Media
Language

Negara-Negara Eropa Favorit Pelajar Dunia

Last updated on 18 Nov 2018

IMG_7442 copy.PNG


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Erzawansyah

Globalisasi turut meningkatkan minat pelajar di seluruh dunia untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

Buktinya, dari tahun ke tahun jumlah pelajar internasional di masing-masing negara terus meningkat.

OECD Library dalam publikasi tahun 2013 lalu mengemukakan bahwa dalam rentang waktu 1975 s/d 2011 jumlah pelajar internasional yang terdaftar di luar negara mereka naik hingga lebih dari lima kali lipat. Dari sekian banyak jumlah pelajar internasional, 48% di antaranya berada di Eropa.

Oleh karena itu, sudah tak terbantahkan lagi bahwa Eropa merupakan wilayah tujuan utama bagi pelajar dunia yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negara asal mereka.

Akan tetapi, banyaknya pilihan yang ditawarkan Eropa membuat para pelajar kerap kebingungan untuk memilih negara mana yang akan menjadi tujuan utama mereka. Apalagi dari segi kualitas dan prestasi, lembaga pendidikan di sana sangat kompetitif.

Oleh karena itu artikel ini hadir untuk memberi gambaran kepada kamu tentang negara-negara di Eropa yang menjadi favorit pelajar dari seluruh penjuru dunia.

Beginilah ranking negara-negara Eropa berdasarkan seberapa menarik mereka bagi pelajar internasional, menurut Study EU Country Ranking 2018:

Jerman Tetap Menjadi Negara Teratas

Berdasarkan tiga faktor utama yang menjadi indikator dalam studi kali ini, posisi teratas masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni Jerman. Negara beribukota Berlin itu tetap menjadi negara paling menarik bagi pelajar Internasional. Kemudian, diikuti oleh Inggris di posisi kedua dan Prancis di posisi ketiga.

Ranking secara keseluruhan ditentutkan oleh tiga faktor utama dengan bobot berbeda bagi setiap faktornya.

Adapun ketiga faktor tersebut adalah Pendidikan (45%), mengukur kualitas pendidikan; Biaya (30%), menilai apa yang seharusnya diharapkan siswa untuk membayar biaya hidup dan biaya kuliah; dan Kehidupan dan Karir (25%), mengevaluasi kualitas hidup dan kemungkinan tinggal dan bekerja di negara itu setelah lulus.

Kombinasi dari ketiga faktor tersebut membuat posisi Jerman sebagai negara teratas tidak bergeser dari tahun sebelumnya.Terutama dua faktor pertama, yakni pendidikan dan biaya. Kualitas pendidikan yang sangat diperhitungkan, ditambah biaya pendidikan gratis, membuat Jerman menjadi negara paling diminati oleh pelajar Internasional.

Adapun posisi kedua dipegang oleh Inggris.

Kedudukan Inggris sebagai negara kedua yang paling diminati pelajar internasional,dipengaruhi oleh faktor pendidikan, serta kehidupan dan karir. Dalam dua faktor tersebut, Inggris memiliki skor paling tinggi. Hanya saja, untuk faktor biaya, Inggris berada di urutan ke-30. Ya, biaya hidup dan biaya kuliah di UK adalah yang tertinggi.

Sementara Prancis merupakan ‘pendatang baru’ yang masuk ke dalam tiga besar negara paling diminati.

Posisi ketiga sebelumnya ditempati oleh Belanda. Namun demikian, satu tahun belakangan minat pelajar internasional bergeser ke Prancis. Kualitas pendidikan yang baik, serta biaya yang cukup terjangkau, membuat Prancis menjadi negara ketiga yang paling diminati pelajar internasional.

Polandia pun turut menjadi pendatang baru, di 10 besar negara eropa paling diminati pelajar Internasional.

Ada beberapa faktor yang membuat Polandia menjadi semakin dilirik oleh pelajar internasional. Perbaikan kualitas pendidikan, serta ketersediaan program berbahasa inggris yang semakin besar adalah dua alasan utama mengapa negara ini menjadi cukup diminati. Hal inilah yang menjadikan pertumbuhan jumlah pelajar asing di Polandia berlangsung pesat. Dari hanya sekitar 12 ribu pelajar, menjadi 65 ribu pelajar.

Adapun daftar lengkap 10 perguruan tinggi paling menarik bagi pelajar Internasional, dapat dilihat pada gambar berikut:

[Gambar 1] Country-Ranking-2018-English-Overall-Top-10.png


Dapatkan daftar beasiswa kuliah di Eropa, di sini!


