Media
Language

Jangan Bingung, 4 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Sebelum Datang ke EHEF 2018

Last updated on 16 Dec 2018

IMG_7131 copy.JPG


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Oleh Erzawansyah

Bekali dirimu dengan informasi-informasi dasar tentang studi di Eropa sebelum kamu datang ke European Higher Education Fair (EHEF) Indonesia 2018.

Ingat, bahwa pameran pendidikan tinggi Eropa paling bergengsi itu hanya datang satu kali dalam setahun.

Itu merupakan kesempatan emas yang tak bisa kamu sia-siakan, bukan?

Jadi, jangan sampai kamu membuang-buang waktu dan kebingungan harus berbuat apa atau kemana ketika sudah tiba di lokasi acara yang akan berlangsung beberapa hari lagi itu. Lakukan persiapan yang bisa memaksimalkan manfaat yang bisa kamu dapat.

Memangnya persiapan apa saja yang bisa dilakukan?

Berikut adalah empat hal yang bisa kamu lakukan sebelum datang ke EHEF Indonesia 2018.

Menentukan Negara Prioritas

Ada lebih dari 100 perwakilan resmi dari kedutaan dan berbagai perguruan tinggi di negara-negara Eropa yang akan hadir pada EHEF Indonesia 2018. Mereka siap untuk menjawab segala pertanyaan yang kamu ajukan.

Tapi, apakah itu berarti kamu perlu mengunjungi seluruh booth dari perguruan tinggi tersebut?

Tentu tidak.

Maka dari itu, sebelum datang ke EHEF Indonesia 2018, tentukan negara prioritas yang akan menjadi tujuan utamamu untuk melanjutkan studi. Dengan begitu, saat tiba di sana kamu bisa langsung mengunjungi booth-booth perguruan tinggi atau negara yang kamu tuju dan menggali informasi di sana sebanyak-banyaknya.

Semisal, kamu sangat berminat untuk melanjutkan studi ke Belanda.

Maka setibanya kamu di EHEF Indonesia 2018, kamu bisa langsung mengunjungi booth kedutaan (NAT) Belanda, Nuffic Neso Indonesia dan menanyakan rekomendasi universitas untuk jurusan-jurusan yang kamu minati. Atau, kamu berminat untuk melanjutkan studi ke Imperial College London (ICL), maka setibanya di lokasi, kamu bisa langsung mengunjungi booth ICL.

Untuk membantu kamu menentukan skala prioritas, kamu bisa mencari tahu daftar lengkap perguruan tinggi dan pihak kedutaan di EHEF Indonesia 2018 dengan mengunjungi halaman ini.

Lakukan Riset Tentang Negara atau Universitas Tujuanmu

Sebelum menentukan skala prioritas, tentunya kamu membutuhkan gambaran tentang negara atau perguruan tinggi yang kamu tuju.

Untuk itu, bekali dirimu dengan informasi-informasi dasar mengenai negara dan perguruan tinggi yang kamu tuju.

Bagaimana caranya?

Mudah sekali.

Kamu bisa menjelajahi ehef.id, one-stop platform yang bisa kamu andalkan sebagai ‘teman’ untuk mencari tahu segala hal mengenai studi di Eropa.

Mulai dari program studi unggulan, perguruan tinggi terbaik, kehidupan sosial di sana, bahkan informasi mengenai kesempatan beasiswa yang bisa kamu raih. Apalagi, kalau kamu mendaftarkan diri sebagai member di ehef.id, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, sekaligus bisa menjadi bekal sebelum kamu mengunjungi EHEF Indonesia 2018.

Melalui ehef.id pula kamu bisa terhubung langsung ke situs resmi dari ribuan perguruan tinggi di Eropa. Hal ini dapat menambah informasi tentang perguruan tinggi prioritasmu.

Sehingga, saat di lokasi kelak, kamu tidak perlu lagi menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah ada di website-website perguruan tinggi yang bersangkutan.

Membuat Daftar Pertanyaan

Manfaatkan kesempatan bertanya secara langsung di EHEF Indonesia 2018 dengan membuat daftar pertanyaan.

Dengan membuat daftar pertanyaan, kamu bisa memastikan bahwa segala pertanyaan yang ada di dalam benakmu bisa terjawab dengan baik. Selain itu, daftar pertanyaan juga membuat kamu terhindar dari ‘lupa’ yang bisa membuat kamu tidak tenang, saat pulang ke rumah.

Kamu bisa membuat pertanyaan-pertanyaan berdasarkan informasi dasar yang kamu sudah kamu dapat setelah melakukan riset di ehef.id.

Bagaimana strategi agar bisa diterima di universitas yang kamu tuju?

Apa saja dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi untuk mengajukan aplikasi?

Adakah beasiswa yang tersedia untuk kuliah di perguruan tinggi bersangkutan?” adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan di sana.

Pahami Rundown Acara di EHEF Indonesia 2018

Sudah menentukan skala prioritas, sudah melakukan riset dan sudah membuat daftar pertanyaan, lalu apa lagi yang harus dilakukan?

Ketahui rundown acaranya.

Jangan lupa bahwa di EHEF Indonesia 2018 tidak hanya ada ratusan booth dari perguruan tinggi dan kedutaan, tapi juga ada sesi seminar, presentasi dan talk show yang tak kalah menarik.

Sesi-sesi tersebut akan diisi oleh perwakilan dari kedutaan di negara-negara Eropa, serta alumni dari perguruan tinggi di sana.

Kamu tentu tak ingin melewatkan sesi tersebut, bukan?

Oleh karena itu, agar kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, jangan lupa cek jadwal dan susunan acara EHEF Indonesia 2018.

Langsung Daftar Jika Ada Kesempatan

Berdasarkan pengalaman salah seorang peserta EHEF Indonesia 2016 yang kini sedang kuliah di Belanda, Grace Permatasari Tandipayuk, beberapa universitas yang hadir juga membuka pendaftaran langsung di lokasi.

Menurut Grace, apabila ada kesempatan untuk mendaftar, langsung saja daftarkan diri kamu ke sana dan jangan lupa tinggalkan email agar bisa mendapat informasi lanjutan.

Grace juga berpendapat kalau kamu perlu membuktikan kesungguhanmu kepada pihak universitas. Salah satu caranya adalah dengan menceritakan usaha yang sudah kamu lakukan demi mencapai tujuanmu kuliah di Eropa. Misal, pernah mengikuti tes IELTS/TOEFL, sudah pernah membuat motivation letter, atau bahkan mendapatkan rekomendasi dosen. Dengan begitu, pihak universitas tentu akan memprioritaskan dirimu.

Berikut susunan acara (presentasi) EHEF Indonesia 2018 di Bandung, Jakarta dan Yogyakarta:

Caroussel_BDG_#5.jpg

Caroussel_JKT_#5.jpg

Caroussel_YK_#5.jpg

Cek juga official account Instagram kami di @ehef.id untuk mengikuti perkembangan terbaru, serta informasi lengkap lainnya mengenai penyelenggaraan EHEF Indonesia 2018.

Nah, itulah empat hal yang bisa kamu persiapkan sebelum hadir di EHEF Indonesia 2018. Jadi, tunggu apalagi, mulailah persiapanmu dari sekarang!

Belum daftar? Yuk, daftar untuk datang ke EHEF Indonesia 2018 di sini!