Media
Language

Jajaran Universitas Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Hongaria, Irlandia, Polandia, Republik Ceko, Romania dan Swiss di EHEF 2018 [Updated]

Last updated on 23 Aug 2019

IMG_7099.JPG


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Kristantinova

Austria

Austria merupakan satu dari 15 negara yang memiliki kualitas hidup paling baik di dunia.

Memutuskan untuk melanjutkan studi disana berarti kamu akan merasakan lingkungan yang kondusif yang mendukung proses belajarmu. Austria juga menjadi salah satu negara yang paling aman di dunia dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah.

Jika dilihat dari segi mutu pendidikan, Austria juga mendapatkan skor 9/10 dan menempati posisi keempat sebagai negara yang paling nyaman bagi pelajar internasional.

Buat kamu yang mau tahu lebih seputar studi di Austria, universitas mana saja yang memiliki reputasi bagus, dan bagaimana prosedur untuk bisa studi kesana, kamu bisa datang ke EHEF Indonesia 2018 dan bertanya-tanya dengan Kedutaan Besar Austria disana.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Austria, klik di sini.


Belgia

Buat kamu yang senang dengan suasana sekitar yang penuh dengan bangunan bersejarah, kastil, arsitektur bergaya klasik, karya-karya seni dan festival, maka Belgia dapat menjadi destinasi studi yang tepat untuk kamu.

Selain dari suasana dan lingkungannya yang indah, penduduk di Belgia juga cukup fasih dalam berbicara bahasa Inggris sehingga memudahkanmu dalam berkomunikasi disana. Pada EHEF 2018 kali ini, salah satu universitas dari Belgia akan hadir untuk meramaikan pameran pendidikan tahunan ini. Simak ulasan singkatnya berikut ini.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Belgia, klik di sini.


1. VIVES University of Applied Sciences

VIVES merupakan universitas hasil gabungan dari dua universitas, KHBO dan KATHO. Pada tahun 2010 kedua universitas sepakat untuk bergabung dan pada tahun 2012 nama VIVES diumumkan ke publik.

Dengan total 13,500 mahasiswa di dalamnya, VIVES merupakan salah satu universitas terbesar yang ada di Belgia.

VIVES menawarkan program studi di enam area studi:

  • Applied Engineering and Technology
  • Applied Social Studies
  • Biotechnology
  • Commercial Sciences
  • Business Management and Informatics
  • Education and Health Care.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di VIVES University of Applied Sciences, klik di sini.


Denmark

Pada EHEF 2018 ini, negara tempat asal muasal mainan Lego ini akan menghadirkan perwakilan dari Kedutaan Besarnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaanmu seputar studi di Denmark.

Sistem pengajarannya yang berbeda dengan negara-negara lain menjadi salah satu alasan mengapa Denmark menarik untuk dijadikan destinasi studi.

Di Denmark murid akan mengikuti kelas-kelas dalam skala ruangan yang kecil sehingga proses belajar mengajar akan lebih fokus. Selain itu, studi-studi yang ada di Denmark banyak berorientasi internasional dan menggabungkan antara belajar dengan riset sehingga kemampuan praktikalmu akan jauh lebih terasah.

Tidak hanya proses belajar di dalam kelas, universitas di Denmark juga memerhatikan interaksi sosial murid-muridnya di luar kelas. Buat mereka, kehidupan sosial merupakan sesuatu yang penting untuk dibina dengan baik. Jadi jangan heran kalo disana akan sering ada pertemuan rutin yang juga mencakup kegiatan sosial seperti balapan perahu di danau.

Selain itu, tahukah kamu kalau Denmark dinobatkan sebagai negara paling bahagia kedua di dunia menurut World Happiness Report 2018.

Dukungan sosial, kebebasan dalam memilih serta budaya saling memberi satu sama lain merupakan kebiasaan-kebiasaan yang umum di Denmark.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Denmark, klik di sini.


Finlandia

Sebagai salah satu negara yang terletak di paling utara dunia, Finlandia memiliki kecantikan alam dan kelebihan lainnya yang tidak dimiliki negara-negara Eropa bahkan negara-negara di dunia. Tetapi masih banyak orang yang ragu dan bertanya-tanya untuk melanjutkan studi ke Finlandia.

