Media
Language

Hal-Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Datang ke Dutch Placement Day 2018

Last updated on 18 Nov 2018

IMG_7324.PNG

Oleh Erzawansyah


Daftarkan dirimu untuk datang ke Dutch Placement Day 2018 di sini!

Dutch Placement Day (DPD) 2018 telah mendekati harinya.

Besok, Selasa, 6 November 2018, acara yang diselenggarakan oleh Nuffic NESO Indonesia ini akan menyapa warga Surabaya dan sekitarnya di Four Points Hotel, Tunjungan Plaza, pukul 15.00 WIB s/d 18.00 WIB.

Tiga hari kemudian, Jumat, 9 November 2018, giliran warga Jakarta yang mendapat kesempatan untuk hadir ke acara yang akan berlangsung di Perpustakaan Nasional RI itu.

Dengan waktu yang semakin dekat itu, sudah sejauh mana persiapanmu untuk hadir di acara tersebut?

Bila kamu benar-benar berminat untuk melanjutkan studi ke Belanda, tentu kesempatan untuk hadir di DPD 2018 tidak boleh disia-siakan. Acara ini hanya berlangsung setahun sekali.

Jika kamu hadir tanpa membawa bekal apa-apa, peluang emas untuk kuliah di negeri kincir angin itu dapat berlalu begitu saja.

Hal lain jika sebelum datang ke sana, kamu telah menyuplai dirimu dengan berbagai persiapan. Baik untuk hadir ke pameran pendidikan dan seminar-seminar yang akan diselenggarakan, maupun sesi khusus seperti one-on-one session dan IELTS try out. Kedatanganmu di sana jelas akan lebih bernilai.

Atau kamu belum melakukan pendaftaran?

Jangan khawatir, masih ada kesempatan untuk mendaftarkan diri ke acara bergengsi dan paling diperhtungkan itu.

Kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu disini.
Nah, kalau sudah melakukan pendaftaran, maka sebelum datang ke DPD 2018, membekali diri dengan persiapan matang adalah sebuah keputusan bijak.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan. Adapun hal-hal tersebut, antara lain:

Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

DPD 2018 memang bertujuan untuk memberikanmu informasi perihal kuliah di Belanda. Namun, bukan berarti datang tanpa informasi apapun menjadi keputusan yang baik.

Bila kamu ingin menggunakan waktu yang tersedia semaksimal mungkin, maka kamu perlu mengumpulkan informasi-informasi dasar mengenai kuliah di sana. Hal ini bertujuan agar ketika tiba di DPD 2018, waktumu tidak tersita oleh kegiatan bertanya tentang hal-hal yang sebenarnya bisa kamu dapat di internet.

Ada banyak cara untuk mengumpulkan informasi tentang kuliah di Belanda. Akan tetapi, dari sekian banyak cara tersebut, kamu tentu akan memilih cara termudah, bukan?

Jika benar demikian, maka ehef.id bisa menjadi rujukan utamamu dalam mencari informasi. Pada one-stop platform untuk mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan studi di Eropa, termasuk Belanda.

Siapkan Daftar Pertanyaan

Menyiapkan daftar pertanyaan adalah cara tepat untuk membuat tujuanmu datang ke DPD 2018 terealisasi.

Pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu sampaikan jadi lebih terarah. Kamu juga punya waktu lebih banyak untuk memikirkan pertanyaan apa yang kamu ingin ajukan, daripada jika kamu baru memikirkannya saat berada di lokasi.

Manfaat lain yang bisa kamu dapat ketika telah menyiapkan pertanyaan adalah terhindar dari kebingungan tatkala sedang berhadapan dengan pihak perguruan tinggi Belanda. Ketimbang linglung dan malah batal bertanya, alangkah jauh lebih baik kamu membuat daftarnya dulu, bukan?

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat kamu membuat daftar pertanyaan. Pastikan bahwa sebelumnya, kamu memiliki informasi cukup, sehingga pertanyaan yang kamu ajukan kelak lebih berkualitas.

Sudah Daftar One-on-One Session? Siapkan Dokumen-Dokumen Penting

Persiapan ini berlaku bagi kamu yang sudah mendapat konfirmasi untuk ikut serta dalam one-on-one session, sesi tatap muka secara individual dengan perwakilan universitas Belanda.

Selain dua saran di atas, dokumen yang berhubungan dengan pendidikan sebelumnya sangat penting untuk dibawa. Seperti Ijazah, transkrip nilai, skor IELTS, atau berkas-berkas lainnya yang berkaitan. Sertakan pula curriculum vitae dan motivation letter.

One-on-one session adalah kesempatan kamu untuk mengukur sejauh mana peluangmu melanjutkan studi ke Belanda. Kamu dapat berkonsultasi langsung secara pribadi dengan pihak universitas. Semakin lengkap berkas-berkas yang kamu bawa, semakin baik. Karena dengan begitu, pihak universitas jadi tahu lebih banyak tentang kapasitasmu untuk masuk ke perguruan tinggi bersangkutan. Saran dan masukan yang disampaikan pun menjadi lebih tepat sasaran.

Bagi Peserta IELTS Try Out, Jangan Lupa Belajar

Kalau poin sebelumnya berlaku bagi peserta one-on-one session, poin ini berlaku bagi kamu yang sudah terdaftar sebagai peserta IELTS Try-Out. Hindari anggapan bahwa agenda ini hanya untuk uji coba saja. Sebisa mungkin posisikan dirimu sebagai peserta tes IELTS sungguhan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kemampuanmu yang sesungguhnya.

Selain itu, pastikan pula kamu sedang dalam kondisi prima. Persiapkan alat-alat tulis yang dibutuhkan dari sekarang. Cari tahu jadwal tes dan datang paling tidak 30 menit sebelum tes dimulai. Untuk mengetahui daftar peserta dan jadwal pelaksanaan try out, klik disini.

Oh iya, satu lagi, jangan lupa belajar. Karena selain mampu memprediksi skor IELTS, try out ini juga bisa kamu jadikan ukuran sejauh mana proses belajar IELTS-mu membuahkan hasil.

Segera persiapkan hal-hal tersebut dari sekarang!

Jangan ditunda.

Agenda DPD 2018 sudah di depan mata.

Bila kamu tidak memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin, kesempatan emas untuk bertemu puluhan perwakilan dari universitas-universitas di Belanda bisa terbuang sia-sia.


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Belanda, klik di sini.