Media
Language

5 Alasan Untuk Kuliah di Hongaria

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1519762699015-7d15f9a4def3.jpeg Photo by Jay Dantinne on Unsplash

Oleh Yuli S.

Hongaria adalah negara yang terkenal dengan kecantikan kota nya dan menjadi salah satu destinasi wisata popular bagi para wisatawan yang berkunjung ke Eropa.

Selain itu, reputasi yang cukup baik di bidang medical, science dan technology membuatnya pantas diperhitungkan sebagai negara tempat kamu melanjutkan kuliah di Eropa.

Yuk kita baca alasan-alasannya di bawah ini!


Untuk daftar lengkap universitas di Hongaria, klik di sini.


1. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

Kalian perlu tahu kalau biaya hidup dan biaya kuliah di Hongaria cukup terjangkau dan jauh lebih murah dari negara Uni Eropa lainnya.

Sebagai mahasiswa di Budapest, yang merupakan kota terbesar di Hongaria, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk akomodasi, transportasi lokal, listrik dan air adalah sekitar 520 Euro/bulan. Untuk makanan, rata-rata mahasiswa menghabiskan sekitar 100-200 Euro/bulan. Tentu saja biaya hidup di luar Budapest lebih murah, kurang lebih sekitar 300 Euro/bulan.

Biaya hidup yang dikeluarkan memang tergantung dengan gaya hidup kalian masing-masing, karena itu sebagai mahasiswa akan lebih baik kalau kalian tetap bijaksana dalam memakai dan mengatur keuangan kalian ya.

Biaya kuliah di Hongaria pun tidak setinggi universitas lainnya di Eropa. Uang sekolah sekitar 1000 Euro/tahun untuk meraih Bachelor’s Degree dan 1500 Euro/semester untuk Master Degree.

2. Mutu pendidikan yang berkualitas

Beberapa program studi yang populer di Hongaria adalah Medicine, Dentistry dan Veterinary Medicine.

Gelar yang didapat dari program studi ini diakui keabsahannnya oleh World Health Organization dan universitas-universitas di Uni Eropa lainnya.

Selain itu universitas-universitas di Hongaria mengikuti sistem aturan Bologna Process yang berarti college atau universitas di Hongaria bisa memberikan gelar Bachelor, Master dan Phd kalau persyaratan-persyaratan sudah dipenuhi. Ini juga berarti gelar yang sudah didapat di universitas di Hongaria mendapat pengakuan dan bisa di transfer atau di pakai untuk melanjutkan pendidikan di negara-negara Uni Eropa lainnya.

Ada beberapa universitas bergengsi di Hongaria yaitu di antaranya University of Semmelweis, Eotvos Lorand University, Central European University, University of Debrecen, dan Corvinus University of Budapest.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Hongaria.


3. Pemandangan kota yang cantik dan indah dan keamanan yang baik

Hongaria mempunyai kota-kota yang cantik yang dihiasi oleh bangunan-bangunan historis dengan sentuhan arsitektur yang sangat menawan contohnya St Stephen’s Basilica, Buda Castle, Fisherman’s Bastion, dan Parliament House.

Tidak heran kalau Hongaria menjadi salah satu negara destinasi wisata terkenal di Eropa.

Selain berkuliah, tentunya kalian sebagai pelajar juga ingin tinggal di negara yang indah dan aman sembari menghabiskan waktu senggang kalian.

4. Keragaman budaya untuk pelajar internasional

Universitas-universitas di Hongaria sangat membuka kesempatan untuk penerimaan mahasiswa internasional, mulai dari mahasiswa pertukaran antar negara maupun mahasiswa baru yang ingin berkuliah di Hongaria.

Berbagai mahasiswa dari berbagai mancanegara datang dan belajar di Hongaria. Kalian sebagai pelajar juga bisa memperkaya jalinan relasi dan juga belajar mengetahui budaya lain dari pertemanan kalian dengan mahasiswa-mahasiswa mancanegara.


Universitas Populer di Hongaria: University of Szeged


5. Bahasa pengantar Inggris untuk mata kuliah

Di Hongaria persentase penduduk yang bisa menggunakan bahasa Inggris memang tidak banyak, kurang lebih hanya sekitar 12 % saja, tapi jangan khawatir karena banyak sekali universitas di Hongaria yang memberikan bahasa pengantar Inggris untuk mata kuliah yang diberikan. Jadi kalian tetap bisa belajar dengan bahasa Inggris kok.

Jadi semakin yakin kan untuk berkuliah di Hongaria?


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Hongaria, klik di sini.