Media
Language

Universitas Paling Populer Untuk Mahasiswa Internasional di Jerman

Last updated on 17 Jul 2019

Artikel 19 Feb 2018.jpg

Photo by Zachary Nelson on Unsplash

Oleh Nurchalimah

Jerman menjadi salah satu negara di Eropa yang populer di kalangan mahasiswa internasional. Selain kualitas pendidikan yang bagus, Jerman menjadi salah satu negara yang memang ramah terhadap mahasiswa internasional.


Punya pertanyaan seputar kuliah di Jerman? Yuk, ikuti Webinar "Study in Germany"! Untuk informasi mengenai registrasi dan detail lainnya, klik di sini.


Kamu berminat kuliah di Jerman? Berikut ini ada beberapa universitas populer untuk mahasiswa internasional di Jerman:

Freie University of Berlin

Universitas yang menduduki ranking 88 sebagai universitas terbaik di dunia versi THE ini bisa dibilang sangat populer di kalangan mahasiswa internasional. Freie University of Berlin menargetkan 1/3 dari total mahasiswanya merupakan mahasiswa internasional. Sebagai informasi saja, universitas ini cukup kuat di bidang Art and Humanities dan Social Sciences. Bahkan di tahun 2015 lalu menurut THE, Art and Humanities di Freie University of Berlin menduduki peringkat pertama untuk wilayah Jerman lho.

Selain itu Freie University of Berlin juga memiliki kantor cabang di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Belgia, Rusia, China, Mesir dan juga India. Hal ini membuat universitas semakin mudah menarik minat mahasiswa internasional.


Baca juga: Daftar beasiswa untuk Kuliah ke Jerman dan Daftar universitas di Jerman


Humbolt University of Berlin

Jumlah mahasiswa asing di salah satu universitas tertua di Jerman ini berada di persentase yang cukup besar yaitu lebih dari 10% (dari total mahasiswa). Universitas ini menduduki peringkat ke-62 sebagai universitas terbaik di dunia menurut ranking THE.

Kamu yang memiliki minat tinggi dalam riset sains sangat disarankan untuk apply ke Humbolt University of Berlin. Hal ini karena Humbolt University of Berlin merupakan salah satu universitas yang fokus terhadap riset khususnya di bidang sejarah sains, ekonomi kuantitatif dan Climate and Sustainability .

Technical University of Munich

Munich menjadi salah satu kota di Jerman yang kaya akan sejarah dan budaya. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi mahasiswa internasional. Di luar itu semua, Munich juga memiliki Techical University of Munich yang populer di kalangan mahasiswa internasional. Universitas ini menduduki peringkat ke 41 sebagai universitas terbaik di dunia menurut ranking THE. Sekitar 16% dari total mahasiswa di universitas ini merupakan mahasiswa internasional.

Technical University of Munich memiliki kekuatan di bidang riset dan teknik yang bekerja sama dengan universitas terkenal lain seperti Stanford, Cornell, Georgia Tech dan lain sebagainya.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Jerman


University of Freiburg

Sekitar 16% dari total mahasiswa University of Freiburg berasal dari 120 negara di luar Jerman. Hal ini jelas menjadi salah satu bukti bahwa cukup banyak mahasiswa internasional yang memilih untuk melanjutkan studi di universitas yang terletak di Baden-Wurttemberg ini.

Salah satu faktor yang mampu menarik minat mahasiswa internasional adalah Program Studi Global yang ditawarkan oleh pihak universitas. Jadi program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil program master. Sebagai informasi, program ini diberikan dengan bahasa pengantar bahasa inggris.

Selain itu, penawaran berupa kursus intensive bahasa Jerman yang dilakukan di Pusat Pengajaran Bahasa saat libur semester juga menjadi daya tarik sendiri.

Ludwig Maximilian University

Bersama dengan Technical University of Munich dan Heidelberg University, Ludwig Maximilian University juga bersaing menjadi yang terbaik di Jerman. Universitas ini berada di peringkat 34 sebagai universitas terbaik di dunia versi THE. Total sekitar 16% dari seluruh mahasiswa di universitas ini merupakan mahasiswa asing. Ludwig Maximilian University juga menawarkan lebih dari 100 mata kuliah untuk kamu.

Selain itu untuk semakin menarik minat mahasiswa asing, pihak universitas juga meningkatkan jumlah kelas dalam bahasa inggris khususnya untuk bidang bisnis, manajemen, psikologi dan fisika.


Ingin kuliah ke Jerman dengan Beasiswa LPDP? Dapatkan informasi mengenai Beasiswa LPDP di sini.


Selain lima universitas di atas, masih ada beberapa universitas lain yang cukup populer di kalangan mahasiswa internasional seperti Heidelberg University, University of Bamberg, Schiller International University, Hochschule Furtwangen University, Leuphana University Luneburg, Goethe University Frankurt, University of Leipzig dan Karlsruhe Institute of Technology (KIT).

Mana universitas pilihan kamu?


Informasi lebih lanjut tentang kuliah di Jerman, klik di sini.