Language

Ingin Kuliah di Spanyol? Beasiswa Ini Bisa Menjadi Pilihan

Last updated on 14 Dec 2019
Ingin Kuliah di Spanyol? Beasiswa Ini Bisa Menjadi Pilihan

Artikel 14 spain.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Nurchalimah

Spanyol menjadi salah satu negara Uni Eropa yang kaya akan sejarah dan budaya. Bahkan Spanyol sukses menjadi negara yang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan di dunia. Di luar fakta bahwa negara ini memiliki daya tarik yang luar biasa, ternyata Spanyol juga menjadi destinasi bagi ribuan mahasiswa/i dari penjuru dunia untuk menempuh pendidikan.

Beberapa universitas di Spanyol merupakan universitas tertua di Eropa dan total ada 74 universitas di Spanyol yang ada bisa kamu pilih untuk menempuh pendidikan. Selain itu bahasa Spanyol termasuk dalam bahasa yang terpenting di dunia. Biaya kuliah untuk beberapa universitas juga ada di kisaran 5.500 euro per semester. Ada banyak program beasiswa yang bisa kamu apply untuk meng-cover masalah biaya kuliah dan juga biaya hidup selama menempuh studi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Erasmus+

Beasiswa dari Uni Eropa ini bisa dikatakan sebagai salah satu beasiswa favorit bagi pemburu beasiswa. Erasmus+ resmi ditawarkan untuk menggantikan program beasiswa sebelumnya yaitu Erasmus Mundus. Beasiswa ini ditawarkan kepada sekitar 160 negara di luar kawasan Uni Eropa.

Ada 3 program yang ditawarkan oleh Erasmus+ yaitu Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs) dan Scholar.

Secara keseluruhan beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dll. Berikut ini adalah besaran nilai beasiswa untuk beberapa program:

  • 24.000 euro per peserta untuk program EMJMD 1 tahun dan 48.000 euro per peserta untuk program EMJMD 2 tahun.
  • 60.000 euro hingga 130.000 euro untuk program EMJD (3 tahun)
  • 14.800 euro per orang untuk program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 bulan.

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa yang satu ini disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNI yang akan menempuh pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri (termasuk Spanyol). Meskipun beasiswa ini tidak ada batasan kuota, namun peminat yang jumlahnya meningkat setiap tahun membuat persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP sangat ketat.

Secara umum beasiswa ini menanggung semua biaya hidup dan biaya kuliah untuk penerima beasiswa. Namun sebelum melaksanakan studi, maka kamu sebagai penerima beasiswa akan mengikuti training kepeimpinan dan pembekalan terlebih dahulu. Selain itu, hampir semua bidang studi dipioritaskan dalam beasiswa ini. Jadi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa LPDP sangat terbuka untuk siapapun.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar beasiswa LPDP adalah sebagai berikut:

  • WNI lulusan S1 atau S2 dengan umur maksimal 35 tahun untuk magister dan 40 tahun untuk doctor
  • Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dan pelanggaran hukum serta sanggup memenuhi ketentuan beasiswa
  • IPK minimal 3.25
  • Memiliki surat rekomendasi dan tidak sedang menerima beasiswa lain
  • Memiliki rencana studi dan menulis essay sesuai dengan tema
  • Nilai TOEFL minimal 500 dengan LoA atau nilai TOEFL minimal 550 tanpa LoA.

Selain 2 program beasiswa di atas, masing-masing universitas di Spanyol juga mempunya program khusus untuk membantu mahasiswa internasional dalam hal pembiayaan kuliah.

Ayo wujudkan mimpi kamu untuk kuliah di Spanyol melalui Erasmus+ dan LPDP!! Semoga sukses ya..