Media
Language

Asyiknya Kuliah di Swedia!

Last updated on 26 Sep 2018

2018-06-18 19.03.32.jpg Photo by Agnieszka Boeske via Unsplash

Oleh Yuli S.

Kalian tahu nggak sih kalau Kånken backpack yang sekarang sedang banyak digemari anak-anak muda itu dibuat oleh brand asal Swedia, yaitu Fjällräven?

Selain itu, Swedia juga terkenal dengan kehijauan dan kekayaan alamnya di mana danau, ladang dan hutan mendominasi struktur alam negara ini.

Negara kecil yang berbatasan dengan Finlandia dan Norwegia ini termasuk salah satu negara yang patut diperhitungkan sebagai pilihan tujuan negara untuk melanjutkan kuliah kalian di Eropa.

Mau tahu lebih lanjut kenapa alasannya?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadikan Swedia pilihan negara untuk melanjutkan kuliah:

1. Universitas unggulan dunia

Beberapa universitas di Swedia mempunyai reputasi pendidikan yang sangat baik, bahkan termasuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik di dunia menurut versi Times Higher Education.

Beberapa universitas terbaik di Swedia ini yaitu Karolinska Institute, Uppsala University, Lund University, Stockholm University dan KTH Royal Institute of Technology.

Setiap universitas ini mempunyai beberapa program unggulan yang berbeda-beda, contohnya Karolinska Institute yang mempunyai keunggulan di program Health and Life Sciences dan Uppsala University yang mempunyai program favorit di bidang Law, Medicine dan juga Psychology.


Untuk daftar lengkap Universitas di Swedia, klik di sini.


2. Kesempatan kerja bagi mahasiswa internasional

Ada keuntungan besar bagi mahasiswa internasional yang kuliah di Swedia.

Bagi pelajar internasional, mereka diperbolehkan untuk mengambil kerja sampingan (part-time).

Bila kalian mau mencari uang tambahan untuk biaya hidup maupun kuliah, kalian bisa mencari kerja tambahan sebanyak yang kalian mau asalkan jangan sampai pelajaran kalian keteteran ya.

Bila mahasiswa sudah lulus kuliah, mereka juga diberikankesempatan memperpanjang ijin tinggal di Swedia selama maksimal 6 bulan dan mereka bisa gunakan waktu tersebut untuk mencari pekerjaan tetap.

3. Metode pengajaran yang baik

Meskipun Swedia merupakan negara yang tidak terlalu besar dan jumlah penduduknya juga sedikit, negara ini mempunyai reputasi pendidikan yang baik.

Metode pengajaran yang diutamakan adalah mendorong pemikiran yang independen, kreatif dan kritis.

Pelajar didorong untuk mengeluarkan opini mereka dan menekankan pentingnya diskusi dan jawab. Hal ini dimaksudkan agar pelajar bisa menganalisa suatu masalah sekaligus menemukan solusinya dengan baik.

Tidak heran kalau Swedia merupakan salah satu negara di dunia yang cukup banyak menelurkan penemuan-penemuan inovatif. Banyak perusahaan kelas dunia lahir di Swedia seperti IKEA, TetraPak, Volvo dan Ericcson.


Untuk informasi mengenai Beasiswa Kuliah ke Swedia lainnya, klik di sini.


4. Keasrian lingkungan dan penghijauan yang baik

Faktor penting lainnya adalah lingkungan tempat kalian belajar. Bagaimanapun dengan lingkungan yang baik, kalian akan lebih betah belajar di negeri orang.Lingkungan yag baik juga akan mendorong kalian untuk hidup lebih sehat.

Menurut studi yang dilakukan oleh RobecoSAM tahun 2015, Swedia dinobatkan sebagai “the most sustainable country in the world”. Swedia mampu melakukan penghematan dan pendaurulangan energy secara baik, selain itu negara ini juga sangat menjaga lingkungan dan penghijauan alam nya.

Swedia mempunyai banyak taman-taman nasional dan area-area hijau dan natural lainnya yang terjaga dengan baik yang memungkinkan kalian bisa sangat menikmati waktu kalian di negara ini.

5. Pengggunaan bahasa Inggris yang umum

Di Swedia, penggunaan bahasa Inggris sudah sangat umum. Bahkan mata kuliah pelajaran pun diajarkan dalam bahasa Inggris. Pelajar internasional tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi selama masa studi maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Nah sudah baca kan alasan-alasan penting kenapa kamu harus pilih Swedia sebagai tujuan negara kalian untuk melanjutkan kuliah?

Tunggu apalagi, yuk mulai cari tahu mengenai informasi pendaftaran dan persiapkan persyaratannya dengan matang!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Swedia, klik di sini