Media
Language

Jajaran Universitas Belanda di EHEF 2018

Last updated on 23 Oct 2018

IMG_5654.JPG


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Kristantinova

Destinasi negara favorit pelajar Indonesia untuk studi ke Eropa lainnya adalah Belanda.

Selain mutu dan kualitas pendidikannya yang tidak perlu diragukan lagi, Belanda juga merupakan negara yang inovatif dan kompetitif di dunia.

Program-program studi yang ditawarkan di Belanda juga banyak menggunakan pengantar bahasa Inggris sehingga memudahkan pelajar internasional seperti dari Indonesia untuk belajar disana.

Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Belanda, berikut ini adalah beberapa universitas Belanda yang akan hadir di EHEF Indonesia 2018.

Untuk daftar lengkap beasiswa di Belanda, klik di sini.


1. Den Haag – The Hague University of Applied Sciences

Universitas yang terletak di kota Den Haag ini memiliki lebih dari 20.000 murid yang berasal dari 135 negara di dunia. Hal tersebut membuat THU menjadi salah satu universitas yang paling banyak pelajar internasionalnya di Belanda.

Selain itu, ada 13 program studi di THU yang proses pembelajarannya menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris mulai dari engineering hingga bisnis.

Universitas ini juga tergabung dalam program beasiswa Orange Tulip Scholarship yang bisa kamu daftar. Kamu bisa cek informasi mengenai beasiswa ini lebih lengkap di sini.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Den Haag – The Hague University of Applied Sciences, klik di sini.

2. Eindhoven University of Technology

Eindhoven University of Technology merupakan universitas yang terspesialisasi di bidang teknik sains dan teknologi. Edukasi dan penelitian yang dilakukan oleh Eindhoven University of Technology bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat seputar kesehatan dan energi.

Buat kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan yang berhubungan teknik dan sains, universitas dapat menjadi bahan pertimbanganmu karena posisinya cukup tinggi diantara universitas-universitas yang ada di Belanda.

Kualitas pendidikan dan penelitian yang ada di Eindhoven dapat dilihat dari ranking yang mereka peroleh dari THE Ranking 2018, dimana mereka menempati posisi ke 10 di Belanda secara keseluruhan dan menempati posisi kedua untuk program studi Engineering and Technology dan Computer Science.

Eindhoven University of Technology memiliki 9 departemen pendidikan yang antara lain adalah:

  • Biomedical Engineering
  • Built Environment
  • Electrical Engineering
  • Industrial Design
  • Chemical Engineering and Chemisty
  • Applied Physics
  • Industrial Engineering & Innovatiom Sciences
  • Mechanical Engineering
  • Mathematics and Computer Science

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Eindhoven University of Technology, klik di sini.

3. Erasmus School of Economics, Erasmus University Rotterdam

Selanjutnya ada universitas yang secara spesifik berfokus di bidang ekonomi nih. Erasmus School of Economics ini cocok banget buat kamu yang ingin memperdalam ilmu ekonomi di Belanda.

Jika dilihat dari prestasi dan pencapaiannya, universitas ini berada di urutan ketiga sebagai universitas terbaik di Belanda menurut QS World University Ranking.

Selain itu, universitas ini juga menempati posisi terbaik pertama untuk jurusan Accounting/Finance menurut QS World University Ranking dan menempati posisi kedua untuk jurusan Economics & Business menurut Times Higher Education.

Melihat pencapaiannya hingga saat ini, reputasi Erasmus School of Economics ini di bidang ekonomi, keuangan, dan manajemen sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Jadi untuk kamu yang tertarik dengan bidang studi ekonomi, universitas ini harus masuk ke dalam daftar universitas yang harus kamu pertimbangkan.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Erasmus School of Economics, klik di sini.

4. Fontys University of Applied Sciences

Dengan lebih 44.000 murid di dalamnya, Fontys University of Applied Sciences merupakan institusi pendidikan tinggi negeri terbesar yang ada di daerah Selatan Belanda.

Berdasarkan National Student Survey, tingkat kepuasan murid yang belajar di universitas ini adalah 3.8. Selain itu, Fontys University of Applied Sciences juga merupakan universitas yang berfokus pada kegiatan penelitian. Oleh karena itu, Fontys memastikan bahwa setiap muridnya dapat memiliki ketrampilan meneliti yang baik sehingga nantinya dapat membuat penelitian sendiri.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Fontys University of Applied Sciences, klik di sini.

5. Hanze University of Applied Sciences Groningen

Fakta menarik pertama dari Hanze UAS adalah universitas ini merupakan universitas terbesar di bidang sains yang ada di Utara Belanda.

