Media
Language

Sebelum Apply, Pahami Dulu 4 Jenis Institusi Pendidikan Ini Di Belanda

Last updated on 23 Jan 2019

IMG_6558.PNG

Oleh Nurul Hardiyanti

Ada tantangan tersendiri bagi para pelajar yang memutuskan untuk berkuliah di luar negeri.

Salah satu tantangan yang paling penting selain informasi umum tentang negara yang dituju, yaitu informasi mengenai jenis dan tipe sistem pendidikan tinggi di sana.

Jangan sampai, ketidaktahuan kamu akan informasi jenis dan tipe sistem pendidikan negara tersebut membuat kamu salah dalam mengambil keputusan.

Misalnya saja, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Belanda, kamu harus mengetahui kalau Belanda memiliki beberapa jenis institusi pendidikan tinggi yang berbeda.

Belanda mengklasifikasikan jenis institusi pendidikan tinggi itu berdasarkan pada jenis dan tingkat program studi yang ditawarkan, semuanya akan memiliki pilihan pendidikan dalam bahasa Inggris.

Dua jenis institusi pendidikan tinggi yang paling utama di Belanda, yang juga paling dikenal secara luas adalah Universitas Riset dan Universitas Ilmu Terapan.

Untuk daftar beasiswa Kuliah di Belanda, klik di sini.


Selain itu, ada juga institusi Pendidikan lainnya yang dianggap lebih kecil di Belanda, yang disediakan dan dirancang khusus untuk mahasiswa internasional yaitu Institut untuk Pendidikan Internasional.

Lalu, disamping ketiga jenis itu, kamu juga bisa mencoba Universitas Swasta. Jenis institusi pendidikan ini juga bisa menjadi pilihan, pasalnya mereka menawarkan berbagai program gelar khusus di bidang tertentu. Sayangnya, di Universitas Swasta kamu tentu akan dikenakan biaya kuliah lebih mahal dibandingan dengan lainnya.


Temukan daftar universitas di Belanda, di sini.


Berikut 4 jenis institusi Pendidikan tinggi yang harus kamu ketahui kalau kamu ingin apply ke Belanda:

1. Universitas Riset

Sesuai dengan nama jenis institusi pendidikan tinggi ini, kamu akan fokus pada penelitian-penelitian ilmiah. Bertanggung jawab untuk menawarkan program yang berorientasi riset di dalam sebuah lingkungan akademik. Tapi, bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan program komponen praktis.

Gelar yang akan kamu dapatkan ketika masuk ke Universitas ini diantaranya Sarjana, Master, atau PhD. Sesuai dengan program mana yang akan kamu pilih nantinya. Gelar yang diterima pun akan dalam Bahasa Inggris. Walaupun penelitian ilmiah menjadi fokus kamu, nantinya kamu juga bisa menjadi pekerja profesional bukan hanya menjadi praktisi akademik.

2. Universitas Ilmu Terapan

Universitas Ilmu Terapan akan menawarkan pendidikan kejuruan yang terfokus pada penerapan praktis dari seni dan ilmu pengetahuan kepada para pelajar. Mereka juga akan mempersiapkan kamu untuk berkarier menjadi berbagai macam profesi tertentu. Kamu bisa memilih program Sarjana atau Master yang sebagian besar darinya bersifat Internasional.

3. Institusi Pendidikan Internasional

Setidaknya ada 3 Institusi Pendidikan Internasional dan ada 10 institusi lainnya di Belanda yang juga menyediakan pendidikan tinggi dalam Bahasa Inggris. Sebagian besar program yang ditawarkan pada jenis ini adalah Master. Institusi Pendidikan Internasional inipun biasanya bekerja sama dengan Universitas Riset dan topik yang biasanya akan dibahas adalah tentang masalah di negara berkembang.

4. Universitas Swasta

Selain ketiga jenis institusi di atas, banyak juga Universitas Swasta yang didirikan di Belanda. Universitas Swasta di sini adalah universitas yang sudah memenuhi akreditasi dan memiliki berbagai macam program menarik. Meskipun biaya Pendidikan yang harus dibayar oleh pelajar lebih mahal, namun Universitas-Universitas jenis ini berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankan biaya tersebut pada titik yang masih terjangkau.

Nantinya mereka akan menawarkan program yang dilakukan selama beberapa kali dalam setahun pada periode waktu tertentu. Seringkali program ini dijalankan pada bulan September dan Februari. Jangan salah, banyak juga pelajar yang tertarik dengan Universitas jenis ini karena program yang mereka miliki dan tersedianya kesempatan untuk mendapat beasiswa.

Jadi, setelah membaca artikel di atas, sudah tahu institusi pendidikan tinggi Belanda jenis mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Kalau kamu masih bingung, sebaiknya kamu melakukan konsultasi langsung dengan orang yang tepat untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin. Karena tentu saja, dari berbagai jenis di atas, keuntungan dan kekurangannya berbeda, lalu persyaratan yang kamu butuhkan jelas akan beda.

Konsultasi bisa kamu lakukan dengan alumni dari masing-masing jenis institusi pendidikan tinggi tersebut agar lebih jelas dan kredibel, atau jika kamu tidak memiliki kenalan alumni dari Belanda, kamu bisa datang ke pameran pendidikan yang menyediakan jasa konsultasi.

Salah satunya adalah Dutch Placement Day (DPD 2018).

Di DPD 2018 kamu bisa mendapatkan one-on-one session dengan Universitas di Belanda yang mungkin ingin sekali kamu apply dan gali lebih dalam informasinya. Kamu bisa bertanya selengkap mungkin dan mendalam dengan pihak Universitas.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa-beasiswa yang sedang berjalan di Belanda, mengetes kemampuan IELTS kamu, dan bahkan mengikuti seminar menulis motivation statement yang merupakan syarat penting dalam persayaratan kuliah di luar negeri.

DPD 2018 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 6 November 2018 di Surabaya, tepatnya di Four Points Hotel, Tunjungan Plaza dan di Jakarta, pada hari Jumat, 9 November 2018 bertempat di Perpustakan Nasional RI.
Untuk registrasi ke acara Dutch Placement Day 2018, klik di sini!

Pendaftaran one on one session, klik disini.

Pendaftaran IELTS prediction test, klik disini.

Acara ini terbuka untuk umum dan pendaftarannya pun gratis!


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Belanda, klik di sini.