Media
Language

Mau Belajar Teknik? 5 Negara di Eropa ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Last updated on 26 Sep 2018

photo-1497500002367-5eabaa373843.jpeg Photo by Andrew Palmer via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Memiliki minat untuk menempuh studi di jurusan teknik?

Eropa merupakan pilihan yang tepat karena rekam jejaknya dalam menghasilkan lulusan berkualitas dan berpengaruh di dunia.

Salah satunya adalah Presiden Indonesia ketiga, B.J Habibie yang menempuh pendidikan di Delft, Belanda di Delf University of Technology untuk mempelajari studi teknik penerbangan dan kedigantaraan.

Nah, berikut ini EHEF.ID sajikan 5 rekomendasi negara dengan universitas unggulan di program studi teknik!

1. Inggris

Berdasarkan studi independen dari Technopolis, Peneliti Inggris merupakan pemimpin dunia dalam hal produktivitas dan juga yang kedua dalam hal keunggulan teknis.

Terbukti banyak terobosan teknologi yang membentuk dunia modern kita saat ini berasal dari para alumni lulusan universitas di Inggris, misalnya Alec Broers (pelopor ilmu nanotechnology), Frank Whittle (penemu mesin jet), dan Christopher Sydney Cockerell (Insinyur Bahasa Inggris, dan penemu Hovercraft). Salah satu universitas yang terkenal di program studi teknik adalah Cambridge. Departemen teknik merupakan departemen terbesar dan menjadi salah satu pusat teknik terkemuka di dunia. Berdasarkan QS World University Rankings, University of Cambridge menempati posisi ketiga terbaik di dunia dalam program studi Engineering and Technology.

Selain itu, ada juga Imperial College London yang memiliki keunggulan dengan menawarkan mahasiswanya untuk mengikuti program International Research Opportunities Programme (IROP), dimana mahasiswa akan menempuh studi di universitas mitra Imperial College London selama 8 minggu disaat musim panas. Beberapa mitra universitas, yaitu MIT, Univesity of California dan Seol National University.

Terdapat beberapa pilihan disiplin ilmu yang dapat dipelajari di Inggris, yaitu Teknik Aerospace dan Aerothermal, Biongineering, Teknik Sipil, Struktural dan Lingkungan, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin.

2. Jerman

Jerman dikenal di dunia berkat kemajuan teknologinya. Beberapa universitas unggul dibidang teknik, antara lain Technische Universität München, Institut Teknologi Karlsruhe (KIT), Humboldt-Universität zu Berlin, Ludwig-Maximilians-Universität München, Freie Universität Berlin, Universität des Saarlandes, dan RWTH Aachen Universitas.

Salah satu keunggulan dengan studi di jerman adalah kesempatan berkarir internasional karena pemerintah jerman memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk mencari kerja dengan visa permohonan izin tinggal selama 18 bulan terhitung semenjak lulus kuliah.

Menarik bukan?

3. Swiss

Belajar teknik di Swiss? Tentu terasa janggal rasanya mendengar hal ini mengingat negara ini terkenal dengan lanskapnya yang indah atau majunya industri perhotelan dan pariwisata. Namun, siapa sangka Swiss juga memiliki terobosan teknologi, sains dan mesin yang unggul.

Salah satu ilmuan terkenal yang studi di Swiss adalah Albert Einstein, penemu dan penggagas teori relativitas yang merupakan lulusan Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETH Zurich).

Beberapa peraih nobel yang merupakan lulusan ETH Zurich lainnya, yaitu Alfred Werner (Kimiawan Anorganik pertama), dan Werner Arber (Penemu endonuklease restriksi, pengembangan teknologi DNA rekombinan).

4. Italia

Di Italia, ada sekitar 90 universitas yang didanai publik dimana terdiri dari pusat pascasarjana, politeknik dan jenis akademisi lain yang masuk dalam sektor perguruan tinggi. Dari beragam universitas, politeknik kerap dijadikan pilihan oleh mahasiswa asing untuk menempuh studi.

Dalam bahasa Italia, “Politechico” atau politeknik bermakna universitas negeri yang hanya terdiri dari program studi di bidang Teknik, Arsitektur dan Desain. Salah satu politeknik terkenal adalah Politecnico di Milano.

Bagi kamu yang ingin menempuh studi di Italia juga tidak sulit berkat berkat kebijakan internasionalisasi yang kuat. Banyak program yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa inggris. Beberapa ilmuan dan arsitek Italia yang pernah belajar di Politecnico di Milano, yaitu Renzo Piano dan Aldo Rossi (Peraih Pritzker Prize), serta Giulio Natta (Peraih nobel di bidang kimia).

Salah satu universitas unggulan lain di Italia adalah University of Bologna.

5. Belanda

Orang Belanda sangat piawai dalam bidang teknik hidrolik, pengendalian dan perlindungan banjir, serta teknologi fondasi dan infrastruktur. Hal ini disebabkan letak geografis Belanda yang berpermukaan rendah sehingga butuh pengetahuan tinggi untuk merancang dan membangun tanggul untuk menghalangi gelombang badai.

Selain itu, Belanda juga unggul dalam rekayasa dan pemeliharaan sungai.

Belanda sendiri memiliki industri kimia yang inovatif dalam memberikan kontribusi siginifikan terhadap perekonomian dunia. Beberapa perusahaan kimia terkemuka di Belanda adalah AkzoNobel, Shell, DSM, Purac, MSD, dan ECN.

Bagi kamu yang tertarik dengan hal-hal di atas tentu harus menempuh studi di Belanda.

Beberapa universitas terkemuka di Belanda, antara lain Twente University, Wageningen University TNO, Delft University, dan Eindhoven University.

Lihat daftar universitas unggulan di Eropa dengan program studi teknik disini!