Buat kamu yang suka dengan pembelajaran yang banyak melibatkan kegiatan praktik, maka universitas ini bisa masuk dalam daftarmu. Hanze UAS menawarkanmu kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan kemampuanmu di bidang energi dan kesehatan.

Disini, murid-murid diajak untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek sains yang sedang dilakukan oleh universitas sehingga kamu benar-benar bisa mengembangkan kemampuanmu pada praktik di dunia nyata.

Tidak berhenti sampai di kelas, kamu bisa lanjut mengembangkan kemampuanmu dengan mengikuti kursus-kursus di luar kelas dan berkolaborasi dengan murid dari program lain untuk melakukan riset atau praktik tertentu.

Selain dari sisi pengajarannya, universitas ini juga terletak di kota Groningen yang mendapat predikat sebagai kota pelajar terbaik di Belanda pada tahun 2015 & 2016.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Hanze University of Applied Sciences Groningen, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Finlandia, Irlandia, Polandia, Republik Ceko dan Swiss di EHEF 2018


6. Holland International Study Centre

Berbasis di Amsterdam, Holland International Study Centre akan memberikan pengenalan bagi para calon mahasiswa yang ingin belajar di Belanda mengenai sistem pendidikan yang ada di Belanda.

Kamu akan mendapatkan informasi seputar riset, cara penulisan/struktur esai, cara menguasai kemampuan dalam berpresentasi, bagaimana untuk bisa terlibat aktif dalam diskusi grup, dan masih banyak lagi.

Holland International Study Centre akan membantu mahasiswa internasional agar mereka lebih percaya diri dalam menjalani studi di luar negara asal mereka hingga membangun kepercayaan diri untuk bisa mengembangkan work skills mereka.

Di sini kamu bisa memilih dua program: International Foundation Year dan University of Applied Sciences Foundation Programme.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Holland International Study Centre, klik di sini.

7. Inholland University of Applied Sciences

Secara keseluruhan terdapat lebih dari 80 program studi Sarjana dan 7 program studi Master yang tersedia di Inholland University of Applied Sciences.

Banyaknya murid yang berasal dari luar Eropa membuat Inholland University of Applied Sciences menawarkan berbagai program studi yang berbasis Bahasa Inggris, yang antara lain adalah:

  • Aeronautical Engineering
  • Information Technology
  • Business Innovation (International Business Innovation Studies)
  • Creative Business: International Music Management
  • Creative Business: Media and Entertainment Management
  • Mathematical Engineering
  • Tourism Management

Disini, murid akan mendapatkan pengalaman di industri dan perdagangan sebagai bagian dari pembelajaran dan magang mereka. Murid tidak hanya dipersiapkan untuk menguasai materi di dalam kelas tetapi juga untuk mengaplikasikannya melalui proyek-proyek kerja.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Inholland University of Applied Sciences, klik di sini.

8. Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS), Erasmus University Rotterdam

Buat kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia pengembangan kota, desain tata ruang kota, atau area pekerjaan lainnya yang masih dalam lingkup tersebut, maka Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) bisa menjadi salah satu universitas yang patut kamu masukkan dalam daftar.

Selain masuk ke dalam Top 100 universitas terbaik di dunia menurut Times Highter Education, universitas ini menawarkanmu pembelajaran langsung dari pakar yang telah lama berkecimpung di pengembangan kota.

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) adalah mereka menawarkan sistem pembelajaran yang banyak melibatkan kegiatan praktik sehingga teori yang kamu dapatkan benar-benar bisa langsung diaplikasikan dalam analisis kasus yang sedang terjadi saat itu.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS), klik di sini.

9. International Institute of Social Studies (ISS)

Nah, sekarang buat kamu yang tertarik untuk belajar lebih dalam tentang ilmu sosial, ISS adalah tempat yang pas buat kamu.

Kualitas dan mutu pendidikannya di bidang sosial sudah tidak perlu diragukan lagi. ISS yang merupakan bagian dari Erasmus University Rotterdam ini, menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik di Belanda untuk bidang Social Sciences and Management berdasarkan QS Top University.

Pilihan jurusan yang dapat kamu ambil di ISS untuk studi S2-mu antara lain adalah:

  • Agrarian, Food and Environmental Studies
  • Economics of Development
  • Governance and Development Policy
  • Human Rights, Gender and Conflict Studies: Social Justice Perspectives
  • Social Policy for Development
  • Migration and Diversity Track

Cukup menarik dan beragam bukan?