Alasan pertama mengapa Finlandia cocok untuk destinasi studimu adalah karena keindahan alamnya.

Memang tujuan utamamu adalah untuk belajar tetapi buat kamu senang mengeksplor keindahan negara yang jarang dijamah oleh pelajar-pelajar lainnya maka Finlandia dapat menjadi pilihanmu.

Selain itu, meskipun Finlandia adalah negara kecil dan jarang terdengar beritanya tetapi sistem pendidikan disini sangat berkualitas.

Finlandia secara konsisten berada dalam top 5 PISA (Program for International Student Assessment) Scores.

Yang lebih menariknya lagi, masyarakat di Finlandia rata-rata bisa berbicara bahasa Inggris dan ada sekitar 450 program studi di Finlandia yang berbasis bahasa Inggris.

Tahun lalu, Finlandia menduduki posisi ke 4 dalam Education First English Proficiency Index.

Tidak berhenti sampai disitu, Finlandia juga memiliki universitas yang dilengkapi fasilitas modern yang berkelas. Jangan lupakan juga bahwa Finlandia adalah negara produsen alat telekomunikasi terkenal di dunia, Nokia. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Finlandia adalah negara kecil tetapi mereka adalah negara yang berkembang dalam teknologi dan mampu bersaing dengan negara-negara besar lainnya.

Jika disimpulkan, Finlandia tidak kalah menariknya dengan negara-negara Eropa lainnya dan patut masuk ke dalam pertimbanganmu untuk dijadikan destinasi studi.

Buat kamu yang penasaran universitas mana saja yang bagus dan cocok denganmu di Finlandia, Kedutaan Besar Finlandia akan hadir di EHEF 2018 nanti.

Yuk buat daftar pertanyaan yang ingin kamu ketahui seputar studi ke Finlandia.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Finlandia, klik di sini.


Selain itu, Finland University juga akan hadir pada EHEF 2018.

Finland University merupakan gabungan dari beberapa universitas: the University of Eastern Finland, University of Tampere, University of Turku, dan Åbo Akademi University. Semua universitas tersebut berada dalam 2% ranking global untuk universitas. Jika digabungkan, keseluruhan dari anggota universitas-universitas ini memiliki lebih dari 57.000 mahasiswa.

Finland University memiliki lebih dari 60 program Master yang mencakup bidang:

  • Natural Science
  • Health and Miomedical Sciences
  • Economics and Business Administration
  • Education
  • Engineering
  • Forest Sciences
  • Information and Communication Technology
  • Language Studies
  • Law
  • Social Sciences.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Finland University, klik di sini.


Hongaria

Negara lainnya yang ikut memeriahkan EHEF 2018 adalah Hongaria.

Tahukah kamu kalau minat pelajar untuk studi ke Hongaria terus meningkat setiap tahunnya, khususnya untuk mereka yang ingin mendalami ilmu kedokteran?

Program studi kedokteran yang ada di Hongaria telah diterima oleh World Health Organization (WHO). Sekolah-sekolah di Hongaria juga banyak yang menawarkan program studi kedokteran dengan bahasa pengantar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya seperti bahasa Jerman.

Selain kualitas pendidikannya yang bagus, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman studi dengan suguhan nilai-nilai sejarah dan budaya yang kuat di sekitarmu.

Pada kesempatan kali ini, Kedutaan Besar Hongaria untuk Indonesia akan hadir untuk memberikan informasi seputar studi di Hungaria.

Buat kamu yang penasaran pengen tanya-tanya soal studi ke Hongaria, yuk langsung aja kunjungi booth-nya di EHEF 2018 nanti!


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Hongaria, klik di sini.


Irlandia

Selanjutnya ada negara tetangga Inggris nih, yaitu Irlandia.

Di Irlandia, bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang digunakan tidak hanya di lingkungan akademik tetapi juga di masyarakat. Hal ini yang menjadi poin plus untuk belajar dan berinteraksi dengan masyarakat lokal selama berkuliah disana.

