Study in Czech Republic

Study in Czech Republic

Last edited on 28 Jun 2022
Language





Selamat datang di Republik Ceko!

Republik Ceko terletak di jantung kota Eropa, memiliki alam yang unik dan kaya budaya. Luas keseluruhan negara ini adalah 78.866 km2 dengan populasi penduduk sekitar 10.4 juta jiwa. Republik  Ceko berbatasan dengan Jerman, Polandia, Austria dan Republik Slowakia – beribukotakan Prague. Merupakan negara demokrasi parlementer dan telah menjadi anggita Uni Eropa sejak tahun 2004. Republik Ceko masa kini dikenal dengan riset ilmiah dan pembangunannya. Pada beberapa decade terakhir, Ceko banyak melakukan penemuan dan inovasi ilmiah, dan mengembangkan prosedur inovatif pada beberapa aspek, termasuk: pengobatan HIV dan Hepatitis B, Riset Radiasi Gamma dan pengembangan Memrec – komputer yang dapat dikendalikan melalui pergerakan mata – oleh para ilmuwan di Institut Teknik Ceko.

Sistem pendidikan Ceko diperhitungkan sebagai salah satu yang terbaik oleh Program for International Student Assessment (PISA) – Badan Penilaian Program Pelajar Asing . Sebagai tambahan, Lembaga pendidikan tinggi Ceko menawarkan berbagai macam program kuliah dalam bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya yang dirancang khusus untuk pelajar internasional. Faktanya, terdapat lebih dari 3.000 pelajar internasional memilih untuk belajar di Republik Ceko setiap tahun, baik sebagai peserta program pertukaran pelajar ataupun mahasiswa lepas.

Kini, terjadi lonjakan peminat internasional untuk belajar di Republik Ceko, tercatat lebih dari 39.000 mahasiswa manca negara aktif mengikuti perkuliahan. Berdasarkan data statistik Uni Eropa yang diumumkan pada tahun 2014, negara ini berada di peringkat ke 12 tujuan paling diminati di Eropa dalam program pelajar Erasmus. Tentu saja ada banyak sebab mereka memilih untuk belajar di Republik Ceko: universitas – universitas unggulan, biaya pendidikan dan biaya hidup yang terjangkau dan kehidupan budaya yang bersemangat.


Sistem pendidikan tinggi

Pendidikan tinggi di Ceko berasal dari 600 tahun silam. Pada tahun 1348 Kaisar Charles IV mendirikan sebuah universitas di Prague, yang merupakan lembaga akademik tertua di Eropa tengah – kini di kenal sebagai Universitas Charles. Sekarang sistem pendidikan tinggi di Ceko terdiri atas 26  perguruan tinggi umum, 2 di negara bagian dan 45 lembaga swasta, yang memiliki hampir 40.000 mahasiswa asing. Sejumlah besar mahasiswa tersebut berasal dari negara tetangga, Slowakia. Lembaga pendidikan tinggi mempengaruhi sistem pendidikan tinggi di Ceko. Menawarkan tiga tingkat program kuliah terakreditasi : Sarjana, Pasca sarjana dan Doktoral. Bahasa pengantar utama adalah bahasa Ceko, namun untuk memenuhi kebutuhan pelajar internasional, program yang menggunakan bahasa asing (terutama bahasa Inggris) terus diperluas.

Universities in Czech Republic