Media
Language

Jajaran Universitas Swedia di EHEF 2018 [Updated]

Last updated on 18 Nov 2018

IMG_7269 copy.JPG

Photo by SuciAriyanti via Unsplash

Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Kristantinova

Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke Swedia itu berarti kamu akan telah memilih salah satu negara paling inovatif di dunia.

Beberapa penemuan yang lahir dari negara ini antara lain adalah seatbelts, alat pacu jantung, dan yang terbaru ini adalah Spotify.

Studi di Swedia, kamu akan didorong untuk berpikir kritis dan kreatif. Kamu akan dikembangkan untuk bisa menciptakan suatu penemuan-penemuan baru atau mengembangkan penemuan yang telah ada.

Terlepas dari populasi negaranya yang kecil, Swedia adalah rumah dari beberapa universitas terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Swedia dinilai sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa universitasnya masuk ke dalam jajaran Top Universities dalam Times Higher Education dan Academic Ranking of World Universities.

Selain dari segi pendidikan, memilih Swedia sebagai destinasimu berarti kamu memilih negara yang sangat peduli dengan lingkungan alam. Kamu bisa menikmati suasana alam yang begitu beragam dan terawat di Swedia, mulai dari hutan, pegunungan, hingga pantai.

Poin plus lainnya dari studi di Swedia adalah masyarakatnya yang fasih berbicara bahasa Inggris sehingga kamu tidak perlu takut dan khawatir untuk bisa beradaptasi disana karna keterbatasan bahasa.

Pada EHEF Indonesia 2018, ada tiga belas universitas dari Swedia yang akan hadir dan menawarkan program studi terbaik mereka untukmu. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Chalmers University of Technology

Buat kamu yang tertarik untuk kuliah di Swedia dan ingin mengambil jurusan teknik mesin, arsitektur, atau teknik elektronika, maka universitas ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Berdasarkan QS World University Ranking, universitas yang didirikan pada tahun 1829 ini masuk ke dalam top 100 universitas terbaik untuk program studi yang kami sebutkan diatas tadi. Hal serupa juga disematkan oleh Times Higher Education yang menempatkan program studi Engineering and Technology universitas ini ke dalam top 100 terbaik di dunia dengan menduduki peringkat ke 76.

Mutu dan kualitas pendidikan Chalmers tidak berhenti sampai disitu, menurut UKA (The Swedish Higher Education Authority) ada 16 program studi di Chalmers yang digolongkan ke dalam program studi dengan kualitas sangat bagus dan 27 program studi dengan kualitas bagus.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Chalmers University of Technology, klik di sini.

2. Halmstad University

Halmstad University yang berdiri sejak tahun 1983 memfokuskan dirinya pada pengembangkan inovasi sains, teknologi informasi serta kesehatan dan gaya hidup. Saat ini Halmstad memiliki kurang lebih 10.600 mahasiswa. Universitas ini juga berlokasi di kota kecil yang sangat banyak memiliki lahan hijau yang sangat mendukung proses belajarmu. Meskipun berada di kota kecil tetapi kota Halmstad dekat dengan kota-kota besar di sekitarnya.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Halmstad University, klik di sini.

3. Jönköping University

Usia universitas ini memang masih terbilang muda dibandingkan dengan universitas-universitas di Swedia lainnya tetapi Jönköping University merupakan salah satu universitas yang paling banyak mahasiswa internasionalnya loh. Dari 11.000 mahasiswa yang berkuliah disini, 2.000 diantaranya adalah mahasiswa dari berbagai macam benua, dimana mahasiswa dari negara-negara di Asia adalah mahasiswa internasional yang paling banyak kedua disini.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Jönköping University, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Belanda di EHEF 2018 [Updated]


4. Karolinska Institutet

Universitas yang berdiri pada tahun 1810 ini mendedikasikan dirinya untuk pendidikan di bidang medis dan kesehatan dengan reputasi tinggi untuk penelitian dan inovasi di bidang tersebut. Universitas yang sering disingkat KI ini secara konsisten berada dalam top 50 universitas terbaik di dunia dan top 10 universitas terbaik di Eropa untuk bidang medis.

Untuk program studinya sendiri, program “Clinical Science” di KI menempati posisi nomor 21 terbaik di dunia dan posisi 5 terbaik di Eropa. Selain itu, ada juga jurusan “Pharmacy and Pharmaceutical Sciences” yang menduduki ranking 7 di dunia dan ranking 3 di Eropa. Buat kamu yang tertarik belajar “Biological Sciences”, KI juga unggul dengan menduduki ranking 14 di dunia dan ranking 3 di Eropa.

