Media
Language

Jajaran Universitas Jerman di EHEF 2018

Last updated on 26 Sep 2018

IMG_4300.JPG

Oleh Kristantinova


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Tahukah kamu kalau Jerman merupakan negara ketiga yang menjadi destinasi paling favorit bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan kuliahnya?

Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

Jerman sebagai rumah bagi penemuan-penemuan penting di dunia memang tempat yang menarik untuk memperdalam ilmu.

Banyak penemu-penemu yang karyanya dipakai oleh kita dalam kehidupan sehari-hari berasal dari Jerman. Jika kita membahas mobil, Jerman punya BMW, Mercedes Benz, Audi, hingga Volkswagen. Belum lagi teknologi airbag yang bermanfaat dalam pengembangan keselamatan dalam berkendara di mobil. Jika kita mundur lagi ke belakang, Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak kertas pertama di dunia pada tahun 1450. Belum lagi kontribusi Albert Einstein dalam Teori Relativitas dan teknologi X-ray yang bermanfaat di bidang kedokteran hingga saat ini.

Banyaknya penemuan-penemuan penting yang lahir dari negara Jerman menjadikan universitas-universitas di Jerman, sebagai tempat lahirnya ide-ide inovatif, dipandang oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Hal ini tentu berperan penting ketika kamu lulus kuliah nanti karena latar belakangmu yang berasal dari universitas kredibel di Jerman akan memudahkanmu dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu.


Untuk daftar lengkap beasiswa di Jerman, klik di sini.


Nah, penasaran kan universitas Jerman mana saja sih yang akan hadir di EHEF 2018 nanti? Yuk kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Goethe Institut

Goethe-Institut merupakan pusat kebudayaan Jerman yang secara aktif mempromosikan studi ke Jerman dan mendorong pelajar internasional untuk melanjutkan studinya ke Jerman. Goethe-Institut juga memiliki layanan pembelajaran bahasa Jerman baik untuk kursus individual maupun kursus spesialis. Di Indonesia, Goethe-Institut dapat ditemukan di Jakarta dan Bandung. Kamu bisa memilih tipe kursus yang ingin kamu ikuti berdasarkan intensitas waktunya, ada yang Extensive, Intensive, dan Super Intensive.

The Goethe-Institut juga menjadi penyelenggara ujian bahasa Jerman. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke Jerman dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Jerman, TestDAF adalah ujian bahasa Jerman yang harus diambil oleh setiap murid. Mulai dari level B2 hingga C1, kamu bisa ambil level ujiannya di The Goethe-Insitut.

Selain itu, di The Goethe-Insitut kamu juga bisa mempelajari banyak kehidupan dan kebudayaan yang ada di Jerman. Kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan yang ada di setiap lokasinya.

Untuk info lebih lanjut mengenai The Goethe-Institut, klik di sini.

2. Hochschule Wismar – University of Applied Sciences: Technology, Business and Design

Universitas yang didirikan pada tahun 1908 ini memiliki tiga fakultas: Fakultas Teknik, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Desain. Universitas ini juga merupakan universitas terbesar dan tertua ketiga di Mecklenburg-Vorpommern, Jerman.

Universitas ini menawarkan lebih dari 50 program studi dimana beberapa program studi Maritimnya memiliki hubungan kerja sama dengan European Cruise Academy. Kebanyakan dari program studi Sarjana disini menghabiskan waktu 3 sampai 3.5 tahun sedangkan jurusan Masternya menghabiskan waktu 1.5 sampai 2 tahun.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Hochschule Wismar – University of Applied Sciences, klik di sini.

3. Hof University

Universitas yang berada pada urutan 54 di QS Rank ini menyediakan berbagai program studi mulai dari Bisnis, Engineering, dan Computer Science.

Untuk program Master berbasis bahasa Inggris yang masa belajarnya adalah 2 tahun, Hof University memberikan kalian beberapa pilihan yang antara lain adalah program Master Operational Excellence (MBA and M.Eng), program MBA General Management, program Software Engineering for Industrial Applications (M.Eng), Innovative Textiles (B.Eng), Global Management (M.A.), dan German-Indian Management Studies (M.B.A.).

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Hof University, klik di sini.

4. IUBH University of Applied Sciences

Buat kamu mahasiswa internasional yang ingin belajar ilmu perhotelan dan pariwisata di Jerman, IUBH bisa masuk ke dalam daftar pertimbanganmu. Salah satu program studi yang unggul di universitas ini adalah jurusan manajemen perhotelan dan pariwisata. Hal ini dapat terlihat dari penghargaan yang IUBH terima untuk program studi tersebut dari Hotel School of Distinction dan UNWTO.Tedqual.

Selain itu, buat kamu yang ragu untuk kuliah ke Jerman karena takut materinya diajarkan dalam bahasa Jerman, IUBH menawarkan kelas yang secara penuh diajarkan dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan mahasiswa internasionalnya untuk memahami materi yang diberikan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di universitas yang bekerja sama dengan IUBH selama satu tahun dan mendapatkan double degree. Untuk kualitas lulusannya, IUBH memang mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa bekerja di dunia global. Hal ini terlihat dari bagaimana sekitar 75% dari lulusan IUBH bekerja di perusahaan internasional dan 33% lulusannya bekerja di luar negeri.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di IUBH University of Applied Sciences, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Italia di EHEF 2018


5. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)

Didirikan pada tahun 2009, KIT memiliki kurang lebih 25.495 murid yang tersebar di dalam 6 fakultas: Arts; Sports; Law, Economics and Social Sciences; Mathematics and Natural Sciences; Engineering Sciences; dan Science of Art. Berdasarkan QS Rankings, KIT menempati posisi ke 107 pada tahun 2018.

Dengan kurang lebih 25.495 mahasiswa yang berada di dalamnya, KIT menawarkan program pembelajaran yang berfokus pada banyak aktivitas riset untuk menciptakan inovasi-inovasi baru.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Karlsruhe Institute of Technology (KIT), klik di sini.

6. University of Applied Sciences Würzburg – Schweinfurt

Universitas yang dibangun pada tahun 1807 memiliki 10 fakultas dan menawarkan lebih dari 40 program studi. Hal ini menjadikannya salah satu universitas teknik terbesar dan terbaik di Bavaria.

Universitas ini berfokus pada bidang studi sains dan banyak mendapatkan pendanaan dari German Research Foundation untuk riset-risetnya. Salah satu alumni yang pernah berkuliah di universitas ini adalah pemenang Nobel untuk Fisika pada tahun 1901, Wilhelm Röntgen, untuk penelitian X-ray nya.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Applied Sciences Würzburg – Schweinfurt, klik di sini.

7. University of Duisburg – Essen (UDE)

Didirikan pada tahun 2003, UDE menempati posisi ke 19 dalam Young University Rankings 2018. Sebagai salah satu universitas termuda di Jerman, UDE merupakan salah satu universitas terbesar juga di Jerman dengan 11 fakultas di dalamnya, mulai dari Humanities hingga Engineering.

UDE juga masuk ke dalam Top 10 universitas di Jerman yang berbasis penelitian. Pengembangan riset mereka berfokus di 4 area: Nanosciences, Biomedical Sciences, Urban System, dan Transformation of Contemporary Societies.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Duisburg – Essen (UDE), klik di sini.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Jerman, klik di sini.