Selain itu, kualitas pendidikan di Irlandia juga tidak kalah bagusnya dengan negara-negara berbahasa pengantar Inggris lainnya loh. Fakta lain jika kamu memilih studi di Irlandia berarti kamu memilih untuk tinggal di salah satu negara paling ramah dan aman di dunia. Hal ini diakui oleh Lonely Planet pada tahun 2010 dan Global Peace Index pada tahun 2013 loh.

Beberapa universitas dari Irlandia yang akan ikut dalam EHEF 2018 antara lain adalah:

1. Dundalk Institute of Technology

Berlokasi di kota Dundalk, Dundalk Institute of Technology (DkIT) menawarkan pengalaman studi yang dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademikmu secara penuh.

Kegiatan pembelajaran di DkIT dilakukan dalam kelas skala kecil dimana kamu bisa lebih mudah memahami materi dan berinteraksi dengan dosen pengajar. Hal ini juga didukung dengan sistem pengajaran di DkIT yang berkualitas tinggi. Hal ini ditunjukkan pada tahun 2016 dimana tiga dosen DkIT memenangkan National Teaching Awards.

Program studi yang ditawarkan di DkIT juga memiliki peluang kerja yang besar. Disini kamu akan diajarkan untuk mengembangkan kemampuan praktismu yang dapat menjadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan nanti. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman non-akademik dengan bergabung dalam lebih dari 50 klub yang ada di DkIT.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Dundalk Institute of Technology, klik di sini.

2. Limerick Institute of Technology

Limerick Institute of Technology merupakan salah satu dari 14 anggota institusi THEA (Technological Higher Education Association).

Limerick memiliki tiga fakultas yaitu:

  • Faculty of Applied Science
  • Faculty of Engineering and Technology
  • School of Business and Humanities

Universitas ini telah dua kali mendapatkan penghargaan sebagai The Sunday Times Institute of Technology of the Year oleh The Sunday Times University Guide pada tahun 2008 dan 2013.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Limerick Institute of Technology, klik di sini.

3. National University of Ireland, Galway

Berdiri sejak tahun 1845, kini NUI Galway masuk ke dalam Top 1% universitas yang ada di dunia berdasarkan QS Rankings.

Tidak hanya itu, beberapa program studi di NUI Galway juga masuk ke dalam jajaran program studi terbaik di dunia seperti program studi Nursing yang masuk Top 100 dan English Language & Literature yang masuk Top 150. Lalu ada juga program Medicine, Earth & Marine Sciences, dan Geography yang masuk ke dalam Top 200 di dunia.

Selain itu, persentase lulusan NUI Galway yang langsung mendapatkan pekerjaan setelah 6 bulan lulus juga tinggi yaitu di angka 96%. Tidak hanya dari sisi universitasnya, kota Galway sendiri juga menjadi menarik untuk dijelajahi, apalagi setelah mendapatkan predikat Most Charming City oleh New York Times.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di National University of Ireland, Galway, klik di sini.

4. University College Cork

Didirikan pada tahun 1849, University College Cork awalnya hanya memiliki 115 murid. Kini populasinya berkembang menjadi lebih dari 21,000 murid.

UCC banyak terlibat dalam kegiatan dan program yang peduli lingkungan. Hal ini pulalah yang menjadikan UCC salah satu universitas paling ‘hijau’ dan ramah lingkungan di dunia.

Disini kamu juga bisa bergabung dengan ratusan klub, baik olahraga maupun seni, yang dapat memperluas jaringan pertemanan dan menambah pengalaman studimu. Tidak tanggung-tanggung, salah satu klub yang ada di UCC adalah klub skydiving loh!

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University College Cork, klik di sini.

5. University College Dublin

Universitas yang berdiri sejak tahun 1854 ini sekarang memiliki lebih dari 30,000 murid dan 5,500 diantaranya berasal dari 120 negara. UCD masuk ke dalam Top 1% universitas di dunia dan 9 program studinya menempati posisi Top 100 di dunia berdasarkan QS Rankings.

UCD juga memiliki lingkungan kampus yang internasional dan beragam. Dari 30,000 mahasiswa yang ada di dalamnya, 7,000 diantaranya berasal dari luar Irlandia. Kamu bisa bertukar pandangan dan budaya dengan mahasiswa dari beragam negara yang tentunya juga dapat memperkaya pengetahuan dan jaringan pertemananmu.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University College Dublin, klik di sini.

