Language

Kuliah Terjangkau di Negara Kecil Eropa

Last updated on 13 Dec 2019
Kuliah Terjangkau di Negara Kecil Eropa

project_20190918_143433.jpg

Oleh Olivia Crystalia


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Ingin kuliah di Eropa tapi khawatir akan biaya? Mewujudkan mimpi untuk studi di Eropa bukan berarti kamu harus menjadi mahasiswa kelaparan di negara asing. Meskipun banyak negara yang terkenal mahal seperti Inggris dan Perancis, masih banyak pula negara kecil yang bisa dijadikan pertimbangan. Negara-negara kecil di Eropa cenderung tak hanya memiliki biaya hidup yang lebih rendah, tetapi juga menawarkan pendidikan berkualitas yang terjangkau. Selain itu, kamu akan tetap mendapatkan pengalaman hidup di negeri asing dengan kebudayaan Eropa. Berikut rekomendasi kami buat kamu supaya bisa meraih pendidikan sekaligus menikmati kehidupan di Eropa:

Hongaria

Negara cantik di Eropa Timur ini sangat kaya akan arsitektur dan terkenal sebagai salah satu negara dengan biaya kehidupan yang terjangkau bagi mahasiswa. Terkenal dengan pemandian air panasnya, istana tua dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya, negara kecil ini merupakan tempat di mana mahasiswa bisa santai dan menikmati pemandangan.

Hongaria termasuk bagian dari European Union dan Schengen States, oleh karena itu, kamu akan menerima pendidikan bertaraf Eropa dan juga memiliki akses berpergian ke negara-negara lain di kawasan Schengen selama berkuliah. Gelarmu juga akan lebih dihormati di seluruh negara Eropa. Secara partikuler, Hongaria terkenal akan program medisnya yang ternama.

Biaya kuliah di universitas lokal di sini sekitar €1,000 – 3,000 per tahun sementara biaya kehidupan serendah € 350 – 500 per bulan. Mahasiswa internasional diperbolehkan bekerja di sini dengan upah minimum € 425 per bulan untuk membantu membiayai hidup. Jadi, tidak perlu takut bahwa kamu akan kekurangan di sini.

Finlandia

Siapa yang tidak tertarik untuk berwisata alam di masa kuliah? Dengan kekayaan alamnya yang menawan, kamu bisa sering menikmati udara segar dengan berbagai aktifitas seperti mendaki gunung, bermain ski, snowboarding, dan lain-lain. Bahkan, kamu juga akan berkesempatan untuk melihat peristiwa alam aurora borealis. Tak heran mengapa penduduknya dikenal sebagai penduduk paling bahagia di dunia.

Sistim edukasional Finlandia sudah lama terkenal sangat baik. Finlandia memiliki sejumlah universitas unggulan dan kebanyakan pelajarnya sangat mahir di area problem solving, reading, dan science.

Biaya hidup di sini sekitar € 500 - 800 per bulan. Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang paling sering digunakan di sini setelah bahasa lokalnya yaitu Finnish, sehingga membuka peluang bagi pelajar internasional untuk dapat bekerja di sini selama kuliah.

Lithuania

Memang negara yang satu ini kurang terkenal, tetapi setiap tahunnya kedatangan lebih dari 3000 mahasiswa dari berbagai negara. Lithuania adalah anggota European Union dan NATO, dan salah satu negara paling bilingual dan berpendidikan di Eropa.

Negara ini memiliki beberapa kota pelajar seperti Vilnius, Kaunas dan Klaipėda. Kota-kota tersebut sangat cocok bagimu yang mencari suasana kampus untuk dapat lebih fokus dalam belajar. Lithuania merupakan negara kecil bersuasana tenang dengan pemandangan alam dan arsitektur yang menawan. Salah satu hal yang biasa dilakukan di sini adalah menaiki balon udara. Pengalaman studimu terjamin akan lebih unik daripada bila kamu memutuskan untuk pergi ke negara Eropa lain yang lebih mainstream.

