Language

Last updated on 24 May 2022

IMG_1089.PNG

Oleh: Claire Jasmine

Setiap tahun, Uni Eropa bersama dengan negara-negara yang tergabung didalamnya membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa asing berprestasi dari seluruh dunia untuk berkuliah di Eropa. Program beasiswa yang ditawarkan beraneka ragam dan diperuntukan untuk mahasiswa di segala jenjang; dari program pelatihan, sampai jenjang Doktor (PhD). Sumber beasiswa bisa langsung secara otomatis diberikan saat kamu mendaftar, ada juga yang kamu harus dilakukan secara terpisah dengan proses dan deadline yang berbeda. Di artikel ini, kamu akan terdapat daftar beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah negara anggota Uni Eropa yang terbuka untuk mahasiswa Indonesia.

DAAD Scholarship with Relevance to Developing Countries (Jerman)

The German Academic Exchange Service (DAAD) menyediakan beasiswa untuk berbagai program pascasarjana dengan relevansi khusus dengan negara-negara berkembang di dunia. Beasiswa ini menargetkan untuk mahasiswa asing dan professional muda dari negara berkembang di Afrika, Asia, Kepulauan Pasifik, Amerika Selatan dan Tengah, dan begitu juga Eropa Timur. Pendanaan untuk siswa berbeda-beda tergantung programnya. Kamu bisa cari program yang cocok untukmu di sini. (https://www.daad.id/en/find-funding/scholarship-database/)

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (Swedia)

The Swedish Institute menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional berkualitas dari negara berkembang yang ingin kuliah di Swedia. Beasiswa ini khusus diperuntukan untuk jenjang S2. Beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan pemimpin global masa depan yang akan berkontribusi pada Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan pembangunan di negara dan wilayah asal mereka. Pada tahun 2022 Institut Swedia akan memberikan sekitar 350 beasiswa untuk studi gelar master di Swedia. Beasiswa mencakup biaya mahasiswa secara penuh, seperti biaya kuliah, biaya hidup, beberapa hibah perjalanan, dan asuransi. Aplikasi akan dibuka tanggal 10 Februari 2022 untuk tahun ajaran 2022/2023. https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/

Danish government scholarships for highly qualified non-EU/EEA students (Denmark)

Beberapa beasiswa ditawarkan oleh kementrian Pendidikan Denmark untuk mendanai mahasiswa asing berkualitas dan bermotivasi tinggi yang berasal dari luar Uni Eropa. Beasiswa ini kompetitif sehingga menekankan hasil akademik sebagai acuan pemilihan siswa. biasa dari Semua siswa non-EU / EEA yang diterima oleh salah satu universitas di Denmark secara otomatis dipertimbangkan untuk beasiswa tersebut. Beasiswa ini mengharuskan siswa untuk menlanjutkan perguruan tinggi secara full-time. Beasiswa ini memberikan dua opsi untuk pembiayaan biaya kuliah secara penuh atau parsial dengan/atau hibah untuk menutupi biaya hidup. Baca lebih lanjut di sini.

Eiffel Excellence Scholarship Programme (Prancis)

Program beasiswa Eiffel dikembangkan oleh Kementrian Luar Negri Prancis adalah cara menarik mahasiswa internasional terbaik untuk melanjutkan jenjang S2 dan S3 di salah satu insititusi perguruan tinggi Prancis. Penerima beasiswa Eifell mendapatkan uang tunjangan bulanan dan pengeluaran lainnya seperti tiket pesawat Kembali ke tanah air, asuransi Kesehatan, dan saat mengikuti aktifitas kebudayaan. Tetapi, beasiswa ini tidak mencakup biaya kuliah. Aplikasi untuk tahun ajaran 2022/2023 telah dibuka di tanggal 27 September 2021 dan akan ditutup di tanggal 7 Januari 2022. Pengunguman hasil aplikasi akan diadakan di tanggal 4 April 2022. Cari tahu lebih lanjut dengan baca link ini.

VLIR-UOS Scholarship Awards (Belgia)

Beasiswa VLIR-UOS tersedia untuk mahasiswa dari 54 negara berkembang di Asia, Afrika, dan Latin Amerika untuk melanjutkan studi di salah satu universitas di Belgia dengan Bahasa pengantar Bahasa Inggris untuk program pelatihan (Scholarships for trainings) maupun S2 (Scholarships for master programmes ICP connect). VLIR-UOS menghormati dan berupaya memberdayakan setiap individu dan mendukung beragam budaya, perspektif, keterampilan, dan pengalaman dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan inklusif bagi siswa, staf, dan alumni untuk bertindak sebagai warga global yang kritis. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, tunjangan, biaya perjalanan, dan biaya terkait program lainnya. Cek di website ini untuk lihat daftar program yang sedang di buka!

Grants For Foreign and Italian Citizen Living Abroad (Italy)

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Italia untuk warga negara asing maupun warga negara Italia yang tinggal di luar negeri kuliah di Italia. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong kerjasama internasional di bidang budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, mempromosikan bahasa dan budaya Italia, dan mendukung sistem ekonomi Italia di dunia. Terdapat beberapa pilihan program yang bisa dipilih, seperti program Magister dan PhD, pelatihan kejuruan lanjutan, kursus seni dan musik, program, dll. Hanya dimungkinkan untuk mengajukan beasiswa tiga, enam, atau sembilan bulan. Beasiswa untuk program Magister diberikan untuk masa studi 6 (enam) atau 9 (sembilan) bulan. Kamu harus menujukan kemampuan Bahasa Italia sebagai bagian dokumen yang diperlukan untuk mendaftar. Untuk melihat daftar dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini, kamu bisa klik di sini.

Stipendium Hungaricum (Hungaria)

Stipendium Hungaricum adalah program beasiswa pendidikan tinggi paling bergengsi dari Pemerintah Hongaria. Program beasiswa ini menawarkan berbagai kursus untuk siswa internasional dengan nilai akademik yang sangat baik. Ketika mahasiswa telah lulus dan kembali ke negara asal mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang bisa dikembangkan, mereka dapat membangun hubungan sipil, politik dan ekonomi, dan berkontribusi pada citra dan pengakuan Hongaria di negaranya. Sistem aplikasi online Stipendium Hungaricum telah dibuka sejak 15 November 2021 dan kamu dapat memulai aplikasimu untuk tahun akademik 2022/2023. Untuk detail tentang aplikasi, kunjungi web ini.