6. University of Limerick

Berlokasi di pesisir Barat Irlandia, UL menawarkan pengalaman studi dengan suasana kampus yang hijau dan asri.

QS Stars memberikan bintang lima untuk tingkat kelayakan kerja lulusan, inovasi dan pengetahuan, teknik mengajar, internasionalisasi, dan infrastruktur yang ada di UL. UL memiliki 2,000 murid internasional dari total 12,000 murid yang ada di dalamnya. Tingkat kepuasan murid yang belajar di UL juga terbilang tinggi dimana persentase kepuasannya mencapai angka 85%.

UL menawarkan lebih dari 70 program studi S1 di bidang Arts, Humanities and Social Sciences; Education and Health Sciences, Science and Engineering, dan Business.

UL juga menjadi pionir di Irlandia sebagai universitas yang menerapkan konsep Cooperative Education yang menempatkan murid-muridnya di tempat kerja yang 30% diantaranya merupakan tempat kerja bertaraf internasional. Konsep ini bertujuan untuk membuat para murid terbiasa dengan lingkungan kerja dan dapat merasakan pengalaman kerja lebih awal dibanding murid lainnya sehingga mereka lebih employable. Hal ini pun terbukti dimana persentase lulusan UL yang mendapat pekerjaan lebih tinggi 15% dari rata-rata nasional.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Limerick, klik di sini.

Selain itu, Education in Ireland akan hadir juga untuk membantumu mencari universitas mana yang cocok dengan kebutuhanmu.

Education in Ireland sendiri merupakan bagian dari Enterprise Ireland dan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan. Enterprise Ireland bertanggung jawab untuk menjadi alat promosi pendidikan tinggi Irlandia secara internasional. Di Education in Ireland, kamu bisa menemukan berbagai informasi seputar studi di Irlandia, mulai dari program studi apa saja yang bisa kamu ambil, bagaimana kehidupan sebagai seorang pelajar internasional di Irlandia, dan cara untuk mendaftar di universitas di Irlandia.

Untuk informasi lengkap seputar Education in Ireland kamu bisa klik di sini.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Ireland, klik di sini.


Polandia

Polandia memiliki lebih dari 450 institusi pendidikan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan universitas dari negara-negara lain. Selain itu, biaya pendidikan di Polandia juga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa.

Pada EHEF Indonesia 2018, ada Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia yang akan hadir untuk memfasilitasi pelajar yang memiliki keinginan untuk studi di Polandia.

Meskipun belum ada universitas Polandia yang hadir tahun ini, tetapi kamu bisa bertanya banyak ke perwakilan kedutaan Polandia seputar proses yang harus dilakukan untuk bisa studi ke Polandia.

Kamu bisa cek web resmi Kedutaan Besar Polandia di sini


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Polandia, klik di sini.


Republik Ceko

Jika kamu senang untuk studi di tempat yang anti-mainstream tetapi sebenarnya memiliki kualitas yang bagus juga, maka Republik Ceko dapat menjadi salah satu opsimu.

Kualitas pendidikan di Ceko telah diakui oleh banyak orang terutama untuk jurusan sains, Teknik, dan kedokteran.

Kemudian, tahukah kamu kalau apapun warga negaramu, jika kamu belajar di Republik Ceko baik di universitas negeri maupun swasta, kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah karena gratis?

Ya, biaya kuliah di Ceko ditanggung oleh pemerintah setempat sehingga calon mahasiswa hanya perlu membayar uang pendaftaran. Tapi hal ini hanya berlaku jika kamu mengambil program studi dengan bahasa pengantar Ceko.

Tidak hanya biaya kuliah yang gratis, biaya hidup selama disana pun jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Kamu juga nantinya akan mendapatkan International Student Identity Card yang semakin menguntungkanmu sebagai mahasiswa karena kamu bisa mendapatkan banyak diskon di berbagai tempat.

The Faculty of Engineering, Czech University of Life Sciences Prague akan hadir pada EHEF 2018 nanti.

