Media
Language

Yuk, Kuliah di Hongaria!

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1511644547841-f467df8071a4.jpeg Photo by Anastasia Dulgier via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Beberapa tahun kebelakang, Hongaria semakin populer sebagai destinasi studi bagi pelajar asing – terutama dibidang kesehatan.

Negara yang terletak di Eropa Timur ini memiliki tradisi yang kuat dalam sains dan perguruan tinggi disana kerap memperoleh kredibilitas tinggi selama bertahun-tahun.

Sayangnya, mahasiswa di Indonesia sendiri masih belum mengenal keunggulan menempuh studi di negara ini. Mayoritas masih memilih negara-negara maju di Eropa, seperti Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia.

Berikut ini kami sajikan fakta penting mengenai pendidikan dan budaya di Hongaria.

Struktur Pendidikan Terencana

Pemerintah Hongaria sangat memperhatikan strategi pendidikan tinggi untuk menghasilkan generasi terdidik. Pada bulan Desember 2016, dicetuskanlah sistem pendidikan dengan tiga aspek kunci, yaitu:

I. Pengetahuan yang diberikan kepada pelajar harus relevan di pasar tenaga kerja;

II. Penelitian harus bermanfaat bagi masyarakat dan ekonomi nasional; dan

III. Lembaga pendidikan harus bertindak sebagai katalis regional.

Dari tiga aspek tersebut diharapakan tercipta sistem pendidikan yang kompetitif, efektif, dan berkualitas tinggi. Pendidikan tinggi di Hongaria memiliki struktur tiga siklus derajat (BA / BSc, MA / MSc, PhD / DLA), sesuai dengan standar dari Bologna Process.


Untuk daftar lengkap universitas di Hongaria, klik di sini.


Biaya Hidup Murah & Tersedianya Beasiswa

Dibandingkan negara-negara di Eropa, Hongaria memiliki biaya hidup tergolong murah.

Kamu bisa membeli pasokan makanan selama seminggu hanya dengan €25. Bila ingin menghabiskan waktu dengan menonton film di bioskop cukup mengeluarkan €7 saja.

Beasiswa yang disediakan di Hongaria juga bermacam-macam, tergantung pada universitas dan pilihan studi kamu. Misalnya, Central European University, perguruan tinggi khusus magister ini menawarkan tempat tinggal gratis di asrama, kuliah gratis, dan uang saku € 200 setiap bulan kepada lebih dari separuh mahasiswanya. Detail selengkapnya mengenai beasiswa ini bisa dilihat di sini.

Beberapa beasiswa lain yang tersedia di Hongaria bisa di lihat di sini.

Tidak Harus Berbahasa Inggris

Salah satu keistimewaan di Hongaria adalah ketersedian program studi dengan banyak bahasa. Kebanyakan mahasiswa internasional kerap mengendalkan kemampuan berbahasa inggris, tapi bagi kamu yang mahir dalam bahasa lain bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi disini karena tersedia program khusus dalam bahasa jerman, prancis, dan lainnya.

Pilihan program studi di Hongaria bisa dilihat di sini.

Namun mahasiswa asing tetap didorong untuk mempelajari bahasa Hongaria agar bisa berkomunikasi dengan warga sekitar. Kamu memiliki kesempatan besar untuk belajar ragam bahasa di negara ini.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Hongaria.


Jurusan Medis yang Berkualitas

Seperti disebutkan di atas, Hongaria terkenal dengan program studi medis yang berkualitas tinggi. Para pelajar yang mendapatkan gelar medis dari perguruan tinggi di Hongaria memiliki peluang bekerja di badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahkan dapat langsung ditransfer ke negara kawasan Uni Eropa manapun.

Beberapa bidang kesehatan yang populer, antara lain Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmakologi dan Kedokteran Hewan. Nama-nama perguruan tinggi yang terkenal dengan studi ini adalah Universitas Semmelweis, Universitas Debrecen, Universitas Szeged dan Universitas Pécs. Tingkat kompetisi memasuki jurusan ini dinilai sangat kompetitif.

Untuk menarik mahasiswa asing, pemerintah Hongaria membuat kurikulum khusus medis yang terdiri dari beragam bahasa, misalnya Inggris dan Jerman. Mayoritas mahasiswa berasal dari Jerman, Israel, Norwegia, Iran, Cina dan Kanada.

Budaya Hongaria

Budaya di Hongaria sangat dipengaruhi oleh Rumania, Austria, Transylvania, Turki dan Roma.

Negara ini terkenal dengan pemandian air panasnya dan akan ramai dikunjungi wisatawan setiap sepanjang tahun.

Kuliner Hongaria yang terkenal adalah olahan daging yang diberi saus asin pedas berwarna merah. Ada juga tradisi meminum wine dan hidangan kue kayu manis saat natal. Minuman keras di Hongaris tergolong cukup kuat.

Schengen Area

Hongaria merupakan salah satu negara di Eropa yang masuk dalam kawasan Schengen.

Kawasan ini terbentuk berkat the Schengen Agreement, yang berisikan perjanjian 26 negara di Eropa menyetujui untuk menghapus perbatasan wilayah mereka, dalam rangka memberikan kebebasan bagi orang, barang, jasa dan modal untuk melintasi wilayah atau menetap sementara. Keuntungan bagi mahasiswa asing yang memiliki visa Hongaria dapat berkunjung ke kawasan tersebut dengan bebas tanpa visa.

Itulah alasan dan fakta yang membuat Hongaria sebagai salah satu negara terbaik bagi kamu untuk melanjutkan studi dan meniti karir internasional kelak.

Sudah siap berkuliah di Hongaria?


Untuk informasi lengkap mengenai Kuliah di Hongaria, klik di sini