Media
Language

Ingin Pengalaman Kuliah Anti-Mainstream? Ke Kroasia Aja!

Last updated on 19 Apr 2019

IMG_1439.PNG

Oleh Kristantinova

Berlokasi di Eropa Tenggara, Kroasia mungkin tidak terpikirkan olehmu pada saat kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke Eropa.

Tapi tahukah kamu kalau studi ke Kroasia ternyata menarik untuk dipertimbangkan juga loh.

Kalau kamu senang dengan daerah-daerah yang anti-mainstream, ingin mengeksplor sisi lain dari benua Eropa, maka Kroasia bisa jadi destinasi yang cocok buat kamu.

Perpaduan pesona Mediteranian dengan Eropa Tenggara menghasilkan kekayaan sejarah dan budaya yang menarik untuk dijelajahi di Kroasia.

Buat kamu yang masih ragu apakah melanjutkan studi ke Kroasia akan menjadi pilihan yang tepat, nih kami berikan alasan-alasannya mengapa Kroasia patut dipertimbangkan dan masuk dalam daftar destinasi studimu ke Eropa.


Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus+? Dapatkan info lengkapnya di sini.


1. Kualitas Pendidikan yang Tidak Kalah Bagus

Kroasia merupakan negara dengan tradisi pendidikan yang kuat.

Bahkan beberapa dari universitas yang ada di Kroasia merupakan universitas tertua yang ada di Eropa Tenggara.

Salah satunya ada University of Zagreb yang didirikan sejak tahun 1669 dan kini memiliki lebih dari 75,000 murid, menjadikannya salah satu universitas terbesar yang ada di Eropa Tenggara.

2. Peluang Studi Terbuka untuk yang Tidak Bisa Bahasa Kroasia

Bagi kamu yang tidak bisa berbahasa Kroasia, tidak perlu khawatir karena peluangmu untuk belajar di Kroasia tetap terbuka.

Beberapa universitas menawarkan program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Tapi buat kamu yang tertarik untuk belajar bahasa Kroasia, peluangmu juga terbuka lebar karena beberapa universitas di Kroasia menawarkan juga pelajaran bahasa Kroasia baik dalam kelas, kursus, maupun sekolah musim panas.

Mempelajari bahasa baru tentu dapat menjadi nilai plus dan unik untuk keterampilan bahasamu, apalagi kalau bahasanya bahasa Kroasia.

3. Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup Terjangkau

Biaya hidup dan biaya studi di Kroasia tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya yang banyak dijadikan destinasi studi.

Biasanya murid yang belajar di Kroasia menghabiskan biaya sebesar 400 sampai 700 Euro tiap bulannya. Biaya ini mencakup akomodasi, transportasi, makan dan kebutuhan sehari-hari. Tentunya angka ini bervariasi tergantung dari tipe akomodasi yang kamu pilih dan gaya hidupmu selama studi disana.

Lokasi studimu juga menjadi penentu biaya studi dan biaya hidupmu, apakah kamu tinggal di ibukota atau di kota lain.

4. Pengalaman Travelling yang Beda daripada yang Lain

Memutuskan untuk studi ke Kroasia berarti kamu sudah siap untuk menjelajahi sisi lain dari benua Eropa yang tidak kamu temui di negara-negara populer lainnya di Eropa.

Posisi negara Kroasia yang terletak di Eropa Tenggara membuat negara ini kaya akan perpaduan alam, sejarah, dan budaya.

Jadi, selain kamu mendapatkan kesempatan studi yang kualitasnya tidak kalah bagus, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman eksplorasi yang berharga. Kamu bisa mengunjungi pantai, gunung, dan taman alam yang ada di Kroasia.

Kroasia juga berdekatan dengan negara-negara seperti Austria, Italia, Hongaria, Slovenia, Bosnia dan Herzegovina, Serbia dan Montenegro. Kamu bisa pergi ke negara-negara tersebut baik menggunakan mobil, bus ataupun kereta.

Akses yang mudah, bukan?

5. Lingkungan yang Multi-bahasa

Meskipun terbilang negara kecil, orang-orang Kroasia ternyata juga bisa bicara dalam banyak bahasa loh.

Menurut survei, 49% penduduk lokal Kroasia bisa berbicara bahasa Inggris, 34% bisa bahasa Jerman, 14% bisa bahasa Italia, 4% bisa bahasa Prancis dan Rusia, dan 2% nya bisa bicara dalam bahasa Spanyol.

Wah, kamu berarti bisa beradaptasi dengan cepat nih dengan penduduk lokal Kroasia karena mereka bisa bicara dalam banyak bahasa, jadi kamu tidak kebingungan saat disana.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Kroasia patut masuk ke dalam pertimbanganmu saat kamu mau melanjutkan studi ke Eropa.

Studi ke Kroasia akan menjadi pengalaman unik dan beda daripada yang lain buat kamu loh!


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Kroasia, klik di sini.