Fakultas ini didirikan sejak tahun 1952 sebagai bagian dari University of Agriculture. Sepanjang sejarahnya, The Faculty of Engineering telah meluluskan lebih dari 8.000 mahasiswa. Fakultas ini memiliki 10 departemen, laboratorium untuk teknologi informasi, pusat sertifikasi teknologi, dan departemen untuk aktivitas bagi para ahli.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di The Faculty of Engineering, Czech University of Life Sciences Prague, klik di sini.

Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Indonesia juga akan hadir pada EHEF 2018.

Jika kamu mau bertanya-tanya seputar universitas lain yang ada disana atau bertanya mengenai proses pembuatan visa atau hal lainnya, kamu bisa tanyakan langsung ke perwakilan disana ya.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Republik Ceko, klik di sini.


Romania

Romania memiliki reputasi yang diakui oleh dunia sebagai pusat belajar mengajar berkualitas tinggi. Saat ini universitas-universitas di Romania banyak menerima ribuan mahasiswa yang berasal dari negara-negara berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Romania dipandang dan masuk ke dalam pertimbangan para calon mahasiswa dalam memilih destinasi studinya di Eropa.

Di Romania, kamu akan menikmati pengalaman studi yang kaya akan perbedaan budaya. Kamu juga bisa dengan mudah mengunjungi negara-negara Eropa lainnya karena lokasi Romania yang berdekatan dengan banyak negara Eropa lain.

Selain itu, tahukah kamu kalau biaya edukasi dan biaya hidup di Romania merupakan yang termurah di Eropa?

Jadi, kamu bisa mendapatkan pengalaman studi berstandar internasional dengan biaya kuliah yang ramah di kantong.

Kabar baiknya, Romania juga akan turut memeriahkan pameran pendidikan EHEF tahun ini.

Universitatea Babes-Bolyai akan menjadi universitas yang hadir dan siap untuk memberikan informasi seputar studi di Romania.

Universitatea Babes-Bolyai

Universitas yang berdiri sejak tahun 1581 ini memiliki enam fakultas yang diantaranya adalah:

  • Mathematics and Physics
  • Chemistry
  • Natural Sciences and Geography
  • Philology
  • Law
  • History and Philosophy

Dengan total 45,000 mahasiswa dan 1,700 staff, UBB tidak hanya merupakan universitas tertua tetapi juga terbesar di Romania.

Hal yang menarik dari UBB adalah disini kamu bisa belajar budaya Eropa baik Eropa Barat maupun Eropa Timur karena letaknya yang berada diantara kedua daerah Eropa tersebut. Kamu bisa mendapatkan pengalaman studi yang dinamis dan penuh warna.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Universitatea Babes-Bolyai, klik di sini.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Republik Ceko, klik di sini.


Swiss

Jika kamu senang dengan negara yang multibahasa, maka Swiss harus masuk ke dalam pertimbanganmu.

Ada empat bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Swiss: bahasa Prancis, Jerman, Italia, dan Romawi.

Buat kamu yang senang belajar bahasa, Swiss adalah rumah dari banyak bahasa yang bisa kamu pelajari.

Institusi pendidikan dari Swiss yang akan hadir pada EHEF 2018 nanti adalah Swiss Education Group yang berfokus pada bidang perhotelan.

Swiss sendiri memang terkenal sebagai salah satu negara terbaik di bidang perhotelan sehingga mempelajari bidang tersebut di Swiss tentu menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan data yang dirilis oleh Swiss Education Group, 89% dari lulusannya sudah menduduki posisi manajer di hotel berbintang atau mempunyai perusahaan sendiri dalam kurun waktu 5 tahun, 73% lulusannya juga banyak bekerja di bisnis perhotelan dan restoran.

Pelajar internasional yang mengambil studi disini pun terbilang banyak dimana dari 6.582 murid yang sedang berkuliah disana berasal dari 111 negara. Kebanyakan dari mereka mengambil program studi perhotelan untuk S1 (69.7%), sedangkan sisanya mengambil program studi Culinary Arts dan S2 untuk perhotelan.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Swiss Education Group, klik di sini.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Swiss, klik di sini.