Media
Language

Tertarik Belajar di Negara Baltik Terbesar di Eropa? Kuliah di Lituania Yuk!

Last updated on 24 Jul 2019

WhatsApp Image 2019-03-20 at 06.37.43.jpeg

Oleh Erzawansyah

Pernahkah terpikir untuk merasakan bagaimana pengalaman belajar di salah satu negara Baltik di Eropa?

Bila belum, maka kamu perlu melirik Lituania, satu dari tiga negara Baltik yang memiliki wilayah terbesar di antara dua negara lainnya, yakni Latvia dan Estonia.

Lituania merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang terbilang pesat. Terutama, sejak negara ini bergabung dengan Uni Eropa.

Kendati begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya hidup di negara tersebut. Meskipun ekonomi di negara berpenduduk 2,7 juta itu bertumbuh dengan pesat, biaya hidup di sana masih lebih rendah dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

Selain kondisi ekonomi yang baik kehidupan, Lituania juga memiliki iklim yang cukup mendukung.

Iklim negara ini adalah transisi antara tipe maritim Eropa Barat dan tipe benua yang ditemukan lebih jauh ke Timur. Suhu rata-rata untuk Januari, bulan terdingin, berada di suhu rendah, sekitar minus 5 derajat celcius. Sedangkan di bulan terhangat, suhu rata-rata di Lituania berkisar 7 derajat celcius.

Jika dibandingkan dengan negara lain di Eropa bagian utara, suhu di Lituania masih tergolong cukup hangat. Selain itu, perbedaan iklim dari musim dingin ke musim panas juga tidak terlalu ekstrim. Dengan begitu, kamu juga lebih mudah beradaptasi dengan iklim di sana.

Selain iklimnya, keramahan masyarakat Lituania juga akan membuatmu nyaman berkuliah di sana.

Meskipun dikenal pemalu pada orang asing, masyarakat Lituania tetap ramah dan dapat hidup dengan saling menghormati. Hal ini membuka kesempatan bagi kamu untuk menambah teman yang berasal dari Lituania.

Terlebih, masyarakat di Lituania juga dikenal sangat menjunjung tinggi dan mempertahankan tradisi mereka. Hal ini akan membuat kamu punya kesempatan untuk mengenal kebudayaan masyarakat Lituania lebih dalam, termasuk bahasanya yang unik.

Pun masyarakat Lituania mempertahankan tradisi, mereka tetap tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Kamu tidak akan merasa kesusahan untuk berpergian, atau mendapatkan barang-barang seperi buku atau pakaian, serta informasi.

Hal ini karena Lituania juga dikenal baik dalam menyediakan akses bagi mahasiswa internasional.

Oleh karena itu, apabila kamu termasuk orang yang mengharap belajar di tempat yang ramah, Lituania bisa jadi salah satu destinasi yang cocok untuk kamu melanjutkan studi.

Selain beberapa kelebihan di atas, kualitas pendidikan Lituania jelas menjadi hal penting yang patut kamu pertimbangkan.

Pada 2019, 4 perguruan tinggi di Lituania masuk dalam peringkat dunia menurut QS World University Rankings 2019. Adapun keempat perguruan tinggi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Vilnius University

Vilnius University menduduki peringkat pertama untuk universitas terbaik di Lituania.

Juga merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua dan paling terkenal di Eropa Timur dan Tengah yang didirikan pada 1579.

Universitas ini memiliki perpustakaan tertua di Lituania dengan Pusat Komunikasi dan Informasi Sains modern.

Selain itu, Vilnius University terdiri dari 12 fakultas, 7 institut, 2 rumah sakit universitas, 4 pusat studi dan penelitian antar fakultas, Observatorium Astronomi, Taman Botani, dan Gereja dari St Johns. Vilnius university menyediakan lingkungan akademik yang fokus pada keunggulan dalam penelitian dan pengajaran.


Untuk info lengkap kuliah di Vilnius University, klik disini


2. Vilnius Gediminas Technical University

Vilnius Gediminas Technical University (VGTU) merupakan universitas terbaik kedua di Lituania.

Universitas ini merupakan sekolah negeri berbadan hukum dan bertindak sebagai lembaga publik.

Universitas teknik ini bertujuan untuk menjadikan peserta didiknya sebagai spesialis yang berkualifikasi tinggi, kreatif dan aktif secara sosial, yang akan dapat berhasil beradaptasi baik pasar pendidikan dan tenaga kerja Lituania dan asing.


Untuk info lengkap kuliah di Vilnius Gediminas Technical University, klik disini


3. Kaunas University of Technology

Kaunas University of Technology atau sering disingkat KTU merupakan universitas riset publik di Kaunas.

Terbukti dengan partisipasinya dalam kolaborasi penelitian internasional di lebih dari 30 program sains internasional.

Selain itu, KTU juga merupakan universitas yang membuka program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris, serta menyediakan bimbingan mahasiswa di bidang akademik dan non akademik. Dengan mensinergikan penelitian mutakhir, pendidikan berkualitas tinggi, kemitraan strategis dan keterkaitan dengan berbagai bisnis dan industri, KTU menghasilkan pengetahuan kolektif yang membuka peluang baru.


Untuk info lengkap kuliah di Kaunas University of Technology, klik disini


4. Vytautas Magnus University

Merupakan salah satu universitas terkemuka di Lituania.

Vytautas Magnus University atau VMU menjadi pusat untuk kegiatan akademik di bidang humaniora, ilmu sosial, teologi dan liberal arts. Kegiatan akademik di universitas ini mencerminkan tren akademik global, karena semakin banyak perkuliahan yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

VMU juga satu-satunya universitas di Lituania yang memberikan kebebasan kepada mahasiswanya dalam mengambil bidang mayor dan minor yang akan dipelajari.

Untuk info lengkap kuliah di Vytautas Magnus University, klik disini


Nah, itulah empat universitas terbaik di Lituania dengan berbagai kelebihannya. Namun masih ada beberapa universias lain yang tak kalah baik kualitasnya. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Lituania, carilah lebihn anyak lagi informasi yang lebih luas dan berbagai beasiswa yang tersedia. Semoga berhasil!


Untuk info lengkap kuliah di Lithuania, klik disini