Program mata kuliah berbahasa Inggris di sini berkisar di €1,500 – 3,000 per tahun sementara biaya hidup rata-rata secukup € 120 – 200 per bulan.

Austria

Rumah bagi sejumlah tokoh ternama seperti Amadeus Mozart dan Sigmund Freud, Austria memang negara kecil yang familiar. Kamu pasti sudah pernah menonton film musikal bernostalgia, The Sound of Music, yang berlatar di negara kecil ini. Seperti di film itu, Austria memang bersuasana tenang dan terkenal akan bukit-bukitnya yang hijau dan pemandangan alam pedesaan yang dijamin akan membuatmu tidak pernah jenuh.

Wina, Ibukota dari negara ini, menduduki peringkat ke-20 sebagai QS Best Student Cities 2015. Peringkat tersebut sangat wajar karena kota ini tak hanya menawarkan kualitas pendidikan yang baik, tetapi juga kualitas hidup yang tinggi. Kota ini memiliki banyak hiburan dan atraksi untuk mahasiswa tetapi tidak terlalu penuh hiruk-pikuk seperti kota-kota di negara besar lainnya.

Biaya kuliah di sini untuk mahasiswa internasional sekitar €1,500 per tahun sementara biaya hidup sekitar € 800 per bulan. Memang biaya hidupnya sedikit lebih mahal dibandingkan negara-negara lain di list ini, tapi dengan work permit, kamu bisa berkuliah sambil bekerja di sini. Bila kamu kuliah di ibukotanya yang terkenal sebagai kota pelajar, ada banyak juga diskon khusus mahasiswa di museum-museum dan atraksi lainnya.

Republik Ceko

Terkenal dengan bangunan dan gereja-gereja tuanya, negara indah ini kaya dengan sejarah. Karya seni yang unik dan taman-taman yang sudah berdiri ratusan tahun lamanya tersebar di seluruh kota-kotanya, sehingga mahasiswanya tidak selalu harus mengeluarkan uang untuk mencari hiburan. Cukup berjalan kaki menelusuri kota saja sudah akan membantumu melepas stres belajar.

Selain dapat menikmati keindahan negara ini, sistim edukasi di Ceko juga terkenal berkualitas. Negara ini masuk ke dalam daftar 12 destinasi studi populer murid Erasmus di Eropa dan memiliki universitas tertua di Eropa tengah, yaitu Charles University yang didirikan pada tahun 1348. Ceko juga menang peringkat tertinggi ke 8 di dunia sebagai negara yang paling aman, jadi kamu tidak perlu khawatir apabila kuliah di sana.

Mahasiswa yang berminat untuk belajar dalam Bahasa natif Ceko akan mendapatkan kesempatan untuk kuliah tanpa biaya, sementara program berbahasa Inggris di sini mulai di sekitar € 1000. Biaya kehidupan mahasiswa di sini juga sangat terjangkau, cukup sekitar € 120 – 200 per bulan.

Apakah negara-negara di atas terdengar sedikit asing di telinga? Mungkin memang negara-negara tersebut tidak seterkenal Inggris, Jerman maupun Perancis. Namun, kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh negara-negara tersebut dengan biayanya yang terjangkau membuatnya patut dijadikan bahan pertimbangan. Selain itu, kamu juga tetap akan merasakan suasana Eropa yang kaya dengan keindahan dan sejarah dan memperkaya pengalamanmu dengan budaya di sana. Bahkan, kamu bisa dengan mudah menjelajahi negara-negara Eropa lainnya pada musim liburan selama mengejar pendidikan di sana.

Dengan keterjangkauan biaya kuliah di negara-negara tersebut, tak ada lagi kendala buat kalian untuk meraih prestasi dan menikmati pengalaman studimu di Eropa. Tunggu apa lagi? Yuk segera apply.