Language

6 Hal yang Perlu dilakukan di Minggu Pertama Kuliah

Last updated on 15 Nov 2019
6 Hal yang Perlu dilakukan di Minggu Pertama Kuliah

Artikel2.jpg Sumber: flickr.com

Oleh Nurchalimah

Saat kuliah di luar negeri, perbedaan sistem ataupun kurikulum seringkali membingungkan bagi mahasiswa baru dari Indonesia. Apakah kalian termasuk salah satunya?

Yuk kita lihat apa saja yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya di minggu pertama kuliah.

1. Hadiri Acara Kampus

Penting untuk mengikuti setiap acara kampus khususnya di minggu pertama kalian masuk kuliah. Jangan mengucilkan diri apalagi menutup diri. Terbukalah dan pastikan untuk ramah terhadap siapapun yang kalian temui di acara kampus. Selain bisa bertemu teman baru, kalian juga bisa mengenal beberapa staff kampus dan juga dosen yang ikut acara tersebut.

2. Jangan Membolos

Ikutilah setiap kelas yang kalian ambil. Ingat ada begitu banyak perjuangan untuk bisa masuk ke dalam sebuah universitas mulai dari biaya hingga nilai akademik. Kalian juga harus menyadari bahwa universitas dan SMA adalah dua hal yang berbeda.

Jika dulu di SMA, kalian bisa membolos dan tidak mendapat masalah. Maka saat di universitas sekali saja bolos maka kalian akan tertinggal cukup jauh. Selain itu di universitas, para dosen tidak akan peduli dengan hadir atau tidaknya seorang mahasiswa. Jadi hasil akhir yang kalian peroleh akan setimpal dengan apa yang kalian lakukan.

3. Kenali Dosen dan Materi Pembelajarannya

Tidak setiap dosen dan professor memiliki sikap atau cara mengajar yang sama. Dosen dan guru adalah dua hal yang berbeda lho. Jika di SMA kalian lebih sering berkutat dengan buku maka saat belajar di universitas ada banyak sekali media yang digunakan. Cara setiap dosen dalam memberikan materi juga tidak sama.

Pastikan kalian mengenali setiap dosen atau professor untuk setiap kelas yang kalian ambil. Jika ternyata kalian tidak cocok dengan cara pembelajaran ataupun materi yang diberikan, maka kalian masih memiliki waktu untuk melakukan perubahan kelas ataupun dosen.

4. Perhatikan Kelas dan Jadwal

Expect the unexpected! Meskipun kalian sudah memiliki jadwal dan tahu di mana kelas akan berlanagsung. Tapi suatu hari bisa saja Anda dikejutkan dengan perubahan jadwal dan kelas. Jika hal ini terjadi, kalian mungkin merasa gugup mengingat hasil akhirnya adalah terlambat masuk kelas. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena biasanya para dosen akan sedikit maklum dengan hal ini di awal semester.

Tapi ingat, jika kalian tidak bisa menemukan kelas maka bertanyalah pada bagian akademik untuk mengetahui perubahan kelas atau jadwal yang terjadi. Sebagai antisipasi sebaiknya kalian secara rutin mengecek email atau schedule online untuk mengetahui perubahan mendadak yang mungkin terjadi. Berangkat lebih pagi untuk antisipasi perubahan jadwal atau menghindari terlambat masuk sangat baik untuk dilakukan khususnya di minggu pertama.

5. Kenali Teman Sebanyak Mungkin

Untuk bisa bertahan di tahun pertama, kalian jelas tidak bisa berjalan sendirian kan? Nah manfaatkan minggu pertama di awal semester untuk bersosialisasi. Tidak hanya teman sekamar di asrama, kenali juga teman-teman sekelas di setiap mata kuliah yang kalian ambil. Kalian tidak harus menyukai atau hang out bersama mereka semua. Tapi setidaknya kenali mereka dan bina hubungan yang baik agar kalian tidak akan mengalami kesulitan.

6. Ikuti Beberapa Klub

Ikutilah mengikuti segala aktivitas kampus termasuk bergabung dengan klub. Kalian tidak harus langsung memilih satu klub. Tapi sebaliknya, di minggu pertama awal semester kalian bisa mengikuti semua pertemuan klub.

Biasanya setiap klub akan mengadakan pertemuan dengan tujuan pengenalan. Ikuti kegiatan ini dan lihat klub mana yang kalian rasa cocok. Dengan mengikuti lebih dari satu pertemuan, tidak hanya membantu kalian untuk menentukan klub yang cocok tapi juga bisa menambah teman lho.

Semoga bermanfaat!