dari 20 universitas yang menawarkan program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris.

Alasan #2: Opsi Berkarir Setelah Lulus

Beberapa orang berharap untuk bisa melanjutkan karir di negara tempat studi setelah lulus dan kamu bisa mewujudkannya di Berlin. Berlin yang merupakan kota terbesar di Jerman telah menjadi salah satu kota start-up di Eropa dan ada cukup banyak perusahaan-perusahaan internasional yang memerlukan tenaga kerja asing setiap tahunnya. Kamu bisa ikut mengambil perluang ini pastinya.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Alasan #3: Traveling dan Dekat Dengan Alam

Berlin memiliki letak yang cukup strategis untuk kamu yang ingin mengeksplor Eropa Tengah dan Timur. Kamu hanya perlu waktu 5 jam untuk sampai di Praha, 6 jam untuk ke Krakow dan 5.5 jam untuk sampai ke Warsaw lho. Menjanjikan sekali kan?

Selain itu, apa kamu tahu bahwa Berlin menyandang predikat sebagai salah satu kota terhijau di dunia? Meskipun termasuk dalam kategori kota kosmopolitan, tapi Berlin dikelilingi oleh hutan, danau, taman dan juga sungai lho. Bahkan Berlin memiliki lebih banyak jembatan dan kanal dibandingkan dengan Venice, kamu percaya ini?

Alasan #4: Biaya Terjangkau

Pada umumnya, jika kamu belajar di Humboldt University of Berlin, Freie University of Berlin dan universitas-universitas negeri lain maka kamu akan mendapatkan pendidikan berkelas dunia dengan harga relatif terjangkai. Tidak hanya itu, di antara kota-kota Eropa Barat, Berlin bisa dikatakan sebagai kota dengan biaya hidup terendah. Bahkan jika dibandingkan dengan New York an London, biaya hidup di Berlin 5x lebih rendah lho. Jadi Berlin sangat cocok untuk mahasiswa-mahasiswa dengan biaya terbatas.


Baca juga: Pengalaman Ardhilla Parama Arta memperdalam ilmu ekonomi di Jerman melalui beasiswa DAAD


Alasan #5: Hiburan, Kehidupan Malam dan Café yang Cozy Untuk Belajar

Percaya atau tidak, kehidupan malam di sebuah kota menjadi salah pertimbangan bagi mahasiswa asing untuk mengambil keputusan di mana mereka akan belajar. Untuk kamu yang suka dengan hingar bingar pesta dan kehidupan malam, maka Berlin adalah tempat yang cocok. Di Berlin, kamu bisa menghabiskan tahun-tahun universitasmu dengan beberapa hiburan kehidupan malam yang seru. Salon zur wilden Renate dan Tresor mungkin bisa menjadi pilihan favoritmu nanti.

Selain kehidupan malam yang seru, kamu juga bisa menemukan café-café yang cozy dan cocok untuk belajar di Berlin. Kamu tidak akan merasa terkekang karena harus belajar di kelas, kamar ataupun perpustakaan. Selingi rutinitas belajarmu dengan mengunjungi café-café keren yang ada di sana.

Meskipun identik dengan start-up, tapi Berlin juga menyandang predikat sebagai kota seni lho. Total ada lebih dari 50 teater, 3 opera, 2 symphony hall dan 150 museum di Berlin. Jadi kamu tidak akan kekurangan hiburan di Berlin.


Klik di sini untuk detail lebih lanjut mengenai kuliah S2 di Jerman.