Language

7 Alasan Untuk Studi ke Republik Ceko

Last updated on 14 Dec 2019
7 Alasan Untuk Studi ke Republik Ceko

IMG_1498.PNG

Oleh Kristantinova

Ingin mendapatkan pengalaman studi ke Eropa di negara yang beda daripada yang lain serta kaya akan budaya dan sejarah?

Republik Ceko bisa masuk ke dalam daftar pertimbanganmu nih.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak murid-murid internasional memilih negara ini untuk melanjutkan studi mereka.

Kamu bisa kuliah di Ceko dengan beasiswa Erasmus+ loh! Cek info lengkapnya di sini.


1. Salah Satu Negara dengan Sistem Edukasi Terdepan di Eropa

Kualitas dan tradisi pendidikan di Ceko telah dikenal dan diakui oleh dunia, apalagi jika kamu ingin melanjutkan studi di bidang sains, teknik, dan kedokteran.

Hal ini didukung oleh statistik Uni-Eropa dimana Republik Ceko masuk ke dalam daftar 12 destinasi studi populer murid Erasmus di Eropa.

Charles University yang berlokasi di Praha didirikan pada tahun 1348 dan menjadikannya universitas tertua yang ada di Eropa Tengah menjadi salah satu bukti bahwa sistem edukasi di Ceko telah terstruktur dengan baik dari ratusan tahun yang lalu.

Selain itu, Ceko juga memiliki badan akreditasi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan disana untuk mengevaluasi kualitas pendidikan universitas-universitas yang ada di Ceko.

2. Biaya Pendidikan Gratis dan Terjangkau

Ini yang menjadi nilai plus Republik Ceko yang jarang dimiliki oleh negara lain di Eropa.

Darimana pun asalmu, apabila kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke universitas negeri di Ceko, uang kuliahmu akan ditanggung oleh negara.

Sudah menjadi peraturan dan hukum di Ceko bahwa uang kuliah gratis berlaku untuk siapa saja yang studi di universitas Ceko dengan bahasa pengantar bahasa Ceko.

Jadi, apabila kamu memutuskan untuk studi ke Ceko, kamu hanya perlu membayar uang pendaftaran saja, kecuali kamu memutuskan untuk memperpanjang masa studimu diluar batas durasi yang telah ditetapkan, kamu berpindah jurusan, atau kamu memilih untuk studi dengan bahasa pengantar selain bahasa Ceko.

Meskipun kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke universitas swasta, biaya kuliah yang ditetapkan oleh universitas tersebut pun jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Jika dirata-rata, biaya pendidikan di universitas swasta di Ceko berkisar di angka 1,750 hingga 13,000 EUR per tahunnya, tergantung jurusan dan universitas yang kamu pilih.

3. Negara yang Aman untuk Pelajar

Menurut data yang dipublikasikan Global Peace Index 2018, Republik Ceko menempati posisi ke delapan sebagai negara paling aman di dunia.

Hal ini dinilai dari berbagai faktor, mulai dari tingkat kriminalitas, teror, dan angka kematian akibat konflik dalam suatu negara.

Jadi, buat kamu yang ingin studi di Ceko, dipastikan kamu bisa belajar dengan aman di tengah-tengah lingkungan masyarakatnya.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk kuliah di Ceko


4. Lokasi yang Strategis

Lokasi geografi Republik Ceko terbilang strategis.

Kamu bisa dengan mudah mengunjungi negara-negara lain seperti Austria, Jerman, Polandia, Slovakia, Swiss, Hongaria, dan Italia.

Selain itu, negara Ceko sendiri memiliki banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi.

5. Biaya Hidup yang Relatif Rendah

Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup di Ceko juga lebih rendah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.

