Media
Language

Day 2 Overview: Webinar Series “Study in Germany”

Last updated on 19 Dec 2018

DAAD_Webinar_VisualAssets_FB2_#2.jpg

Oleh Nurchalimah

Kalian berencana untuk melanjutkan kuliah ke Jerman atau mungkin kalian sedang mencari negara dan universitas yang potensial sebagai tempat studi? Jangan lewatkan Webinar Series "Study in Germany” yang diadakan oleh DAAD. Event ini akan digelar selama 3 hari berturut yaitu tanggal 20, 21 dan 23 Maret 2018 dengan partisipan sekitar 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman. Ini bisa menjadi kesempatan besar untuk kalian, mengingat pada seminar online ini pihak universitas dan institusi pendidikan akan melakukan presentasi online yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kamu tertarik? Untuk REGISTRASI klik di sini!


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Webinar series (seminar online) “Study in Germany” di hari kedua yang berlangsung tanggal 21 Maret 2018 pukul 15.00-18.00 WIB ini fokus pada bidang engineering. Pada hari kedua total ada 6 presentasi yang akan dihadirkan, di mana 1 presentasi dari DAAD dan 5 presentasi lain dari universitas dan institusi pendidikan di Jerman. Total ada 5 universitas dan institusi pendidikan yang menjadi partisipan di hari kedua yaitu The FaDaF e.V., Offenburg University, RWTH Aachen University, UAS Esslingen – Graduate School dan HTW Saar.

Presentasi pertama akan dilakukan oleh DAAD yang akan mengulas tentang berbagai informasi mengenai kuliah dan beasiswa di Jerman. Kemudian para alumni juga akan membagikan pengalamannya selama menempuh pendidikan di Jerman, termasuk pengalaman mendapatkan akomodasi, cara memulai kegiatan di kampus, bersosialisasi dan lain sebagainya.

Presentasi kedua akan dilakukan oleh The FaDaF e.V. dengan topik kursus bahasa Jerman. Jadi Konsorsium The FaDaF e.V. sendiri terdiri dari 8 institusi bahasa yang menawarkan kursus bahasa Jerman dan layanan yang berkaitan lainnya. Kalian yang berminat mempelajari bahasa Jerman untuk studi ataupun bekerja bisa bergabung dengan kursus-kursus yang tersedia seperti intensive German courses, German summer courses, Technical German courses, German Examination dan Prestudy programmes.

Universitas selanjutnya adalah Offenburg University. Kalian yang ingin kuliah di Jerman tapi tetap menggunakan pengantar bahasa Inggris, maka kalian bisa memilih Offenburg Univeristy. Ada beberapa program master internasional yang ditawarkan oleh Offenburg University seperti Communication and Media Engineering, Energy Conversion and Management, Process Engineering, Power and Data Engineering dan International Bussiness Consulting (MBA).

Beberapa program studi engineering yang tersedia di Offenburg University adalah Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Process Engineering, Energy Engineering, Media Engineering, Chemical Engineering dan Environmental Engineering.


Ingin kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa LPDP? Info lengkap mengenai program-program Beasiswa LPDP, klik di sini.


Presentasi selanjutnya akan dilakukan oleh RWTH Aachen University yang merupakan universitas teknologi terbesar di Jerman dan salah satu yang paling terkenal di Eropa. Universitas ini setiap tahunnya menerima banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk mencicipi pendidikan berkualitas dan fasilitas terbaik dari sebuah kampus. Total 20% dari keseluruhan mahasiswa adalah mahasiswa internasional. Pada akhirnya RWTH Aachen selalu menghasilkan lulusan-lulusan dengan skill terbaik untuk pasar kerja global. Dengan total 260 institut dalam 9 fakultas, RWTH Aachen ada di deretan depan untuk institusi yang memimpin di bidang riset dan sains.

Sebagai universitas yang fokus pada engineering, RWTH Aachen juga mengaitkan engineering dengan natural sciences dan medicine. RWTH Aachen menawarkan beberapa bidang studi seperti Electrical Engineering, Civil Engineering, Mechanical Engineering, Materials Engineering, Matematika, Ilmu Komputer, Natural Sciences, Arsitektur, Bisnis dan Ekonomi, Georesources, Teknologi Informasi, dan Kedokteran.

Presentasi selanjutnya dibawakan oleh UAS Esslingen – Graduate School yang letaknya dekat pusat industri di Stuttgart. Wilayah industri ini penuh dengan brand-brand ternama seperti Porsche, EY, Bosch hingga Daimler. Letak kampus yang tidak jauh dari pusat industri membuat lulusan dari kampus ini memiliki jaminan karir yang cukup bagus lho. Institusi pendidikan yang satu ini menawarkan berbagai program yang menarik seperti Manajemen Industri, Teknik Otomotif, Mechanical Engineering, Mechatronics hingga Manajemen.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Universitas terakhir yang akan melakukan presentasi adalah HTW Saar. Kamu bisa menikmati pengalaman belajar di kampus yang memiliki lingkungan aman dan tepat berada di tengah jantung Eropa lho. HTW Saar menawarkan berbagai program khusus seperti Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Teknik Otomotif, Biomedical Engineering, Renewable Energy dan Ilmu Komputer.

Nah, jika kalian tertarik untuk bergabung dengan universitas-universitas di atas, jangan ragu untuk mengikuti Webinar Series "Study in Germany” di hari kedua ya. Pastikan kamu sudah menyiapkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan kepada perwakilan tiap universitas. Untuk registrasi, klik di sini.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.