Media
Language

Berapa Besar Peluangmu Kuliah di Belanda?

Last updated on 16 Dec 2018

photo-1529333166437-7750a6dd5a70.jpeg

Oleh Erzawansyah

Kamu kerap bertanya-tanya kepada diri sendiri, apakah mungkin kamu melanjutkan studi pada salah satu perguruan tinggi di Belanda?

Atau, kamu punya keinginan yang besar untuk melanjutkan kuliah di negara kincir angin tersebut, namun tak memiliki kepercayaan diri yang cukup?

Setiap perguruan tinggi barangkali memang memiliki syarat akademis dalam mengukur kelayakan seseorang untuk menjadi mahasiswa di kampus mereka. Begitu pun dengan lembaga penyalur beasiswa. Akan tetapi, bukan berarti kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri hilang begitu saja, termasuk ke Belanda.

Tahukah kamu, bahwa ada kriteria-kriteria lain, selain prestasi akademik, yang bisa menjadi penentu keberhasilanmu melanjutkan studi ke sana?

Bahkan, faktor-faktor tersebut bisa juga menjadi penentu bagi kamu untuk mendapatkan beasiswa.

Aplikasimu ke perguruan tinggi atau lembaga penyalur beasiswa juga punya peran penting di sana.

Semisal, kamu memiliki nilai yang cenderung pas-pasan. Tidak terlalu tinggi, tapi juga tidak terlalu rendah. Namun, kamu memiliki motivasi yang besar untuk melanjutkan studi di Belanda.

Sejauh motivasi tersebut bisa kamu tuangkan dengan baik di dalam aplikasimu, maka peluangmu untuk mendapatkan beasiswa di Belanda, tetap terbuka.

Itu mengapa, motivation letter sangat penting buat kamu sebagai pintu masuk untuk mewujudkan mimpimu berkuliah di Belanda. Dalam motivation letter, kamu bisa memberi tahu pihak universitas segala hal tentang kamu, yang membuat mereka patut mempertimbangkanmu.


Untuk daftar beasiswa Kuliah di Belanda, klik di sini.


Pengalaman dan jenjang karir, juga merupakan faktor lain yang bisa jadi penentu kamu kuliah di luar negeri.

Pengalaman yang dimaksud, bisa berupa pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja, atau pengalaman-pengalaman lain yang berhubungan dengan aplikasimu.

Percayalah, bahwa kemampuanmu tidak hanya diukur melalui nilai akademis selama menjalani kuliah. Misalnya, saat kuliah S1 dulu, kamu aktif di berbagai organisasi dan memiliki jam terbang yang baik, menjadi ketua dan berhasil membuat organisasi yang memayungimu meraih prestasi di bidang bersangkutan. Hal itu tentu akan menjadi pertimbangan bagi pihak universitas dalam melakukan penilaian terhadap dirimu.

Apalagi, bila seluruh pengalaman yang kamu miliki, menunjang bidang keilmuan yang kamu minati.

Ini akan menjadi nilai lebih buat kamu dibandingkan dengan peserta lain. Karena pada dasarnya, orientasi pendidikan tinggi di Belanda merujuk pada aplikasi keilmuan dalam dunia nyata.

Apabila kamu memilih bidang keilmuan yang sebelumnya telah kamu geluti, tentu pihak universitas akan menilai kamu sebagai pendaftar yang memiliki pengalaman. Dimana ketika kamu diterima di universitas mereka, kamu mampu untuk mengembangkan potensimu ke titik maksimal.


Temukan daftar universitas di Belanda, di sini.


Jadi, jangan mundur sebelum melangkah!

Banyak perguruan tinggi dan penyalur beasiswa memang menetapkan standar akademik tertentu bagi para pendaftar. Namun, bukan berarti ketika kamu memiliki nilai akademik yang pas-pasan, lantas kesempatan untuk diterima di sana tertutup begitu saja.

Pihak universitas, maupun penyalur beasiswa, pastinya tidak akan mengabaikan kemampuan lain yang kamu miliki. Jadi, jangan menyerah terlebih dahulu sebelum kamu mencobanya.

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan dalam waktu dekat ini ialah menghadiri Dutch Placement Day (DPD) 2018, pameran pendidikan tinggi Belanda yang diselenggarakan oleh Nuffic NESO Indonesia di dua kota-kota berikut:

SURABAYA

Waktu : Selasa, 6 November 2018 (13.00 WIB s/d 18.00 WIB)

Lokasi : Four Points Hotel - Tunjungan Plaza

JAKARTA

Waktu : Jumat, 9 November 2018

Lokasi : Perpustakaan Nasional RI - Jl. Medan Merdeka Selatan No 11

Daftarkan dirimu di halaman ini.

Dengan menghadiri acara tersebut, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pihak perguruan tinggi dari Belanda. Ada sekitar 27 perguruan tinggi Belanda yang akan hadir dalam pameran tersebut. Dalam acara tersebut, akan ada seminar menarik, serta presentasi dari pihak-pihak universitas di Belanda, mengenai kuliah di sana.

Selain itu, ada juga one-on-one session, sesi pertemuan tatap muka antara calon mahasiswa dan pihak universitas. Karena pada sesi tersebut peluangmu untuk mengajukan aplikasi ke universitas akan dikupas tuntas, maka diharapkan kamu membawa dokumen-dokumen yang berkaitan, seperti CV, transkrip nilai, ijazah, dll.

Untuk diketahui, tidak semua pengunjung dapat mengikuti one-on-one session. Untuk itu, bila kamu berminat mengikutinya, kamu bisa mendaftarkan diri dengan mengunjungi halaman berikut.

Hal menarik lainnya, adalah IELTS Prediction Test, yang tentunya membuat kamu semakin tahu seberapa besar peluangmu mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Belanda.

Untuk mendaftar try-out IELTS, kamu juga bisa melakukan pendaftaran secara gratis di halaman ini.

Jadi, tunggu apalagi, hadiri DPD 2018 dan daftarkan dirimu segera. Gratis, lho! Klik di sini.


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Belanda, klik di sini.