Media
Language

Kuliah Berkualitas dengan Biaya Terjangkau di Ceko

Last updated on 16 Sep 2019

photo-1458150945447-7fb764c11a92.jpeg Photo by Rodrigo Ardilha via Unsplash

Oleh Yuli S.

Republik Ceko adalah negara yang terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan Polandia, Austria, Jerman dan Slowakia. Bila kalian berminat untuk melanjutkan studi ke Eropa, kalian bisa melirik pilihan untuk berkuliah di Ceko.

Untuk kalian ketahui, cukup banyak mahasiswa internasional yang berkuliah di Republik Ceko.

Untuk tahu lebih dalam kenapa Ceko adalah pilihan yang negara yang bagus untuk melanjutkan studi kamu di Eropa, yuk kita simak fakta-fakta di bawah ini:

Fakta-fakta penting untuk kuliah di Ceko:


Untuk daftar lengkap universitas di Republik Ceko, klik di sini.


1. Sistem edukasi yang baik

Republik Ceko mendapat reputasi yang baik di bidang edukasi. Di negara ini terdapat Charles University in Praque, yang terletak di Praha dan dibangun pada tahun 1348, dan merupakan universitas tertua yang ada di Eropa Tengah. Di Ceko terdapat program-program studi yang mendapatkan reputasi baik dan juga menjadi favorit jurusan yang diambil mahasiswa yakni program studi Science, Engineering dan Medicine. Sistem edukasi di Ceko juga termonitor dengan baik oleh Kementrian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Republik Ceko dan The Accreditation Commision.

2. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

Biaya kuliah di Ceko tidak semahal di negara-negara Eropa lainnya. Uang sekolah untuk jurusan program studi dengan bahasa pengantar Inggris di universitas swasta maupun publik dimulai dari 1000 Euro per semester. Selain itu biaya akomodasi, makanan dan transportasi juga relatif lebih murah jauh dibandingkan negara-negara lain di Eropa. Biaya hidup yang dikeluarkan mahasiswa di Ceko per bulan rata-rata berkisar antara 300-700 Euro yang meliputi akomodasi, makan, transportasi lokal, dan internet.

3. Pengantar bahasa Inggris di mata kuliah

Sekarang ini sudah banyak mata kuliah yang diberikan menggunakan pengantar bahasa Inggris. Dengan adanya pengantar bahasa Inggris ini, semakin banyak mahasiswa internasional datang dan berkuliah di Ceko. Sekarang ini terdapat kurang lebih 40.000 mahasiswa internasional yang belajar di Ceko.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Republik Ceko.


4. Kecantikan kota dan kehidupan pelajar yang menyenangkan

Ceko dengan posisi geografisnya sangat strategis terletak di tengah-tengah benua Eropa menjadikan negara ini kaya dengan kebudayaan nya yang beragam. Di Praha yang merupakan ibu kota Ceko, terlihat banyak bangunan-bangunan dengan arsitektur yang sangat indah menawan. Ceko banyak dipengaruhi kebudayaan Jerman dan Yahudi. Sangat menarik bagi kalian sebagai pelajar untuk mengetahui kebudayaan negara lain sambil menikmati kehidupan di sana.

5. Tingkat keamanan yang tinggi

Berada di tengah-tengah benua Eropa, posisi negara Ceko strategis dan mudah diakses dari negara-negara sekitarnya. Tingkat keamanan di negara Ceko baik, bahkan menurut survey Global Peace Index tahun 2017, negara Ceko menempati urutan ke 6 sebagai negara dengan dengan tingkat keamanan yang baik di dunia.

Setelah mengetahui fakta-fakta penting di atas, pastinya kalian tertarik kan untuk berkuliah di Ceko? Persiapkan persyaratannya dengan baik ya!


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Republik Ceko, klik di sini.