Language

Last updated on 19 Aug 2022

daniel-plan-OE7jKpsk7uU-unsplash.jpg Oleh: Irene Tanjung


Apakah kamu ingin melanjutkan studi ke Eropa, tetapi masih mencari tahu negara yang sesuai dengan ketertarikanmu? EHEF merasa ini adalah waktu yang tepat untukmu mengenal tentang Austria!

Di tahun 2020, Legatum Prosperity Index (sebuah institusi yang mempelajari keadaan 167 negara di dunia) menempatkan negara Austria di urutan ke-22 dalam pendidikan terbaik. Tidak heran bahwa negara yang relatif kecil ini (hanya dengan 8,7 juta penduduk) telah menyumbangkan banyak sekali lulusan yang berdampak bagi dunia.

Austria memang negara yang sangat menjunjung tinggi pendidikan tetapi juga mengedepankan keterbukaan dan inovasi untuk penduduknya. Siswa di bawah usia 18 tahun bekesempatan untuk memilih antara menyelesaikan pendidikan hingga SMA, atau mengikuti apprenticeship (pelatihan keterampilan kerja bersama mentor selama 1 tahun) untuk mempersiapkan mereka di dunia kerja dan mendalami ilmu yang mereka inginkan. Dengan ini, setiap siswa mempunyai ruang untuk mengembangkan diri dan mendalami subjek yang mungkin lebih practical daripada theoritical. Oleh sebab itu, sistem pendidikan di Austria telah berhasil dalam menghasilkan lulusan berprestasi dalam bidang yang beragam.

Dilansir dari situs resmi pendidikan Austria Study in Austria, terdapat 370,600 pelajar yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi Austria dan hampir 30% dari jumlahnya adalah mahasiswa asing.

Untuk memaksimalkan informasi mengenai studi ke Austria, EHEF telah mempersiapkan daftar universitas terbaik di Austria yang telah menghasilkan alumni dengan kontribusi luar biasa bagi dunia.

Simak artikel di bawah ini untuk mengenal perguruan tinggi ternama di Austria!

1) University of Vienna

Uni 1.png

Sumber: Situs resmi University of Vienna

University of Vienna (Universität Wien dalam bahasa Jerman) dibangun pada tahun 1365, dan dikenal sebagai universitas tertua di negara-negera berbahasa Jerman seperti Jerman, Austria, Belgia dan Luxembourg. Universitas ini mempunyai bangunan yang sangat indah yang terletak di ibukota Austria yaitu Wina. University of Vienna menawarkan 55 jurusan untuk program bachelor, 110 jurusan untuk program master, 3 jurusan program diploma dan 13 program doktoral. Namun, mahasiswa internasional harus mendaftar dengan melampirkan sertifikasi bahasa Jerman minimal di level A2 karena program-program tersebut menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Sejak berdirinya, tercatat banyak ilmuwan yang pernah mengemban studi di universitas ini. Di antaranya adalah Sigmund Freud, penemu dan pakar ilmu psikoanalisis. Ia berjasa dalam mengembangkan ilmu fisiologi dan neurologi di University of Vienna, dan menghasilkan praktik untuk menangani berbagai penyakit kejiwaan. Di bidang lain, ada Elias Canetti yang mempelajari bidang sastra dan berhasil mendapatkan Nobel Prize di bidang literatur.

2) Graz University of Technology

Uni 2.png

Sumber: situs resmi Graz University of Technology

Graz University of Technology bisa ditemukan di Styria, kota yang terletak di daerah selatan Austria. Universitas ini termasuk dalam universitas publik yang fokus pada bidang teknik dan ilmu alam. Walaupun secara relatif lebih kecil daripada University of Vienna, Graz University of Technology menawarkan rangkaian program studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris di pilihan program-programnya seperti 18 program studi untuk bachelor dan 33 program studi untuk masters. Oleh karena itu, mahasiswa internasional harus melampirkan hasil tes TOEFL atau IELTS saat pendaftaran.

