Media
Language

5 Tips Buat Kamu yang Sedang Belajar Bahasa Jerman

Last updated on 20 Sep 2019

IMG_0999.PNG

Oleh Kristantinova

Mempelajari bahasa asing memang menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin studi ke luar negeri. Apalagi jika negara yang kamu tuju tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka. Jerman merupakan salah satu negara yang paling banyak dituju murid-murid internasional.

Apa kamu salah satu orang yang berencana untuk studi ke Jerman? Jika ya, apa kamu sudah belajar bahasa Jerman sedikit sedikit dari sekarang?

Banyak orang bilang bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari.

Faktanya, dibandingkan dengan beberapa bahasa lain seperti bahasa Mandarin atau Jepang, bahasa Jerman jauh lebih mudah dipelajari loh.

Jadi, jangan terlanjur takut dan minder duluan ya untuk mulai belajar bahasa Jerman.


Ingin tahu cara mendapatkan beasiswa di Jerman? Klik di sini!


Hal yang harus kamu ingat adalah dengan menguasai bahasa Jerman, aktivitas sehari-harimu selama studi di Jerman akan jauh lebih mudah karena kamu bisa berkomunikasi dengan masyarakat lokal sekitar menggunakan bahasa mereka.

Buat kamu yang tertarik untuk belajar bahasa Jerman, kami punya tipsnya nih untuk kamu.

1. Temukan alasan utamamu belajar bahasa Jerman

Sebelum memikirkan materi apa yang harus pertama-tama dipelajari, metode pembelajaran seperti apa yang harus digunakan, kamu harus memikirkan terlebih dahulu alasan utama mengapa kamu ingin menguasai bahasa Jerman.

Percaya atau tidak, hal ini akan memengaruhi proses belajar kamu. Ketika kamu punya alasan yang kuat untuk bisa menguasai bahasa Jerman, maka proses selanjutnya akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang ingin menguasai bahasa Jerman supaya bisa melanjutkan studi di Jerman dengan lebih mudah, ada yang supaya bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan Jerman, ada yang ingin pergi jalan-jalan ke Jerman dan ingin bisa berinteraksi dengan warga lokal menggunakan bahasa Jerman, atau ada yang ingin lebih mendalami budaya dan sastra Jerman.

Ada banyak alasan yang bisa menjadi alasan utamamu untuk menguasai bahasa Jerman. Nah, pertama-tama kamu harus temukan dulu apa nih alasan utamamu.

2. Menyadari kalau bahasa Jerman tidak sesulit yang dipikirkan

Banyak orang mungkin terlanjur menakut-nakutimu kalau bahasa Jerman itu sulit untuk dikuasai.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan berbagai bahasa lain yang ada di dunia, bahasa Jerman tergolong bahasa yang mudah untuk dipelajari.

Hal ini yang harus kamu tanamkan dalam pikiranmu. Ketika kamu dari awal sudah berpikir hal ini susah, maka proses belajarmu akan menjadi susah.

Dalam bahasa Jerman, kamu tidak perlu menggunakan nada seperti dalam bahasa Mandarin. Dalam bahasa Mandarin, apabila kamu salah menggunakan nada maka makna dari kata tersebut bisa jadi berbeda. Kedua, dalam bahasa Jerman ada banyak huruf yang sama dengan bahasa Inggris sehingga kamu sudah lebih familiar. Ketiga, kebanyakan kata dalam bahasa Jerman diucapkan sama persis dengan tulisannya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya karena bahasa Jerman tidak sesulit yang kamu pikirkan kok.


Apa saja sih kebiasan orang Jerman? Seperti apa rasanya tinggal di Jerman? Baca pengalaman Maya Safira di sini!


3. Ciptakan suasana Jerman versi mini di sekitarmu

Kamu tidak perlu terbang langsung ke Jerman untuk benar-benar bisa merasakan suasana belajar bahasa Jerman yang pas.

Kamu bisa menciptakan suasana rasa Jerman di rumah dan sekitarmu dengan mengatur gadget-mu (HP, laptop, komputer) menjadi multi bahasa dengan bahasa Jerman sebagai salah satu pilihannya. Dengan begitu, kamu akan sedikit banyak terbiasa dengan bahasa Jerman.

Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak menonton film atau acara TV Jerman. Kamu bisa menemukan perbendaharaan kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari melalui film dan acara TV.

Untuk menguasai perbendaharaan kata yang lebih formal dan baku, kamu bisa perbanyak membaca berita lokal berbahasa Jerman.

4. Cari teman belajar dan komunitas belajar bahasa Jerman

Mencari koneksi dengan orang-orang yang juga sedang belajar bahasa Jerman dapat membantumu dalam proses pembelajaran. Kamu bisa belajar banyak dari mereka yang sudah lebih dulu belajar dan berlatih percakapan dengan mereka.

Akan lebih bagus jika kamu bisa berteman dengan orang-orang Jerman sehingga kamu benar-benar ‘dipaksa’ untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman.

Mencari teman dan berlatih bersama sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa. Kamu tidak bisa hanya mempelajari kosakata, tata bahasa, pelafalan, tanpa menerapkannya dalam percakapan.


Baca juga: Kisah sukses B.J. Habibie Kuliah di Jerman


5. Mencari language hacks untuk memudahkanmu menghafal

Ada beberapa hacks yang bisa kamu terapkan dalam proses belajar bahasa Jermanmu.

Pertama, Spaced Repetition Systems (SRS). SRS bisa menjadi metode yang bagus untuk menghafalkan kata-kata baru. Kedua, kamu juga bisa menggunakan teknik Mnemonic untuk mengingat kata-kata dalam bahasa Jerman yang sulit kamu hafal.

Nah, itu tadi beberapa tips buat kamu yang mau belajar bahasa Jerman. Mudah kan?


Dapatkan panduan lengkap belajar bahasa Jerman di sini!