Media
Language

Ingin Mahir Berakting? Ini 5 Kampus Untuk Jurusan Akting di Eropa

Last updated on 17 Sep 2019

IMG_0951.PNG

Oleh Erzawansyah

Sebuah seni akting di atas pentas pertunjukkan membutuhkan keahlian khusus.

Passion saja tidak cukup, karena keterampilan dan kreativitas harus benar-benar diasah dan dipelajari di tempat yang tepat.

Berkecimpung dalam dunia akting merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kamu yang suka seni drama. Akting adalah seni yang meibatkan banyak aspek di dalam diri yang harus ditonjolkan. Mulai dari gerak tubuh, ekspresi wajah, dan cara berbicara yang lugas.

Mempelajari seni akting harus direncanakan secara bertahap, konsisten dengan diiringi kerja keras. Dalam bekerja keras tentu membutuhkan tempat yang tepat.

Seperti kisah aktris Indonesia Kimberly Ryder.

Meskipun ia telah membintangi berbagai film di Indonesia, namun ia masih tetap ingin tampil lebih sempurna dengan menempuh studi akting di Eropa.


*Untuk daftar beasiswa Kuliah di Eropa,*, klik di sini.


Bagi kamu yang ingin menempuh studi akting di Eropa, mari simak penjelasan rekomendasi 5 kampus di Eropa ini!

1. Universität der Künste Berlin, Jerman

Program studi akting di Universität der Künste Berlin ini sangat menarik. Seni akting yang banyak dipelajari adalah seni akting kontemporer. Pendidikan yang dilakukan di sini memiliki prinsip yang kuat dalam memandang seni akting.

Di program studi ini, kesadaran, kebebasan, dan kemerdekaan berpikir menjadi pijakan dasar dalam belajar. Semua bidang aspek pengajaran seperti gerak tubuh, suara, konsep dramaturgi diajarkan dengan penuh toleransi.

Tujuan dari prinsip pengajaran yang diterapkan adalah membentuk aktor yang percaya diri dan penuh kreativitas. Selain program studi akting, di kampus ini juga banyak program studi perfilman yang sangat unggul dalam mencetak aktor-aktor dan artis perfilman. Seperti Nino Fernandez, bintng layar lebar Indonesia juga lulusan dari kampus ini.

Untuk informasi lengkap mengenai kuliah di Universität der Künste Berlin, klik di sini.

Temukan daftar universitas di Eropa, di sini.


2. University of the Arts Helsinki, Finlandia

Kampus ini menyuguhkan pendidikan akting yang kompleks dan mendalam. Mulai dari pelatihan aktor, pelatihan sutradara, dramaturgi, pencahayaan, dan voice designer semuanya ada. Kampus ini tidak dapat diragukan lagi.

Orientasi pendidikan yang diusung memang fokus sebagai kampus seni. Menjadi rujukan kampus seni di eropa, kampus ini menekankan konsep komunal teater. Artinya dalam pendidikan akting, peserta didik dapat mengeksplorasi kepribadian dan identitasnya sebagai anggota tim.

Tujuannya adalah untuk membantu seniman teater membangun jaringan profesional dan untuk mencari bentuk, metode, dan kosa kata baru dalam akting. Selama studi peserta didik dalam praktek pembelajarannya nanti langsung bekerja sama dengan siswa koreografi, tari, desain suara dan pencahayaan, seni sinematik, skenografi, dan desain kostum.

Untuk informasi lengkap mengenai kuliah di University of the Art Helsinki, klik di sini.

3. University of Amsterdam, Belanda

Selain Jerman dan Filandia, Belanda juga memiliki kampus unggulan yang cocok buat kamu yang ingin mengambil pendidikan seputar akting. Di Universitas ini terdapat program Studi Teater (Seni dan Budaya). Di kelas dunia, teater University of Amsterdam cukup terpandang.

Kampus ini menjadi rujukan para seniman akting dan dramaturgi. Berbagai hal materi akan kamu dapatkan. Mulai dari setting teater, kajian seni-budaya, dan tentunya akting. Tidak sekedar teori, praktek lebih ditekankan diimplementasikan di sini. Jemput mimpimu dengan memulai karir di University of Amsterdam!

Untuk informasi lengkap mengenai kuliah di University of Amsterdam, klik di sini.

Untuk info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


4. University of Groningen, Belanda

Kampus ini memiliki Fakultas Seni yang didalamnya terdapat program studi akting. Kamu yang ingin belajar akting dan teater secara menyeluruh, merupakan pilihan yang tepat jika menempuh pendidikan di University of Groningen ini. Mulai dari gaya budaya akting jaman dahulu dan kontemporer bisa kamu pelajari.

Berbagai genre dan aspek spesifik pakan didapatkan. Peserta didik diminta untuk melakukan kerja lapangan berkualitas tinggi dalam berbagai fase studi mereka. Dengan cara ini siswa juga memiliki kesempatan untuk berhubungan dengan sisi praktis dari proses artistik.

Untuk informasi lengkap mengenai kuliah di University of Groningen, klik di sini.

5. EICAR, The International Film and Television School of Paris, Prancis

Kampus yang dikhususkan untuk pendidikan akting ini didirikan pada tahun 1972. EICAR memiliki komitmen untuk mencetak aktor dan tenaga kerja teater professional di industri audio-visual. EICAR melatih peserta didik.

Setiap tahunnya, pembelajaran yang dilakukan adalah dengan membuat 300 karya. Peserta didik benar-benar disiapkan untuk berakting di depan kamera dengan percaya diri dan penuh kreativitas.

Untuk informasi lengkap mengenai kuliah di EICAR, The International Film and Television School of Paris, klik di sini.

Nah, banyak kan di Eropa kampus-kampus yang memiliki konsentrasi di bidang akting?

Selain banyak, juga kualitas pendidikan di sana sangat tidak bisa diragukan. Tunggu apa lagi? Segera jemput mimpimu!


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Eropa, klik di sini.