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di International Institute of Social Studies, klik di sini.

10. Leiden University

Jika dibandingkan dengan universitas yang lain, Leiden University ini adalah universitas yang paling senior.

Pada tahun 1575 Leiden University berdiri sebagai universitas pertama yang ada di Belanda. Reputasi Leiden University tentu tidak perlu diragukan lagi telah diakui secara internasional.

Reputasinya tersebut kemudian menjadikannya universitas yang banyak didatangi oleh mahasiswa-mahasiswa dari luar Belanda. Leiden University memiliki mahasiswa yang berasal lebih dari 110 negara di dunia. Keberagaman ini tentu membuat lingkungan di kampus lebih bervariasi dan berwarna.

Mahasiswa Indonesia di Leiden University merupakan yang paling banyak loh sampai ada organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Leiden yang didirikan sejak tahun 1922. Jika kamu memilih Leiden University sebagai tempat studimu, PPI Leiden akan membantu proses persiapan hingga kamu tiba di Leiden. Kamu bisa cek info lengkapnya disini.

Selain itu, di Leiden University kamu akan banyak mengikuti kelas dengan kuota yang kecil. Hal ini memang sengaja diterapkan agar interaksi antara mahasiswa dan dosen bisa lebih kondusif. Tidak hanya itu, lokasi universitas ini juga strategis karena terletak di kota Leiden yang terkenal sebagai kota yang aman bagi pelajar dan juga kaya akan sejarah negara Belanda.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Leiden University, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Italia di EHEF 2018


11. Maastricht School of Management (MSM)

Sekolah yang berdiri pada tahun 1952 ini terletak di kota Maastricht.

Buat kamu yang tertarik untuk mengambil program studi bisnis dan manajemen di Belanda, maka Maastricht School of Management (MSM) adalah destinasi yang tepat buat kamu. MSM telah memegang peringkat pertama dalam kategori Top Business School di Belanda sejak tahun 2010. Tidak hanya itu, satu tahun berselang MSM juga meraih peringkat pertama di dunia sebagai Top Business School.

Pengakuan ini tentu telah menjadi bukti bahwa sekolah ini memiliki kredibilitas dan kualitas pendidikan yang luar biasa bagus di bidang bisnis. Jadi, buat kamu yang tertarik untuk belajar lebih mendalam mengenai bisnis di Belanda, MSM adalah tempat yang cocok buat kamu.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Maastricht School of Management (MSM), klik di sini.

12. Maastricht University (MU)

Maastricht University merupakan universitas termuda dan salah satu universitas paling internasional yang ada di Belanda. QS Rankings dan THE menobatkan Maastricht University sebagai salah satu universitas muda terbaik di dunia. Tidak hanya itu, beberapa program studi di universitas ini juga menempati posisi Top 100 di dunia, antara lain:

  • Business & Economics (posisi 45)
  • Clinical, Pre-clinical and Health (posisi 59)
  • Social Sciences (posisi 65)

Di Belanda sendiri, beberapa program di Maastricht University masuk ke dalam Top 3 terbaik di bidangnya. Psychology menempati posisi pertama, Dutch Law menduduki posisi nomor 3, dan program Medivine berada di posisi kedua berdasarkan Keuzegids Universiteiten 2018.

Selain itum Maastricht University juga menawarkan beberapa program studi unik yang jarang ditemui di universitas lain. Beberapa program studi tersebut adalah:

  • European Public Health
  • Master in Forensics, Criminology and Law
  • Master in Global Health

Lalu, karena 44% mahasiswa di MU adalah mahasiswa internasional maka hampir semua dari program studi di MU menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Maastricht University, klik di sini.

13. Radboud University

Didirikan pada tahun 1923, Radboud University memiliki 13.556 murid di program Sarjana dan 7.411 murid di program Master. Keuzegids Universiteiten 2018 melihat program-program yang ada di Radboud University sebagai Top Programmes. Tidak hanya itu, para mahasiswa di universitas ini juga menilai kualitas pendidikan di Radboud University dengan nilai 8.0 dari 10.0.

Radboud University menyediakan berbagai fasilitas mulai dari rumah sakit universitas, perpustakaan, akomodasi untuk organisasi kampus, pusat olahraga, supermarket, dan toko buku yang memudahkan akses murid dan belajar dan bersosialisasi.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Radboud University, klik di sini.

14. Rotterdam Business School (RBS)

Jika Maastricht punya Maastricht School of Management (MSM), maka Rotterdam punya Rotterdam Business School.

Ada beberapa alasan mengapa RBS harus menjadi sekolah yang patut pertimbangkan bagi kamu yang ingin belajar dunia bisnis.