Dari Segi Pendidikan, Inggris Menjadi yang Paling Diminati

Dari segi kualitas pendidikan, Inggris menjadi negara dengan jumlah peminat paling tinggi di antara negara-negara lainnya.

Sebelumnya, posisi teratas ditempati oleh Jerman.

Perhitungan skor untuk faktor pendidikan ini merujuk pada kinerja 800 perguruan tinggi Eropa terbaik berdasarkan kualitas sistem pendidikan yang sudah ada sebelumnya, yakni QS, THE dan ARWU (40%). Kemudian untuk mengetahui seberapa besar minat pelajar internasional, ranking tersebut disandingkan kembali dengan beberapa faktor kualitas pengajaran (40%), serta jumlah program berbahasa Inggris di masing-masing negara (20%).

Maka dari segi pendidikan, lima besar negara yang paling diminati berdasarkan faktor-faktor tersebut ditempati oleh Inggris, Jerman, Belanda, Prancis dan Rusia. Berdasarkan studi ini juga diketahui bahwa faktor pendidikan tersebut membuat minat pelajar internasional untuk menempuh pendidikan di Inggris dan empat negara lainnya, meningkat.

Keempat negara tersebut adalah Prancis (4), Swiss (6), Irlandia (7) dan Spanyol (10).

Adapun daftar lengkap 10 perguruan tinggi paling menarik bagi pelajar Internasional dari segi pendidikan dapat dilihat pada gambar berikut:

[Gambar 2] Country-Ranking-2018-English-Education-Top-10.png


Untuk info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


Untuk Biaya, Polandia, Serbia dan Hungaria adalah 3 Negara yang Paling Diminati

Dari segi biaya, tidak banyak perubahan minat yang terjadi dibandingkan tahun sebelumnya.

Perubahan minat pelajar Internasional dari segi biaya hanya terjadi pada dua negara, yakni Serbia dan Hongaria. Keduanya bertukar posisi. Serbia menjadi urutan kedua dengan biaya paling diminati, sedangkan Hungaria jadi berada di posisi ketiga.

Perhitungan minat pelajar dari segi biaya melibatkan faktor-faktor biaya pendidikan dan biaya hidup, termasuk akomodasi. Kisaran total biaya tahunan pada 10 besar negara paling diminati adalah 7 ribu EUR untuk Polandia (#1) dan 10 ribu EUR untuk Latvia (#10). Sedangkan Inggris, sebagaimana telah disinggung pada bagian awal, berada di urutan terakhir (#30) dengan biaya tahunan berkisar 23 ribu EUR.

Adapun daftar lengkap 10 perguruan tinggi paling menarik bagi pelajar Internasional dari segi biaya dapat dilihat pada gambar berikut:

[Gambar 3] Country-Ranking-2018-English-Cost-Top-10.png


Untuk info lengkap mengenai beasiswa Erasmus+, klik di sini.


Kehidupan dan Karir di Inggris, Menjadi yang Paling Diminati

Lagi-lagi Inggris yang menempati posisi pertama. Kali ini untuk faktor kehidupan karir, yang melibatkan empat faktor utama.

Keempat faktor yang dimaksud adalah penguasaan Bahasa Inggris oleh penduduk lokal (20%), index kebahagiaan dunia di masing-masing negara (25%), tingkat pengangguran (20%) dan faktor keamanan (30%) yang menjadi indikator baru pada tahun ini.

Faktor-faktor tersebut dinilai relevan untuk membantu pelajar internasional menimbang harapan hidup dan kesempatan bekerja di negara bersangkutan.

Hasil studi menunjukkan bahwa selain Inggris yang berada di posisi pertama, Irlandia dan Islandia masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Dapat diketahui pula, bahwa perubahan minat ke arah positif bagi pelajar internasional terhadap kehidupan dan karir di masing-masing negara terjadi di tiga negara, yakni Irlandia, Swedia dan Denmark.

Adapun daftar lengkap 10 perguruan tinggi paling menarik bagi pelajar Internasional dari segi biaya dapat dilihat pada gambar berikut:

[Gambar 4] Country-Ranking-2018-English-Life-and-Career-Top-10.png

Jadi, Apa Negara Pilihanmu?

Berdasarkan penjelasan di atas, kini kamu mendapat gambaran seberapa menarik negara-negara di Eropa bagi pelajar internasional, baik secara keseluruhan, maupun faktor-faktor tertentu. Dengan begitu, kini kamu pun bisa lebih mudah menimbang dan memilih, negara apa yang menjadi tujuanmu.

Jadi, negara mana yang paling kamu minati?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi langsung dari kedutaan negara-negara Eropa mengenai studi di negara tersebut, kamu bisa datang ke EHEF Indonesia 2018. Yuk daftarkan dirimu secara gratis di sini!