Language

LPDP DISERTASI: Beasiswa untuk Mahasiswa S3

Last updated on 10 Dec 2019
LPDP DISERTASI: Beasiswa untuk Mahasiswa S3

IMG_6502.PNG


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Kamu sedang menempuh studi doktor dan membutuhkan dana untuk riset?

LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) memiliki program khusus disertasi yang membantu kamu untuk menyelesaikan program doktor.

Jadi, bagi kamu yang saat ini sedang atau telah mengajukan proposal penelitian dan mengalami kesulitan finansial bisa banget mendaftar dalam program LPDP ini.

Berikut ini ehef.id sajikan serba serbi mengenai beasiswa LPDP Disertasi.


Beasiswa LPDP lainnya: BPI Afirmasi


Beasiswa Disertasi

Beasiswa Disertasi ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menempuh jenjang doktoral, baik di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Disertasi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa doktor (S3) untuk meraih gelar Doctor (Dr) atau PhD (Philosophiae Doctor). Berbeda dengan tesis, disertasi berupaya untuk menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis dari data di lapangan dengan teori yang telah ada.

Maka dari itu, tak jarang banyak mahasiswa S3 membutuhkan bantuan finansial karena biaya riset lapangannya tidak sedikit, belum lagi durasi penelitian. Bagi kamu yang sedang kebingungan untuk melakukan riset lapangan karena permasalahan ini bisa sekalimemanfaatkan beasiswa Disertasi dari LPDP.

Lalu, beasiswa ini bisa diperuntukkan untuk berbagai bidang keilmuan, seperti agama, pendidikan, akuntansi, ekonomi, sosial, budaya, dan keilmuan teknik, sains, pertanian, kedokteran, maupun kesehatan.


Official Website: Beasiswa Disertasi LPDP


Syarat

Tentu saja syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah sedang menyelesaikan disertasi dan juga berstatus sebagai warga negara Indonesia yang sedang studi, baik di dalam atau luar negeri.

Dengan catatan, perguruan tinggi yang memenuhi kriteria menurut LPDP adalah:

  1. Teakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional atau lulusan Kedinasan yang diakui oleh Pemerintah Indonesia;
  2. Perguruan tinggi di luar negeri yang sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan DIKTI, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, atau sudah memiliki kerjasama dengan LPDP.

Nah, kamu juga harus telah menyelesaikan seluruh perkuliahan dan memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5 dalam skala 4.

Bagaimana dengan kamu yang kuliah di luar negeri? Cukup dengan mengkonversi nilai setara 3,5.

Yang harus diperhatikan adalah kamu belum bisa mendaftar Beasiswa Disertasi jika belum dinyatakan lulus ujian atau seminar proposal oleh pimpinan program pascasarjana kamu.

Jadi, jika kamu masih dalam tahap membuat perancangan proposal harap bersabar dulu yah.

Jangan lupakan untuk meminta rekomendasi dari unsur pimpinan pascasarjana atau fakultas karena surat ini syarat mutlak yang harus kamu sertakan ketika mendaftar.

Ada beberapa hal yang mesti kamu buat juga, yaitu rencana penelitian dalam bentuk capaian (milestone) per semester karena kamu ditargetkan harus menyelesaikan disertasi dalam waktu 24 bulan.

Lalu buatlah rencana anggaran belanja untuk penelitian kamu untuk disertakan dalam proses pendaftaran nanti. Pembuatan rencana anggaran ini juga penting untuk melihat seberapa besar biaya yang kamu butuhkan dan memiliki rencana lain jika Beasiswa Disertasi belum bisa menutup keseluruhan pengeluaran.

Seperti halnya dengan beasiswa LPDP lainnya, kamu juga diminta untuk membuat Statement of Purpose sebanyak 1000 kata dan juga esai dengan topik kontribusi untuk masyrakat, lembaga, instansi, profesi, dan komunitas.

Terakhir, pastikan kamu tidak sedang atau akan menerima Beasiswa Disertasi atau beasiswa pendidikan lainnya yang dimana terdapat komponen bantuan riset, baik dari luar negeri dan dalam negeri. Dan juga tidak sedang menerima bantuan beasiswa LPDP lainnya.


Beasiswa LPDP lainnya: BPI Reguler


Jadi, Apa Yang Kamu Tunggu?

Itu dia informasi penting mengenai Beasiswa Disertasi dari LPDP. Apa lagi yang kamu tunggu?

Segera selesaikan proposal penelitian dan ajukan untuk siding agar ketika dinyatakan lulus nanti kamu bisa secepat mungkin mendaftar program Beasiswa Disertasi ini!


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP Disertasi, klik di sini


Bagi kamu yang sedang berencana untuk menempuh studi Doktoral di Eropa jangan lupa untuk datang ke pameran pendidikan terbesar EHEF Indonesia 2018 yang akan diselenggarakan November ini!

Daftarkan dirimu di sini!