Media
Language

Kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa DAAD

Last updated on 23 Sep 2018

daad.jpg Photo by Tavis Beck via Unsplash

Oleh Kristantinova

Apakah kalian salah satu orang yang bermimpi untuk bisa melanjutkan studi S2 di Jerman dengan jalur beasiswa? Jika ya, kalian perlu membaca lebih dalam mengenai beasiswa yang diberikan oleh DAAD pada program beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS).


Tertarik mengikuti webinar (seminar online) “Study in Germany”? Klik di sini untuk informasi mengenai registrasi dan detail lainnya!


Program beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) ini menawarkan kesempatan bagi kamu lulusan S1 yang telah memiliki pengalaman kerja profesional selama dua tahun untuk mengembangkan dirimu dengan studi S2 di salah satu universitas terpandang di Jerman selama 12-36 bulan tergantung dari jurusan yang kamu pilih. Untuk saat ini bidang-bidang yang difokuskan oleh beasiswa ini antara lain adalah:

  • Economic Sciences/Business
  • Administration/Political Economics
  • Development Cooperation
  • Engineering and Related Sciences
  • Mathematics
  • Regional and Urban Planning
  • Agricultural and Forest Sciences
  • Natural and Environmental Sciences
  • Medicine and Public Health
  • Social Sciences, Education and Law
  • Media Studies

Official Website DAAD


Syarat bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk beasiswa ini adalah kamu harus bekerja di pemerintahan atau perusahaan BUMN maupun swasta yang lingkup kerjanya terkait dengan perencanaan dan eksekusi proyek-proyek yang juga bersinggungan dengan teknologi, ekonomi, dan area sosial. Selain itu, kamu juga harus memiliki gelar sarjana yang kamu raih selama empat tahun studi dan gelar sarjana tersebut tidak berusia lebih dari 6 tahun.

Untuk persyaratan kemampuan bahasa, jika kamu mendaftar untuk jurusan yang menggunakan bahasa Jerman maka kamu diharuskan untuk menguasai bahasa Jerman minimal di level A2. Jika kamu bisa berada di level B1 maka akan jauh lebih bagus. Kemampuan berbahasa Jerman ini penting karena kamu perlu mengikuti tes DSH 2 atau TestDaF 4 di awal studimu nanti. Jika kamu bisa mendapatkan beasiswa ini, maka beasiswa yang kamu dapatkan akan mencakup 6 bulan belajar bahasa Jerman sebelum masuk universitas. Sedangkan jika kamu memilih jurusan yang berbahasa Inggris maka kamu harus memiliki nilai 6 untuk IELTS atau nilai TOEFL 550 untuk paper-based, 213 untuk computer based, 80 untuk internet based.


Baca juga: Daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman dan Daftar lengkap universitas di Jerman.


Hal lain yang juga harus kamu persiapkan untuk mendaftarkan diri pada beasiswa ini adalah bukti pengalaman kerjamu yang harus kamu lampirkan dalam bentuk sertifikat yang menandakan bahwa kamu telah bekerja di posisi tertentu dalam jangka waktu tertentu, surat referensi dari atasanmu yang idealnya menjamin bahwa kamu akan dipekerjakan kembali setelah usai menamatkan studi S2 di Jerman nanti. Kemudian, kamu juga harus menyiapkan motivation letter yang menjelaskan mengapa kamu tertarik melanjutkan studi S2 di jurusan yang kamu mau dan apa kaitannya dengan pekerjaan yang kamu lakukan saat ini.

Lalu, apa saja yang akan dibiayai oleh beasiswa ini jika kamu berhasil mendapatkannya? Kamu akan mendapatkan biaya bulanan sebesar 750 – 1000 EUR; biaya kesehatan, kecelakaan, dan keperluan pribadi lainnya; biaya perjalanan pergi ke dan pulang dari Jerman.


Universitas Populer di Jerman: Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg http://ehef.id/university/440


Untuk tahun ini DAAD belum merilis daftar universitas dan tenggat waktu untuk mengumpulkan formulir pendaftaran beasiswanya. Namun, kamu bisa selalu mengecek informasi tentang beasiswa ini di sini.

Nah, apakah kalian tertarik untuk mencoba beasiswa ini? Jika kamu tertarik ingin kuliah di Jerman tapi masih bingung ingin masuk universitas mana, DAAD juga punya solusinya loh. Kamu bisa ikutan seminar Webinar ‘Study in Germany’ yang diadakan oleh DAAD pada tanggal 20, 21, 22 Maret 2018 pukul 15.00-18.00.

Disitu kamu bisa chatting dengan representatif dari berbagai universitas Di Jerman dan menanyakan berbagai hal seputar studi di Jerman. Seminar webinar ini terdiri dari 15 presentasi universitas di Jerman yang disampaikan secara online (1 hari 5 universitas). Presentasi tersebut berisi tentang institusi dan juga program studi yang ada di universitas tersebut. Selain itu seminar ini juga akan disampaikan dengan bahasa inggris.

Untuk registrasi dan informasi lebih lengkap mengenai seminar online ini, kamu bisa klik di sini.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Ayo segera ikutan seminarnya dan persiapkan persyaratan beasiswanya dari sekarang untuk meraih kesempatan melanjutkan studi S2 di Jerman!

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.