Pada tahun 1875 - 1878, universitas ini menjadi pilihan Nikola Tesla, fisikawan yang menemukan banyak ilmu yang berpengaruh pada kehidupan manusia di masa ini. Beberapa penemuannya adalah sistem AC pada arus listrik dan model awal dari remote control. Setelah pendidikannya di sini, Tesla juga pernah bekerja di perusahaan listrik Thomas Edison dan berhasil menyalurkan pengalaman tersebut ke dalam proses penemuannya.

3) University of SalzburgUni 3.png

Sumber: situs resmi University of Salzburg

Kota Salzburg bukan kota yang asing bagi para pelajar musik klasik. Keindahan kota ini bahkan secara jelas dibanggakan dalam film legendaris The Sound of Music (1965) yang dibintangi Julie Andrews dan Christopher Plummer.

Kota ini juga merupakan kota lahir Wolfgang A. Mozart, pionir dalam musik klasik yang telah menciptakan banyak komposisi yang masih dipelajari hingga sekarang. Apakah kamu sudah tahu bahwa guru Mozart adalah ayahnya sendiri, dan beliau adalah komposer terkenal yang sempat duduk sebagai mahasiswa di universitas ini?

Leopold Mozart mendalami ilmu filsafat di universitas ini. Namun, sebenarnya University of Austria menawarkan program studi di berbagai bidang. Universitas ini merupakan institusi terbesar di daerah Austria, dan menjadi pilihan tepat untuk siswa yang ingin belajar teologi Katolik, hukum, sosial budaya, dan ilmu alam murni. Kualifikasi yang pasti untuk pendaftaran program studi di universitas ini adalah, kamu harus melampirkan juga sertifikasi bahasa Jerman cukup tinggi, yaitu di tingkat minimal B2.

4) University of Natural Resources and Life Sciences

Uni 4.png

Source: Situs resmi University of Natural Resources and Life Sciences

University of Natural Resources and Life Sciences adalah pusat pendidikan dan penelitian yang terkenal di Wina. Secara khusus, penelitian yang dilakukan di universitas ini fokus pada renewable sources atau sumber daya yang dapat diperbaharui. Pada praktiknya, universitas ini menawarkan program studi yang mendalami bidang bioteknologi, ilmu alam dan teknik. Terdapat 15 departemen dan 3 pusat penelitian di universitas ini, dan semuanya berfokus pada mencari upaya untuk konservasi dan perlindungan habitat, manajemen sumber alam dan kesehatan. Universitas ini juga menyediakan program master internasional dengan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam proses belajar.

Universitas ini menjadi pilihan banyak politisi yang mengatur regulasi di Austria. Di antaranya ialah Nikolaus Berlakovich, Menteri Pertanian dan Perhutanan Austria tahun 2008-2013, dan Andrä Rupprechter yang ,melanjutkan jabatan tersebut di tahun 2013-2017. Josef Pröll, Menteri Keuangan Austria yang menjabat tahun 2008-2013 juga universitas di sini, lho! Kamu juga berkesempatan belajar bersama orang-orang yang membawa dunia ke arah maju!

Setelah membaca daftar EHEF di atas, pasti kamu semakin mengenal universitas dan pendidikan di Austria. Banyak alumni terkenal yang memilih Austria sebagai tempat mereka menimba ilmu, dan negara ini menjamin bahwa kamu bisa menemukan tempat yang tepat untuk kamu mengemban pendidikan. Dengan keyakinan dan persiapan yang tepat, kamu juga punya kesempatan untuk belajar dan berkarya di universitas-universitas Austria.

Siapa tahu, setelah kamu lulus kamu bisa jadi salah satu alumni yang dikenal!

Kalau kamu masih penasaran tentang universitas-universitas di Austria, jangan lupa ikuti informasi di EHEF terus ya!