Rotterdam Business School memiliki populasi mahasiswa internasional yang cukup besar dimana mahasiswanya berasal lebih dari 50 negara di dunia. Semua sistem pengajaran yang diterapkan disini menggunakan bahasa Inggris sehingga memudahkan mahasiswa dari luar Belanda untuk menyerap informasi. Selain atmosfir sekolah yang telah bertaraf internasional, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman internasional melalui tugas-tugas untuk perusahaan-perusahaan internasional.

Di Rotterdam Business School, kamu akan lebih banyak mendapatkan pengajaran dalam bentuk praktik-praktik sehingga ilmu yang kamu dapatkan benar-benar bisa langsung kamu terapkan dalam dunia nyata. Jadi kamu sudah mendapatkan pengalaman berada di dunia bisnis internasional bahkan sebelum kamu bekerja.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Rotterdam Business School, klik di sini.

15. Saxion University of Applied Sciences

Dengan total jumlah murid lebih dari 27.000, Saxion University of Applied Sciences telah menjadi salah satu universitas terbesar di Belanda. Didirikan pada tahun 1875, universitas ini memiliki tiga kampus yang berlokasi di Deventer, Enschede, dan Apeldoorn.

Lingkungan kampus yang multicultural dapat dilihat dari angka murid internasional yang ada di Saxion, yaitu 3.500 murid dari 89 negara. Angka ini juga yang membuat banyak program studi di Saxion University of Applied Sciences menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Saxion University of Applied Sciences, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Jerman di EHEF 2018


16. TIAS Business School – Tilburg University

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik dengan isu-isu seperti kemiskinan, pemanasan global, migrasi, pertumbuhan populasi?

Apa kamu juga salah satu orang yang tertarik untuk membenahi masalah tersebut dari dalam dunia bisnis?

Jika ya, maka TIAS Business School dapat membantu mewujudkan keinginanmu.

Di TIAS Business School kamu akan dikembangkan untuk bisa menjadi pemimpin di masa kini dan masa yang akan datang. Disini kamu akan diajarkan bahwa bisnis tidak hanya semata-mata tentang untung tetapi juga mengembangkan apa yang mereka sebut Shared Value, dimana memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan adalah strategi bisnis yang penting. Disini kamu akan belajar membuat strategi bisnis jangka panjang dan berinovasi.

Keberhasilan universitas ini tidak dinilai dari lembaga luar tetapi justru dari mahasiswa-mahasiswa yang belajar di dalamnya dimana berdasarkan National Student Survey pada tahun 2018, 88% mahasiswa TIAS Business School merekomendasikan program studi yang mereka ambil kepada orang lain. Para mahasiswa memberikan nilai tinggi terhadap konten pelajaran, dosen, sistem edukasi, dan fasilitas belajar yang ada di universitas ini hingga universitas mendapatkan poin 4.34 dari 5.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di TIAS Business School, klik di sini.

17. Tilburg University

Dengan total mahasiswa sebanyak 13.050 orang dimana 1.736 diantaranya adalah mahasiswa internasional dari 100 negara, Tilburg University menawarkan 22 program Sarjana dan 49 program Master.

Berdasarkan Shanghai (ARWU), jurusan Business Administration yang ada di Tilburg University menempati posisi ke 5, sedangkan jurusan Finance menempati posisi ke 8. Sedangkan di dalam ranking nasional menurut Keuzegids Universiteiten, Tilburg University menempati posisi ke 4 saat ini sebagai universitas terbaik di Belanda.

Selain itu, sebagai kota terbesar keenam di Belanda, Tilburg juga menjadi pusat edukasi di Belanda dengan total murid yang berada di dalamnya sebesar 27.000 murid. Kota Tilburg menawarkan berbagai hal menarik bagi mahasiswa yang sedang dalam studi di kota ini, mulai dari fasilitas olahraga, Tilburg Concert Hall, De Pont Museum, dan banyak cafe serta restoran.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Tilburg University, klik di sini.

18. University of Amsterdam (UvA)

University of Amsterdam memiliki sejarah yang panjang sejak tahun ia berdiri pada 1632.

The University of Amsterdam menjaga reputasi pendidikan mereka dengan selalu menempatkan diri mereka di Top 100 universitas terbaik di dunia menurut THE Rankings, QS Rankings dan Leiden Ranking. Pada tahun 2018, UvA berada di posisi ke 57 di dunia.