Secara garis besar, biaya hidup yang mencakup makan, akomodasi, dan transportasi, berkisar di angka 300 hingga 650 EUR per bulannya. Tapi tentunya angka ini bergantung pada gaya hidup yang kamu jalani selama studi disana ya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan International Student Identity Card (ISIC) mu, yang merupakan kartu untuk pelajar internasional yang berkuliah di Eropa, dimana kamu bisa mendapatkan banyak potongan harga dan harga khusus pelajar di berbagai tempat.

6. Kekayaan Budaya yang Menarik Ditelusuri

Berlokasi di tengah-tengah Eropa, Republik Ceko merupakan negara yang memiliki banyak budaya dari asal yang berbeda-beda.

Kamu bisa menemukan banyak tanda sejarah dari komunitas Jerman, Yahudi, dan Slavia di sepanjang lingkungan Ceko.

Mengunjungi museum dan gereja-gereja juga menarik karena kekayaan sejarah di dalamnya.

7. Keberagaman dalam Lingkungan Pendidikan

Seiring dengan bertambahnya jurusan-jurusan yang menggunakan bahasa pengantar asing, terutama bahasa Inggris, semakin banyak murid internasional yang studi ke Republik Ceko.

Selain itu, universitas di Ceko juga banyak menjalin hubungan kerja sama dengan negara Uni-Eropa lainnya sehingga keberagaman murid di negara ini semakin terlihat. Berdasarkan data saat ini, kurang lebih ada 37,000 murid dari luar Ceko yang sedang belajar di negara ini.


Untuk daftar universitas di Ceko, klik di sini.


Nah, buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Republik Ceko, kami punya beberapa daftar universitas yang ada di Ceko nih.

Beberapa universitas ini masuk ke dalam daftar QS World University Rankings 2019 loh.

Siapa tahu tahun ini atau tahun depan kamu akan melanjutkan studi di salah satu universitas ini.

1. Charles University

Universitas ini tadi sudah sempat disinggung diatas sebagai universitas tertua yang ada di Eropa Tengah.

Universitas ini menempati posisi ke 3 dalam QS EECA Rankings (Emerging Europe and Central Asia Rankings).

Universitas terbesar di Ceko ini memiliki 17 fakultas dengan total 49,200 murid di dalamnya dan 7,000 diantaranya adalah murid internasional.

Universitas ini masuk ke dalam daftar universitas favorit yang dipilih oleh murid internasional karena banyaknya program-program yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dan banyaknya kerjasama dengan universitas dari negara-negara lain.

Berlokasi di Praha, universitas ini berdekatan juga dengan banyak tempat-tempat populer yang banyak dikunjungi turis saat berlibur ke Praha.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Charles University, klik di sini.

2. Czech Technical University in Prague

Berlokasi di Praha, universitas ini didirikan pada tahun 1707 dan juga masuk ke dalam daftar universitas tertua dan terbesar di Ceko.

Universitas ini menempati posisi ke 9 dalam daftar QS EECA Rankings.

Universitas ini memiliki 8 fakultas dan menawarkan lebih dari 100 program studi yang berfokus di bidang teknik.

Saat ini ada kurang lebih 24,000 murid yang sedang belajar disana dan 3,000 diantaranya berasal dari luar negara Ceko.

Salah satu alumni terkenal yang dimiliki oleh universitas ini adalah fisikawan dan matematikawan asal Austria, Christian Doppler, yang kemudian namanya dipakai untuk istilah efek Doppler.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Czech Technical University, klik di sini.

3. Masaryk University

Masaryk University didirikan pada tahun 1909 dan merupakan anggota dari Compostela Group of Universities dan Utrecht Network.

Saat ini Masaryk menempati posisi ke 11 di QS EECA Rankings.

Univesitas ini memiliki lebih dari 36,000 murid di dalamnya dan 7,000 diantaranya adalah murid internasional.

Masaryk memiliki 9 fakultas dengan program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris dan Jerman sehingga banyak murid internasional yang memutuskan studi disana.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Masaryk University, klik di sini.

Butuh informasi mengenai kuliah di Ceko? Klik di sini!