Media
Language

5 Alasan Memilih Jerman Untuk Melanjutkan Pendidikanmu di Eropa

Last updated on 17 Jul 2019

Artikel 22 Feb 2018.jpg Photo by LoboStudio Hamburg on Unsplash

Oleh: Kristantinova


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Eropa tetapi masih bingung negara mana yang ingin kamu tuju, Jerman dapat menjadi salah satu negara yang patut kamu pertimbangkan. Untuk semakin meyakinkan kamu, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Jerman merupakan salah satu destinasi negara yang recommended bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Eropa.

1. Memiliki kualitas pendidikan yang diakui dunia

Berdasarkan data, saat ini terdapat lebih dari 390 universitas negeri yang diakui oleh dunia dan tersebar di lebih dari 170 tempat di Jerman. Kualitas pendidikan di Jerman tidak perlu dipertanyakan lagi karena sebagaimana kita ketahui Jerman merupakan rumah dari penemu, penyair, dan pemikir ternama di dunia.

Sebut saja para penerima Nobel di bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Kedokteran seperti Wilhelm Conrad Röntgen, Robert Koch, Max Planck, Albert Einstein, Christiane Nüsslein-Volhard dan Harald zur Hausen.

Daftar tersebut masih belum lengkap karena secara keseluruhan ada 68 peraih hadiah Nobel dari Jerman di bidang ini. Belum lagi nama-nama seperti Immanuel Kant, Hegel dan Adorno, Goethe, Heine dan Brecht, Bach, Beethoven, dan Brahms yang merupakan penyair dan pemikir dari Jerman. Banyak gagasan dan inovasi yang muncul dari universitas di Jerman.

2. Menawarkan program studi yang beragam

Menurut data juga, jika ditotal-total dari seluruh universitas, ada lebih dari 16.000 program studi yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Jerman dan 1.000 diantaranya adalah program internasional. Jika kamu berniat untuk mengambil program studi yang berkaitan dengan teknik, sains, dan teknologi, Jerman adalah negara yang tepat untuk kamu.


Baca juga: Daftar beasiswa untuk Kuliah ke Jerman dan Daftar universitas di Jerman


3. Biaya hidup yang relatif murah

Di semua universitas di Jerman, setiap mahasiswa diharuskan membayar iuran semester sebesar 200 Euro (2 juta Rupiah) per semesternya. Melalui iuran tersebut kamu akan mendapatkan kartu Semesterticket yang bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum secara gratis. Hal ini tentu memudahkan mobilitasmu sehari-hari selama studi. Menurut statistik, mahasiswa di Jerman rata-rata memerlukan 800 Euro (13 juta Rupiah) setiap bulannya untuk keperluannya selama studi di Jerman.

4. Atmosfir kota yang nyaman dan kondusif untuk belajar

Jerman merupakan salah satu negara yang aman dengan angka kriminalitas yang rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Kamu bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman baik pada siang maupun malam hari.

Pelayanan medis di Jerman juga sangat baik dan setiap mahasiswa yang belajar di Jerman juga diharuskan memiliki asuransi kesehatan. Dengan perlindungan asuransi kesehatan kamu bisa mengunjungi dokter dan mendapat perawatan kesehatan hanya dengan membayar 10 Euro per kuartal.


Universitas populer di Jerman: Karlsruhe Institute of Technology


5. Lulusan Jerman merupakan lulusan terpandang

Melalui bimbingan intensif yang banyak berfokus pada hal-hal praktikal, mahasiswa lulusan Jerman merupakan lulusan yang siap untuk bekerja dan banyak dicari oleh perusahaa-perusahaan multinasional.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.