Beberapa program studi mereka juga masuk ke dalam peringkat terbaik di dunia. Program Communication and Media Studies di UvA menempati posisi pertama terbaik di dunia loh. Tidak lupa juga jurusan Dentistry yang ada di peringkat ke-4, Sociology, Anthropology, Linguistics, dan Geography di peringkat ke 14.

UvA juga menawarkan fasilitas yang lengkap untuk murid-muridnya seperti museum-museum yang memiliki banyak koleksi mulai dari artefak serta buku dan manuskrip langka. Museum-museum tersebut antara lain adalah Allard Person Museum, The Specil Collections of the University of Amsterdam, University History Collection, Computer Museum, dan Museum Brolik.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Amsterdam, klik di sini.

19. University of Twente

Saat ini ada kurang lebih 10.000 mahasiswa yang belajar di University of Twente (UT). UT menawarkan 20 program S1 dan 37 program S2 di bidang:

  • Biomedical Technology & Health
  • Engineering
  • European Public Administration
  • IT
  • International Business Administration
  • Behavioural Sciences
  • Science & Technology

UT memiliki reputasi yang tinggi sebagai salah satu dari 25 universitas di Eropa. Dalam skala global, UT masuk ke dalam Top 200 universitas terbaik. Disini, mahasiswa difasilitasi oleh sarana penunjang yang modern dan canggih seperti laboratorium simulasi untuk Technical Medicine, Virtual Reality Lab, Design Lab, dan Robotics Lab.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Twente, klik di sini.

20. Utrecht University

Menurut QS Ranking 2018, Utrecht University berada dalam posisi ketiga sebagai universitas terbaik di Belanda dan menempati posisi ke 46 di Eropa.

Riset-riset yang ada di Utrecht University juga mendapatkan nilai-nilai yang tinggi. Reputasi mereka juga bias dilihat dari angka penerima Penghargaan Nobel yang berjumlah 12 yang mereka dapatkan sejak tahun 1901 mulai dari bidang ekonomi hingga sains.

Utrecht University juga memiliki museum yang di dalamnya terdapat koleksi di bidang sains. Ada juga Utrecht Botanic Gardens yang dibangun pada tahun 1639 dan memiliki variasi tumbuh-tumbuhan yang banyak dan dapat dijadikan bahan untuk studimu.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Utrecht University, klik di sini.

21. Vrije Universiteit Amsterdam

VU Amsterdam didirikan oleh Perdana Menteri Belanda pada saat itu, Abraham Kuyper, pada tahun 1880. Kualitas pendidikan dan riset di VU Amsterdam telah diakui oleh berbagai Lembaga ranking seperti Leiden Ranking, THE Ranking dan Academic Ranking of World Universities.

VU Amsterdam berada di posisi 4 sebagai universitas terbaik di Belanda menurut Leiden Ranking 2016. Beberapa program studi di VU Amsterdam juga menempati posisi 10 besar, seperti:

  • Clinical Medicine & Pharmacy (3)
  • Social Sciene (2)
  • Life & Agriculture (3)
  • Economics & Business (5-6)
  • Chemistry (7)

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Vrije Universiteit Amsterdam, klik di sini.

22. Wageningen University & Research

Wageningen University & Research memfokuskan studi pendidikan mereka di tiga area: pangan dan produksi pangan, lingkungan hidup, dan kesehatan dan gaya hidup.

Wageningen University & Research membuktikan kualitas penelitian mereka dengan menempati posisi atas di berbagai lembaga ranking internasional. Universitas yang sekarang berada di posisi ke 64 di dunia ini memiliki program studi unggulan di bidang pangan, agrikultur, botani, dan lingkungan hidup.

Kualitas pendidikan mereka tidak hanya diakui oleh lembaga ranking tetapi juga oleh mahasiswa mereka sendiri yang mana menempatkan Wageningen University & Research sebagai universitas terbaik di Belanda selama 11 tahun berturut-turut. Persentase murid internasional mereka yang mencapai 25% juga membuat mereka sebagai universitas Belanda pertama yang mendapatkan akreditasi internasional.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Wageningen University & Research, klik di sini.

Ingin kuliah di Belanda tapi masih bingung universitas apa yang paling tepat, program studi apa yang paling pas, atau bagaimana prosedur pendaftarannya?

Kunjungi laman resmi Nuffic Neso Indonesia untuk bertanya-tanya lebih jauh mengenai proses studi ke Belanda.

Nuffic Neso akan hadir juga di EHEF Indonesia 2018 loh, jadi daftarkan dirimu di sini dan siapkan pertanyaan-pertanyaanmu dari sekarang ya!

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Belanda, klik di sini.