KI juga merupakan universitas yang diberikan kepercayaan oleh Alfred Nobel untuk memberikan penghargaan Nobel di bidang Psikologi dan Kedokteran setiap tahunnya.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Karolinska Institutet, klik di sini.

5. Kristianstad University

Dirikan pada tahun 1977, Kristianstad University hanya berjarak 10 menit dari pusat kota Kristianstad. Universitas yang menawarkan 60 program studi dan 300 kelas ini memiliki beberapa program studi andalan. Program studi seperti The Business Administarion, the Study Programme in Oral Health, the Master programme in Psychology, dan the Food and Meal Science Programme telah dievaluasi oleh Swedish Higher Education Authority dan dinyatakan memiliki kualitas program yang tinggi sehingga masuk ke dalam program terbaik di Swedia.

Kristianstad University juga menjadi satu-satunya universitas di Swedia yang menerapkan pembelajaran berdasarkan penempatan kerja (work-placement-based) di semua program studi S1 mereka. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan para murid yang akan memasuki dunia kerja nanti.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Kristianstad University, klik di sini.

6. KTH Royal Institute of Technology

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1827 ini telah menjadi salah satu universitas yang terdepan dalam pendidikan di bidang teknik dan engineering loh. KTH bekerja banyak bersama dengan industri dan masyarakat untuk mencari solusi dari masalah-masalah seperti pemanasan global. Untuk mencapai solusi tersebut, KTH memberikan fokus perhatiannya terhadap beberapa bidang riset berikut ini E-science, IT and mobile communication, transport research, production engineering, dan molecular biosciences.

Setidaknya ada sekitar 2.606 murid baru setiap tahunnya yang masuk universitas ini. Selain itu, KTH juga menduduki peringkat ke 33 sebagai universitas terbaik di Eropa dan peringkat ke 24 di dunia untuk program studi Architecture/Built Environment menurut QS Rankings.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di KTH Royal Institute of Technology, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Hongaria, Irlandia, Polandia, Republik Ceko, Romania dan Swiss di EHEF 2018 [Updated]


7. Linköping University

Dengan total 27.000 murid, Linköping University memiliki fokus pendidikan dan riset di bidang material science, IT, dan hearing.

Tahukah kamu kalau salah satu alumni dari Linköping University, Mattias Bergbom, pernah menjadi bagian dari tim yang bekerja untuk film The Curious Case of Benjamin Button yang diperankan oleh Brad Pitt?

Pada kala itu, Mattias bekerja untuk efek visual pada rambut Brad Pitt. Dan tahukah kamu bahwa tim visual efek tersebut mendapatkan nominasi di Academy Awards for Best Visual Effects?

Didirikan pada tahun 1975, Linköping University menawarkan 25 program Master berbasis bahasa Inggris yang mencakup berbagai bidang ilmu. Buat kamu yang tertarik untuk memperdalam ilmu seputar teknologi, sains, bioelektronik, universitas ini dapat menjadi bahan pertimbanganmu. Siapa tahu, kamu dapat masuk nominasi dan bahkan mendapatkan penghargaan bergengsi juga.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Linköping University, klik di sini.

8. Mälardalen University

Universitas yang kerap kali disingkat MDH ini berfokus pada empat area pendidikan: ekonomi, kesehatan, pendidikan guru, dan teknik. Kualitas pendidikan universitas ini dapat terlihat dari persentase lulusannya, dimana 84% lulusan MDH langsung mendapatkan pekerjaan di lingkup kerja yang sesuai dengan program studinya dalam kurun waktu 1 tahun.

Selain itu, pada tahun 1999 MDH merupakan universitas pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat international ISO14001 standard untuk lingkungannya. Hal ini menunjukkan bagaimana universitas ini memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu lingkungan dan berusaha untuk menciptakan ruang belajar yang ramah lingkungan.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Mälardalen University, klik di sini.

9. Linnaeus University

Linnaeus University merupakan universitas yang berdiri pada tahun 2010 melalui penggabungan antara Växjö University dan University of Kalmar. Untuk program pendidikan S1, universitas ini menawarkan program di bidang bisnis dan ekonomi, komputer/IT, desain, dan matematika.

