Media
Language

Para Calon Pakar Hukum, Tentukan Pilihan Studimu di Belanda!

Last updated on 15 Sep 2019

law-1991004_960_720.jpg Photo by witwiccan via Pixabay

Oleh Erzawansyah

Berencana kuliah hukum di Eropa? Belanda adalah pilihan tepat!

Kenapa Belanda?

Secara historis, Indonesia punya hubungan yang kuat dengan Belanda. Sebab, selama berabad-abad Indonesia dijajah oleh negara kicir angin tersebut.

Itu mengapa, selain agama dan adat, Belanda juga sedikit banyak berpengaruh terhadap hukum di Indonesia yang berlaku saat ini. Hukum yang digunakan Belanda berbasis sistem hukum Eropa Kontinental. Sistem hukum ini setidaknya dianut lebih dari 50% pupulasi dunia.

Jadi kalau kamu berniat menempuh studi di bidang hukum, negara yang patut jadi rekomendasi adalah? Yapski, Belanda!

Yang juga perlu kita ketahui adalah sistem pendidikan di Belanda memang dirancang sedemikian rupa agar cocok karakter suatu bangsa yang beraneka ragam. Jadi dari sini saja bagi kamu yang berniat studi hukum di Belanda sudah memperoleh dua keuntungan.

Pertama, belajar hukum di tempat di mana sistem hukumnya mendominasi sistem hukum di Indonesia.

Kedua, dengan sistem pendidikan yang bersahabat dengan berbagai bangsa, kita jadi bisa lebih punya pandangan luas tentang masa depan hukum di Indonesia. Terutama sistem hukum yang kontekstual dengan keadaan bangsa Indonesia terkini.

Nah, kalau sudah begini waktunya kita perlu tahu, universitas mana saja sih yang punya jurusan hukum terbaik di Belanda.


Untuk daftar lengkap beasiswa Kuliah ke Belanda, klik di sini.


Berikut universitas-universitas yang patut kamu pertimbangkan untuk kuliah hukum di negara Eropa yang pertama kali menawarkan pilihan program kuliah berbahasa Inggris ini.

Padahal bukan bahasa ibunya lho!

Leiden University

Universitas Leiden bisa jadi adalah universitas yang sering kita dengar jika bicara tentang lembaga pendidikan di Belanda. Apalagi Fakultas Hukum, sebagai fakultas tertua di kampus ini reputasinya tidak perlu diragukan lagi.

Kampus ini memiliki ratusan pakar hukum di berbagai bidang seperti Institute of Public Law, Constitutional and Administrative Law, Labour Law, International Institute of Air & Space Law IIAS dan Institute of Imigration Law. Selain itu, Institute of Private Law, Institute for the Interdisciplinary Study of the Law, dan hukum kriminologi adalah yang paling diminati di kampus ini.

Universitas Leiden sendiri saat ini ada di peringkat ke 67 universitas terbaik di dunia dan memiliki 15 program studi hukum.

University of Amsterdam

Secara umum, Universitas Amsterdam berada di peringkat 56 terbaik.

Kampus ini memiliki sedikitnya 10 program studi hukum, di antaranya yang banyak diminati adalah program studi Hukum dan Keuangan. Selain itu yang juga banyak diminati ada Hukum dan Undang-undang Informasi, Hukum Publik Internasional, serta Hukum Internasional dan Eropa - Hukum Perdagangan dan Investasi Internasional.

Di luar itu, kita tahu kampus ini ada di ibu kota Belanda yang sangat nyaman untuk bersepeda ria itu. Di kota ini kita bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Kalau kamu sedang suntuk kuliah, kamu bisa eksplorasi kanal, museum, taman, dan datang ke festival-festival. Bahkan di dalam kampus saja sebenarnya kamu sudah bisa merasakan nuansa sejarah. Karena kampus ini sudah berdiri sejak 1642. Tua banget kan?


Untuk melihat universitas lain di Belanda, klik di sini.


Utrecht University

Utrecht Univeristy (UU) adalah perguruan tinggi yang berfokus kepada pendidikan akademis, ilmiah dan juga praktik.

Ada alasan penting kenapa kamu harus mempertimbangkan menempuh studi di kampus ini yaitu program yang diadakan tidak hanya berbasis teori tapi juga praktik. Kamu akan diberi kesempatan magang di blok akhir nantinya.

Untuk fakultas hukum, UU memiliki lima program studi hukum yaitu Hukum Eropa, Hukum Publik Internasional, Penelitan Hukum, Hukum dan Ekonomi, serta Kriminologi Global. Perlu kita ketahui pula kalau kampus ini sekarang berada di urutan 68 terbaik di dunia.

Maastricht University

Maastricht University (UM), berdiri 1976 dan menjadi salah satu universitas muda terbaik di dunia berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings. UM juga menjadi satu-satunya universitas di Belanda yang ada dalam Worldwide Universities Network (WUN).

Kebayang gak kalau kamu bisa belajar di kelas yang hanya dihuni sedikit orang? Tentu saja ini akan lebih efektif dan dinamika kelas akan berjalan dengan baik. Di sini kamu akan merasakan itu.

Meski kalah tua dengan universitas lainnya di Belanda, tapi UM sudah memiliki 13 program hukum. Menjadi yang terbanyak setelah Leiden University. Dengan begitu ada banyak opsi yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi di bidang hukum.

Bagaimana para calon hakim, kriminolog, advokat, dan pakar-pakar hukum lainnya, kapan kalian ke Belanda?

Klik di sini untuk detail lebih lanjut mengenai kuliah di Belanda.