Language

Mau Kuliah ke Italia Gratis? Yuk Daftar MAECI!

Last updated on 18 Nov 2019
Mau Kuliah ke Italia Gratis? Yuk Daftar MAECI!

IMG_2017.PNG

Oleh Kristantinova

Mencari pendidikan yang berkualitas dan unggul dalam jurusan kuliah di bidang desain, arsitektur, seni, dan fashion?

Ingin merasakan tinggal di lingkungan negara yang kaya akan sejarah dan budaya, memiliki situs-situs peninggalan yang menarik untuk dijelajahi dan kaya akan variasi makanan yang enak-enak?

Jika ya, maka itu semua dapat kamu temukan di Italia.

Buat kamu yang sedang berencana melanjutkan kuliah ke Italia, kami punya kabar bagus untuk kamu nih!

Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke Italia dengan beasiswa loh.

Salah satu beasiswa yang terbuka untuk kuliah ke Italia adalah MAECI.

Penasaran beasiswa seperti apa MAECI itu dan bagaimana caranya untuk bisa mendaftar beasiswa ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Be Like Miko: Berhasil Kuliah di Roma karena EHEF Indonesia


Sekilas Tentang MAECI

MAECI merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Luar Negeri Italia untuk pelajar-pelajar asing yang ingin melanjutkan studi ke Italia. Beasiswa ini bertujuan untuk mengangkat hubungan kerja sama internasional dalam bidang budaya, ilmiah, dan teknologi, mempromosikan bahasa dan budaya Italia, serta membantu sistem perekonomian di Italia.

Beasiswa ini menawarkan kesempatan studi, pelatihan, dan juga riset di berbagai institusi pendidikan di Italia. Kamu bisa cek institusi pendidikan apa saja yang tersedia disini.

Beberapa studi yang tercakup dalam beasiswa ini antara lain adalah:
  • Master’s Degree (Laurea Magistrale 2o ciclo) untuk periode studi 6 atau 9 bulan,
  • Courses of Higher Education in Arts, Music and Dance (AFAM) untuk periode studi 6 atau 9 bulan,
  • PhD programmes untuk periode studi 6 atau 9 bulan,
  • Research under academic supervision (Progetti in co-tutela) untuk periode studi 6 atau 9 bulan, dan
  • Italian Language and Culture Courses untuk periode studi 3 bulan.

Apa Saja Sih Ketentuan untuk Daftar MAECI?

Nah, buat kamu yang mau mendaftar beasiswa ini, pastikan kalau kamu memiliki ketentuan akademik yang sesuai dengan kualifikasi untuk bisa masuk ke institusi atau universitas di Italia. Lalu buat kamu yang mau mendaftar untuk program Master atau AFAM, pastikan kamu tidak berusia tidak lebih dari 28 tahun sedangkan untuk program PhD, pastikan kamu berusia tidak lebih dari 30 tahun.

Selain itu, buat kamu yang mau mendaftar untuk program studi dengan bahasa pengantar yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris, maka kamu harus menyertakan sertifikat tes bahasa Inggrismu dengan minimum level B2 sesuai standar Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Sedangkan kalau kamu mengambil program yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Italia, maka kamu harus menyertakan bukti kemampuan bahasa Italiamu dengan minimum level A2 sesuai standar CEFR.


Seperti apa sih kehidupan dan kebiasaan orang-orang di Italia? Yuk kenalan dengan Tradisi Dolce far Niente a la Italia


Beasiswa Ini Mencakup Apa Saja?

Kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, maka seluruh biaya pendaftaran dan biaya kuliahmu selama di Italia akan ditanggung sesuai dengan kebijakan dari universitas atau institusi tempat kamu mendaftar.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tanggungan kesehatan dan asuransi kecelakaan selama proses studimu disana. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan tanggungan untuk biaya hidup selama disana sebesar 900 EUR per bulan.

Pendaftaran untuk beasiswa MAECI tahun ini memang belum dibuka, tetapi biasanya tenggat waktu pengumpulan pendaftaran beasiswa ini berakhir di akhir bulan April.

Nah, masih ada kesempatan sekarang buat kamu untuk mempersiapkan dokumen dan persyaratan pendaftaran beasiswa ini. Kamu wajib pantau terus situs ini agar tidak ketinggalan saat pendaftarannya sudah dibuka.

Yuk persiapkan dirimu sekarang dan gapai mimpimu kuliah di Italia!


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Italia, klik di sini.