Sedangkan untuk program pendidikan S2, universitas ini menawarkan lebih banyak program yang antara lain ada:

  • Business and economics
  • Behavioural sciences
  • Computer science/IT
  • Cultural studies and social sciences
  • Design
  • Mathematics
  • Natural sciences
  • Technology and engineering

Selain itu, universitas ini juga memiliki hubungan kolaborasi yang dekat dengan IKEA, perusahaan furniture terbesar di dunia. Salah satu hasil kolaborasi universitas ini dengan IKEA adalah dengan dibuatnya program studi untuk S2 di bidang ‘Innovation through Business, Engineering and Design’ pada tahun 2013.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Linnaeus University, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Jerman di EHEF 2018 [Updated]


10. Lund University

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1666 ini masuk dalam Top 100 universitas terbaik di dunia loh, menduduki posisi ke 78 menurut QS Rankings. Universitas dengan total populasi 40.000 mahasiswa ini juga memiliki beberapa program studi yang masuk dalam Top 50 program studi terbaik menurut QS, yang antara lain adalah Geografi (urutan ke 16), Development Studies (urutan ke 28), Environmental Studies (urutan ke 33), keperawatan (urutan ke 44), dan pariwisata-perhotelan (urutan ke 48). Lund University juga diakui sebagai universitas dengan kampus teraman berdasarkan penghargaan dari Security Awards 2015 dan 2016 Skydd och Sakerhet.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Lund University, klik di sini.

11. Swedish University of Agricultural Sciences, SLU

Buat kamu yang tertarik dengan bidang agrikultur dan perhutanan maka universitas ini cocok untukmu karena universitas menduduki peringkat ke 4 untuk program studi tersebut berdasarkan QS Rankings. Program studi lainnya yang juga tidak kalah bagusnya adalah Plant and Animal Science, yang menduduki peringkat ke 13, Environment/Ecology yang menduduki peringkat ke 22 berdasarkan U.S. News Best Global Universities. Universitas ini juga masuk ke dalam Top 5 universitas terbaik di Swedia jadi kualitas pendidikan di universitas ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Swedish University of Agricultural Sciences, SLU, klik di sini.

12. University of Gothenburg

Didirikan pada tahun 1891, The University of Gothenburg memiliki lebih dari 38.000 mahasiswa dan 8 fakultas. Fakultas yang ada di universitas ini antara lain adalah:

  • Pharmacy, Medicine, Odontology and Health Care Sciences
  • Natural Sciences
  • Arts and Humanities
  • Fine, Applied and Performing Arts
  • Social Sciences
  • Business, Economics and Law
  • Education
  • Information Technology.

Universitas ini juga bekerja sama dengan Chalmers University of Technology (salah satu universitas top di bidang teknik di Swedia) terutama di bidang teknologi informasi, fisika, matematika, dan kimia. Disini, mahasiswa akan diajak untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajan dan mengembangkan kemampuan problem-solving mu sehingga kamu dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, lokasi universitas ini juga strategis loh. Buat kamu yang senang travelling, kamu bisa mengunjungi Copenhagen dan Oslo menggunakan kereta, atau kamu jgua bisa mengunjungi Roma, Budapest, Berlin dan Barcelona hanya dalam waktu tempuh beberapa jam menggunakan pesawat.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Gothenburg, klik di sini.


Baca juga: Jajaran Universitas Italia di EHEF 2018 [Updated]


13. Uppsala University

Didirikan sejak tahun 1477, Uppsala merupakan universitas pertama yang berdiri di Swedia. Saat ini, Uppsala menempati posisi ke 63 di dunia berdasarkan Academic Ranking of World Universities, posisi ke 112 berdasarkan QS Rankings 2018 dan posisi ke 86 menurut THE 2018. 8 Penghargaan Nobel dengan lebih dari 3,000 peneliti dan 5,000 publikasi riset, membuat Uppsala dianggap sebagai universitas terdepan di bidang riset.

Uppsala memiliki beberapa museum, dimana banyak koleksi sains, seni, dan budaya yang berasal dari abad pertengahan. Beberapa museum yang ada adalah Museum Gustavanium, Museum of Evolution, dan Museum of Medical History. Museum-museum yang ada di Uppsala University menjadi sumber informasi penting dalam berbagai penelitian dan dalam pendidikan.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Uppsala University, klik di sini.

Ingin kuliah di Swedia tapi masih bingung universitas apa yang paling tepat, program studi apa yang paling pas, atau bagaimana prosedur pendaftarannya?

Yuk datang ke EHEF Indonesia 2018 dan konsultasi langsung ke pihak kedutaan Swedia yaitu Study In Sweden - Swedish Institute. Daftarkan dirimu secara GRATIS di sini!